SITE STATUS
Jumlah Member :
501.938 member
user online :
1020 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - telat haid 4 hari


telat haid 4 hari
Malam, dr. minggu lalu saya telat haid selama 4 hari. setelah itu terjadi pendarahan dari Miss V. namun darah yg keluar tidak seperti haid biasanya. lebih sedikit dan langsung berwarna merah (biasanya awal haid darah saya coklat pekat). hari ke-2 dan ke-3 darahnya lebih sedikit lagi, dan warnanya mulai gelap. dan hari ke-4 hanya seperti flek. bahkan dari malam hari ke-3 saya sudah tidak memerlukan pembalut karena darah yang keluar semakin sedikit (seperti flek) bahkan pernah 1 hari full tidak keluar. di hari ke-5 saya sudah bersih. biasanya saya bersih hingga hari ke-7 atau ke-8. bersamaan dengan itu saya juga mengalami asam lambung yang tinggi dan ras aneh di perut atas (bawah payudara kanan) dari dalam seperti rasa dicolekĀ². tidak ada sakit perut hebat, namun saya merasa serangkaian peristiwa ini tidak biasa saya alami. apakah saya perlu melakukan USG Abdomen ???
04 Oct 2018, 0:14
Dari : Alin Herlina Dayoh

Jawaban

Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Normalkah Menstruasi Anda? " :Menstruasi merupakan perubahan yang terjadi pada wanita yang menandakan bahwa mereka telah masuk ke masa pubertas. Biasanya mulai terjadi pada wanita usia 14 tahun. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri saat menstruasi, keluar darah yang banyak atau sedikit. Hal demikian yang terkadang menjadi pertanyaan bagi para wanita, apakah normal atau tidak? mungkin Anda salah satunya. Oleh karena itu berikut merupakan ciri-ciri menstruasi yang normal.

Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya memiliki gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut dapat dikatakan normal, karena pengaruh dari hormon. Biasanya gejala yang dialami setiap individu berbeda-beda, antara lain adalah perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi interval perhitungan dari dua siklus menstruasi, biasanya 28 hari, terkadang lebih awal atau lambat. Apabila terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal, maka, siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri saat menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi 1-2 hari pada saat menstruasi atau akan menstruasi. Apabila nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan ke dokter. Pada masa menstruasi terkadang keluar darah berupa gumpalan tetapi tidak terlalu banyak, hal tersebut dapat dikatakan normal, namun apabila volume lebih dari biasanya dianggap tidak normal.

Jumlah darah yang keluar setiap siklusnya antara 20-60cc. Pembalut memiliki daya tampung yang berbeda-beda mulai 6cc ukuran kecil dan 15-20cc yang berukuran besar, sehingga jika siklus menstruasi menghabiskan 3-7pembalut terisi penuh masih dianggap normal. Darah yang keluar saat menstruasi baunya khas, bau normal darah tidak amis dan juga tidak berbau menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3-7 hari, apabila terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera periksakan ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " James Azzella Questyn " dengan judul pertanyaan "Perbedaan Darah Haid dan Flek Awal Kehamilan" pada Tanya Bidan:Ibu saya mau bertanya,, darah haid itu kental atau encer dan bagaimana perbesaan darah haid dan hamil?

Bidan menjawab
Dear bunda James Azzela Questyn,
Perbedaan darah haid dan flek awal kehamilan adalah dari banyaknya darah yang keluar dan kram perut yang dirasakan. Pada menstruasi kram akan dirasakan lebih sering. Darah haid mempunyai ciri sebagai berikut, berwarna merah matang, tekstur nya agak kental, memiliki bau khas. Sedangkan perdarahan implantasi biasanya terlihat dengan warna merah muda atau kecoklatan, dan sering berwarna lebih gelap dari darah haid ( karena darah butuh waktu untuk mengalir dari dinding rahim ke vagina, jumlah darah lebih sedikit.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Rosa Rosdiana Dasuki " dengan judul pertanyaan " Seputar menstruasi " pada Tanya Dokter:dokter apakah normal haid cuma 2 hari dan hari ke 3 hanya flek, yang sebelumnya saya haid sampai 3-4 hari. dan apakah haid sedikit mempengaruhi kesuburan. Terima kasih..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Masa haid pada umumnya ada yang berlangsung dari 3 sampai 7. Apabila terjadi perdarahan lebih dari 7 terutama dengan volume yang lebih berat dari menstruasi anda pada umumnya sebaiknya memeriksakan diri pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan kata lain, apabila ada flek atau perdarahan lebih dari 7 hari atau di luar dari hari-hari menstruasi yang biasa terjadi pada bunda, maka di katakan sebagai Perdarahan Uterus Disfungsional dan bukan merupakan menstruasi. Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah. Bila tidak ada gumpalan darah tidak perlu merasa khawatir. Warna darah yang lebih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi. Kesuburan dipengaruhi oleh banyak hal. Bila berat badan Bunda tergolong normal (berdasarkan BMI), siklus haid tergolong teratur dan wajar maka diharapkan kesuburan Bunda juga dalam keadaan yang baik.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter