SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
971 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - muntah pada anak


muntah pada anak
dokter anak saya umur 2 tahun.dia sering skali batuk mual dan muntah.sebulan bisa dua kali terkena.sehatnya mungkin cuma 2minggu.skrng dia sedang muntah trus trusan.apalagi setelah munum susu dia pasti muntah.knp ya dok.
12 Oct 2018, 14:53
Dari : CippyCraft

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mencegah dan Menangani Batuk Pilek " :Tak terasa waktu berjalan, kini si kecil tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas. Tahun ini ia mulai masuk sekolah dan mulai bersosialisasi dengan teman-temannya. Tetapi, kok sekarang ia jadi sering batuk pilek ya?

Hal ini sering dirasakan oleh orangtua yang anaknya baru masuk sekolah. Karena di sekolah anak-anak berinteraksi satu sama lain, tidak menutup kemungkinan ia tertular dengan anak yang kurang sehat saat itu. Maka dari itu, tak heran si kecil lebih sering sakit dibanding sebelum sekolah. Tetapi bukan berarti Bunda harus menghentikan si kecil bermain dengan teman-temannya, lho ya.

Dari sekian banyak penyakit, batuk pilek adalah penyakit yang paling sering menyerang anak. Bagaimana caranya supaya ia tidak mudah terserang batuk pilek dan bagaimana cara mengobatinya? Simak artikel berikut!

Perubahan Cuaca
Batuk pilek biasanya muncul saat perubahan cuaca, terutama dari kering ke musim hujan. saat perubahan cuaca imunitas atau daya tubuh anak menurun, sebaliknya, perkembangan virus dan bakteri meningkat.

Selain virus, batuk pilek juga bisa disebabkan karena alergi. Biasanya batuk pilek karena alergi bisa berlangsung hingga 2 minggu.

Sebagai upaya pencegahan, berikan makanan yang bergizi, ajari ia untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Kegiatan mencuci tangan memperkecil kemungkinan si kecil terserang virus yang menempel di tangan. Bila perlu berikan masker dan minta ia untuk mengenakan masker saat ada teman yang sakit di kelas.

Apa yang harus dilakukan?
Bunda tak perlu kuatir berlebihan. Memang sedih melihat hidung anak tersumbat dan batuk terus menerus. Tetapi batuk pilek akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 hari atau maksimal 10 hari. Berikut hal-hal yang harus Bunda lakukan saat si kecil terserang batuk pilek:

1. Cukup Tidur dan Minum
Pastikan si kecil cukup tidur. Tidur membantu imunitas tubuh menjadi lebih baik. Imunitas diperlukan untuk melawan virus penyebab batuk pilek. Jangan lupa untuk memberinya minum yang banyak supaya terhindar dari dehidrasi.

2. Udara bersih
Bila Bunda sedang merenovasi rumah, jauhkan si kecil dari debu-debu yang mengganggu pernapasannya. Bila memungkinkan, ungsikan si kecil dan bawa ke tempat dengan udara yang bersih yang sejuk.

3. Makan Bergizi
Cukupi kebutuhan gizi anak supaya imunitas tubuh meningkat. Kurangnya makanan bergizi membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah. Hentikan makanan cepat saji, cokelat dan permen.

4. Obat Sirup
Bila diperlukan (panas mencapai 38,5 derajat celcius) berikan obat penurun panas.

5. Lebih dari 10 hari
Bila batuk pileknya tak kunjung sembuh lebih dari 10 hari, segera ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Bunda sudah tahu apa yang harus Bunda lakukan saat anak batuk pilek dan tahu bagaimana cara mencegahnya. Jadi, Bunda tak perlu melarangnya untuk bermain dengan teman sekolahnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " tatik AMd " dengan judul pertanyaan " Balita keracunan makanan " pada Tanya Dokter:Dear dr Tanti...saya punya seorang putri berumur 2.8tahun.kondisi badanya sangat fit dan tidak mudah terserang penyakit.tapi akhir bulan februari 2011 putri saya demam sudah seminggu sudah saya bawa kedokter kata dokter tidak apa-apa cuma faktor cuaca!!tetapi setelah turun demamnya 3hari kemudian putri saya tengah malam muntah-muntah sampai pagi selama 3kali.dan besoknya putri saya mencret-mencret satu harian.setelah saya bawa kedokter kata dokter salah makan ataw keracunan makanan. tapi dokter tersebut tidak menyebutkan makanan apa yang membuat anak saya bisa keracunan makanan???tapi setelah minum obat yang diberikan dokter tersebut muntah ataw mencret anak saya sembuh.dokter??? saya takut sekali apakah susu yang saya konsumsi berakibat buat anak saya.apalagi dengan adanya susu bakteri??? saya konsumsi susu SGM presinutri 3.saya mohon segera jawaban ya dokter???terimaksih sebelumnya....

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Pada infeksi virus, yang umum terjadi menyebabkan common cold (batuk-pilek) dapat juga mengakibatkan mual muntah bahkan diare. Selain virus yang menyebabkan common cold, ada juga jenis rotavirus yang biasanya menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan juga dapat terjadi keadaan demam yang menyertai mual dan diare. Infeksi virus tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan antibiotic bila tidak ada infeksi sekunder. Pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengurangi keluhan mual, muntah , demam dan menambah asupan cairan. Mengenai susu mengandung bakteri hingga saat ini sedang diteliti oleh pemerintah. Bunda sebaiknya tidak terlalu khawatir, berikan asupan cairan yang cukup untuk mengganti cairan yang keluar bersama muntah dan diare. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Fiet Wika " dengan judul pertanyaan " Anak Demam, Batuk, Pilek dan Muntah " pada Tanya Dokter:
selamat pagi dok, saya seorang ibu. saat ini anak saya berumur 2 tahun 4 bulan sedang sakit batuk, flu dan badannya panas. setiap kali selesai minum susu botol susu 120ml pasti muntah. kira-kira kenapa ya dok, mohon solusinya. terimakasih

dr. Tanti menjawab
Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami ingin bertanya beberapa hal, Anda mengatakan anak Anda demam,berapa suhu anak Anda tepatnya? sudah berapa lama keluhan ini dirasakan? Apakah demam anak Anda dirasa sepanjang hari atau naik turun? Apakah ada keluhan lain selain demam? Obat apakah yang sudah Anda berikan? dsb

Demam hanya merupakan suatu gejala dari sebuah penyakit, bukan merupakan penyakit. Demam timbul sebagai respon tubuh akibat rangsangan pada pusat demam di otak, paling sering akibat adanya infeksi. Pada Anak Anda, batuk dan pilek mengindikasikan adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas.

Karena demam hanya merupakan suatu gejala, pada saat diberi obat demam maka suhu tubuh akan turun, namun selama penyebab demam belum teratasi, maka demam akan kembali muncul.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter jika dalam waktu 2-3 hari, demam (terutama demam tinggi) tidak juga dapat teratasi dengan pemberian obat penurun panas biasa seperti paracetamol atau ibuprofen. Untuk mengatasi demam pada anak, Anda juga dapat mengompres dengan air hangat, karena pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat atau meningkat sehingga tubuh pun akan memberikan respon untuk menurunkan suhunya secara otomatis. Selain itu, gantikan baju anak bila sudah mulai basah dan perhatikan asupan cairan anak untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Flu atau batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi. Saat ini sudah berapa lama buah hati Anda terkena flu?

Menghirup uap panas banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan ber-AC (kering).

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter