SITE STATUS
Jumlah Member :
501.713 member
user online :
403 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


cemas
sore dok,saya mau tanya.saya punya anak umur 2thn lebih sebulan tp masih kesulitan bicara.apa yang harus saya lakukan dok,apa perlu di bawa ke klinik tumbuh kembang dok?
05 Aug 2018, 15:09
Dari : Lisa Yunix

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Benarkah Anakku Terlambat Bicara ? " :Sering kita dengar seorang Bunda yang bangga bercerita kepada teman-temannya tentang, "Aku seneng banget, deh. Hari ini Ghifari udah bisa bilang Mama sama aku", atau "Hanna udah mulai ngoceh lho tadi malem. Cerewet sekali dia."

Sebaliknya, seorang bunda juga akan sedih dan cemas ketika ia mendengarkan pengalaman buah hati teman-temannya, dan terkejut karena anaknya sendiri belum bisa melakukan apa yang sepertinya sudah biasa dilakukan seorang bayi berusia tertentu. Tentu saja, ia akan khawatir dan berpikir, apa ada yang salah pada bayiku? Misalnya, bila ia melihat bahwa anaknya belum mampu berbicara, maka ia akan bertanya-tanya, apa bayiku terlambat bicara, ya? Umur berapa sih sebenarnya bayi sudah bisa berkomunikasi?

Menurut dr. I G. Ayu Partiwi Surjadi, SpA, MARS,bicara adalah salah suatu tahap perkembangan yang sebenarnya telah dimulai sejak masa bayi. Tidak bisa juga dibilang usia 12 bulan bayi dibilang telat karena belum bisa bicara, atau semacamnya, karena setiap bayi ada perkembangannya sendiri-sendiri. Para ahli tidak menetapkan kemampuan bicara lewat umur secara pasti, namun bisa dilihat dari perkembangannya.

Dr. Tiwi setuju bahwa tahap bicara mesti diperhatikan sedini mungkin, karena dapat dijadikan parameter ada atau tidaknya gangguan perkembangan pada seorang anak. Kendati demikian, tahap-tahap perkembangan lain seperti motor kasar-halus, sosialisasi/interaksi juga mempunyai peranan penting dalam menentukan optimal atau tidaknya perkembangan anak.

Berikut ini adalah beberapa tahap-tahap perkembangan kemampuan berbicara anak sesuai dengan usianya :
Usia 0-3 bulan
Respons bayi saat mendengar suara dengan melebarkan mata atau perubahan irama pernapasan atau kecepatan mengisap susu. Bayi juga merespon dengan memerhatikan dan mendengar suara orang yang sedang bicara.

Usia 4-6 bulan.
Menoleh atau mencari suara orang yang memanggil namanya. Bayi mulai mengeluarkan suara-suara yang berbeda dan terdengar lebih jelas suku katanya, walau tidak memiliki arti, seperti mengucapkan “da-da” atau “ba-ba”. Pada akhir usia enam bulan, bayi sudah bisa bersuara untuk mengekspresikan kondisinya saat senang atau sedih, melihat ke arah yang menimbulkan suara, dan memperhatikan alunan musik.

Usia 9 bulan, bayi akan memahami beberapa kata dasar seperti ‘”tidak”/"jangan" atau “ya”. Dia juga mulai menggunakan nada suara yang lebih luas.

Usia 10 - 12 bulan. Dia sudah bisa mengucapkan kata “mama” atau “ayah” dan menirukan kata-kata yang Anda ucapkan. Pada usia satu tahun ini, dia sudah bisa memahami beberapa perintah seperti, “Ayo, kemari” atau “Ambil botolnya”. Bayi Anda juga sudah mengenal beberapa benda seperti sepatu, boneka, atau botol susu.

Usia 13 - 15 bulan
Perbendaharaan 4-7 kata, 20% bicara mulai dimengerti orang lain.

Usia 16 - 18 bulan
Perbendaharaan 10 kata, beberapa ekolalia (meniru kata yang diucapkan orang lain), 25% dapat dimengerti orang lain. Bayi sudah bisa mengulang kata-kata yang Anda ucapkan kepadanya dan akan menunjuk ke sebuah benda atau bagian tubuh yang Anda sebutkan. Di usia tersebut, bayi juga sudah bisa mengucapkan sekitar 10 kata dasar. Namun normal jika ada beberapa kata yang masih belum jelas pengucapannya seperti kata “makan” disebut “mam”.

Usia 22 - 24 bulan
Perbendaharaan 50 kata dan berkomunikasi memakai dua kosa kata seperti “mau susu”, 75% dapat dimengerti orang lain.

Usia 2 - 5 tahun
Perbendaharan >400 kata, termasuk nama, kalimat 2-3 kata, mengerti 2 perintah sederhana sekaligus seperti, “Ayo, cuci kaki dan sikat gigi” atau “Buka sepatunya lalu ganti baju”. Pada usia tiga tahun, sebagian besar anak-anak dapat menangkap kosakata baru dengan cepat. Ia juga mampu menyebut 4 warna, menghitung sampai 10.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " deib eshaq " dengan judul pertanyaan " Anak 2 tahun belum bisa bicara " pada Tanya Dokter: Assalamualaikum dr tanti, anak saya cowok umur 22 bulan, tapi sampai sekarang belom banyak bicara,paling hanya baba,mama,mba,jaja,dada saja..padahal dia sudah mengerti jika diajak bicara, bisa menunjukan beberapa bagian tubuhnya, dan ngerti jika dia dilarang atau dimarahin, dia sangat aktif dok, makanya saya agak sulit untuk mengajak ngobrol dan memang sering sekali nonton acara babytv ,,saya sangat ingin mengkonsuktasikan ke dokter,cuma tidak diijinkan oleh suami saya,,bagaimana menurut dokter,apa yang perlu saya lakukan?thx dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Perkembangan dan pertumbuhan seorang anak dengan anak lainnya tentunya berbeda-beda. Ada yang lebih dulu dan ada yang sedikit terlambat. Bila anak anda sudah dapat berkata-kata walau masih terbata-bata, latihlah terus, misalnya dengan cara membacakan buku cerita sebelum tidur, ajak berinteraksi, pakailah buku cerita dengan gambar menarik dan karakter yang mudah di kenali. Sebaiknya tidak memaksakan anak anda untuk dapat mengatakan atau menghafal suatu kata, biarkan ia mengucapkan suatu kata tanpa bantuan anda atau orang lain, awasi dan bimbing anak anda tanpa memaksakan maupun pelatihan yang keras. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bundanya winston " dengan judul pertanyaan " Normal Usia Anak Mulai Bisa Bicara " pada Tanya Dokter:salam kenal dokter tanti.. saya mau tanya kira2 usia anak memasuki usia berapa mulai bisa bicara lancar.. soal nya anak saya sekarang dah umur 1 tahun 7 bulan tapi masih lom bisa ngomong..?? padahal saya udah ajarin ngomong misal nya makan atau minum..tapi tetap aja anak saya gak bisa ikut kata2 saya.. terus kalo panggil mama anak saya udah bisa dikit2 tapi tetap aja kadang anak saya gak bisa lancar panggil nya.. apakah anak saya telat ngomong nya dok..??

dr. Tanti menjawab
Dear bunda enny jenova (bundanya winston), Pada umumnya, bayi mulai berbicara pada usia 18 bulan, dengan menyebutkan 10 kata sederhana dan menunjuk objek atau bagian tubuh yang kita sebutkan namanya. Anak akan menyebutkan suara atau kata-kata setelah anda menyebutkannya. Misalnya akhir atau awal pada sebuah kalimat, seperti ketika kita menyebut “makan” si kecil akan menyebut “maam”. Jangan terlalu khawatir dengan keadaaan anak anda saat ini, yang terpenting adalah teruslah bicara pelan-pelan dan lembut kata demi kata yang mudah untuk diikuti oleh anak anda. Bacakanlah cerita kepada anak anda untuk melatih pengertian dan perkembangan kata-kata. Nyanyikanlah lagu anak kepada putra anda. Berikan cinta kasih dan pujian atas setiap perkembangannya. Perhatikan pada saat anda memanggil namanya apakah ia akan menoleh atau tidak menghiraukan panggilan anda. Dampingilah anak anda ketika menonton TV. Bila anda menemukan kecurigaan bahwa anak anda tidak fokus dan mendengar panggilan anda, segeralah konsultasikan dengan dokter anda. Kemungkinan akan dilakukan tes pendengaran atau terapi bicara. Tapi tidak luput dari kemungkinan lainnya seperti kelainan autism atau kelainan konsentrasi, untuk hal ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :