SITE STATUS
Jumlah Member :
495.983 member
user online :
3513 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


secar
dok saya mau tanya...saya baru saja menjalani operasi sesar 2 bulan yg lalu..perut bekas secar knp masih kebal ya dok.berapa lama luka dalam ini sembuh...
10 Jul 2018, 20:10
Dari : Yanti Tampubolon

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Pemulihan Pasca Melahirkan (Normal dan Caesar) " :Kelahiran si kecil merupakan hal yang dinantikan oleh para ibu hamil. Pada proses persalinan dibutuhkan tenaga, mental dan kesiapan Bunda untuk melaluinya. Saat si kecil telah lahir ke dunia, semua perjuangan Bunda seperti terbayar . Rasa bahagia dan lega muncul dengan hadir nya si kecil.

Tidak hanya kesiapan dalam proses melahirkan yang Bunda perlu ketahui, tapi Bunda juga perlu tahu bagaimana proses pemulihan pasca melahirkan, baik persalinan normal maupun operasi caesar. Proses pemulihan pasca operasi caesar memang cenderung lebih lama daripada persalinan normal. tetapi hal-hal yang perlu Bunda perhatikan untuk mempercepat pemulihan di bawah ini berlaku untuk persalinan normal dan operasi caesar.

Jangan mengangkat beban berat
Pasca melahirkan kondisi Bunda belum pulih, karena itu jangan mengangkat beban berat lebih dari pada berat bayi Bunda meskipun Bunda merasa kuat dan baik-baik saja. Hal ini agar proses penyembuhan otot-otot di perut Bunda berjalan dengan baik. Setidaknya selama 6 minggu atau selama masa nifas Bunda beristirahat dan tidak mengangkat beban berat.

Perbanyak minum air dan mengonsumsi makanan berserat
Saat proses persalinan Bunda banyak mengeluarkan cairan, seperti ketuban, darah dan cairan tubuh lainnya. Untuk itu diperlukan cairan pengganti. Perbanyak juga mengonsumsi buah-buahan dan makanan berserat agar mempermudah Bunda saat buang air.

Aktif bergerak
Setelah melahirkan, cobalah secara bertahap untuk aktif bergerak. Bunda bisa melakukan jalan ringan di pagi hari di taman sekitar kompleks. Hal tersebut membantu memperlancar sirkulasi darah, membantu proses pemulihan, menguatkan otot serta mencegah terjadinya pendarahan.

Mengikuti saran dan petunjuk dokter
Ikuti jadwal kontrol pasca melahirkan baik melahirkan secara normal maupun operasi caesar. Terutama bagi Bunda yang memiliki penyakit selama proses kehamilan, seperti anemia. Ikuti saran dokter dan taaati pantangannya.

Perhatikan luka bekas jahitan
Melahirkan secara caesar tentunya akan meninggalkan bekas luka jahitan. Luka bekas operasi bisa terinfeksi bila tidak dirawat dengan baik. Untuk mengatasinya, jagalah kebersihan tubuh, konsumsi makanan yang mengandung cukup nutrisi dan bila perlu olesi cream atau minyak khusus untuk bekas caesar yang dijual di apotek atau sesuai rekomendasi dokter Bunda.


Tips:
Mintalah pasangan atau keluarga Bunda untuk bergantian menjaga sang buah hati atau membantu Bunda mengerjakan pekerjaan rumah, sehingga Bunda dapat beristirahat dengan cukup.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nurul Ishlah Mawaddah " dengan judul pertanyaan " Nifas Belum berhenti dan Luka Jahitan Pasca Melahirkan belum juga kering" pada Tanya Bidan:Bu bidan... sdh lebih 40 hari saya melewati masa nifas saya,ini sudah hari ke 45 pasca persalinan, namun yang saya herankan kok darah nifas saya masih keluar lumayan banyak yah bu Bidan? saya fikir ini hal yg harus diperhatikan karena melebihi waktu 40 hari, belum lagi luka jahitan pasca persalinan blom juga kering2 bu... jadi rasa nyeri selama buang air kecil terus2 saya rasakan... apa yg harus saya lakukan ibu bidan saya takut saya mengidap penyakit kelamin.... atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Nurul Ishlah Mawaddah,
Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kelahiran buah hatinya. Untuk keluhan yang bunda rasakan saat ini, apakah darah yang keluar jumlahnya banyak ? Bila darah yang keluar berwarna merah dan banyak, kemungkinan siklus haid bunda sudah kembali. Untuk luka jahitan, proses penyembuhan biasanya berlangsung selama 7 hari. Bila sampai saat ini luka masih basah/belum mengering dikhawatirkan terjadi infeksi. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan bidan atau dokter yang menangani persalinan bunda, agar dapat diberikan terapi serta tindakan yang sesuai.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mamah Kiki " dengan judul pertanyaan " Luka jahitan yang membuka & basah " pada Tanya Dokter:Siang dok,,, Sy mau tanya dok,,,sy melahirkan sdh 2 bln & dpt jahitan episitomi,10 hr pasca mlahirkn sy mengalami prdarahn,& itu ktnya dr jahitan yg tdk bagus,akhirnya sy djahit ulang,1mggu kontrol kdokter ktnya luka masih basah,trs kontrol lg msh basah jg,1bln kemudian sy kontrol kpuskesms & kt bidanmya jahitanya udah kering,tp ad luka yg masih membuka & msh terasa nyeri2. Yg mau sy tanyakan,,,kira2 obat/salep ap yg bsa digunakan untuk menutup luka jahitan yg membuka itu dok & lukanya bsa bner2 kering,,trs terang sy trauma klo dsuruh jahit lg :'( Mohon saranya dok,,, Terimakasih,,,

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk kasus Bunda memang membutuhkan pemeriksaan yang berkala untuk memonitor dan perawatan luka jahitan tersebut. Jagalah kebersihan agar tidak terjadi infeksi dengan cara membersihkan dan mengganti perban dengan baik. Asupan nutrisi juga penting untuk membantu kesembuhan. Makanlah bahan makanan yang mengandung protein dan vitamin serta anti oksidan, misalnya yang terkandung di dalam sayuran, buah-buahan serta daging dan susu. Namun, hindari bahan makanan yang diduga dapat menyebabkan alergi ( beberapa orang mengalami reaksi alergi bila memakan bahan makanan dari laut/ seafood). Untuk pengobatan, saya tidak dapat memberikan saran, maka itu Bunda tidak perlu takut untuk memeriksakan bekas luka jahitan pada dokter atau bidan agar diketahui apakah membutuhkan obat atau hanya perawatan dan membersihkan luka saja.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " tarie daffa " dengan judul pertanyaan " Olahraga setelah operasi caesar " pada Tanya Dokter:Siang dok, saya mau tanya apakah kalau operasi caesar, boleh mengayuh sepeda? kebetulan saya sudah hampi 7 bln operasi nya. tks.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Masing-masing individu dapat mengalami waktu penyembuhan yang berbeda, namun beristirahatlah selama 6 minggu pertama setelah operasi yang juga merupakan waktu untuk tubuh menjadi pulih dan menyembuh. Hindari aktifitas fisik seperti olahraga atau mengangkat beban bila masih terasa nyeri. Olahraga dapat diawali dengan melatih kekuatan panggul dengan cara yang sederhana dan dilakukan kapan saja seperti senam kegel untik melatih otot dasar pelvis. Untuk melakukan olahraga yang lebih aktif seperti lari, aerobik ataupun bersepedah dapat dilakukan bila sudah kondisi Bunda sudah dinyatakan baik oleh dokter dan tidak beresiko terhadap luka bekas operasi (bekas operasi baik dan tidak ada peradangan), sudah tidak nyeri dan otot-otot sudah siap untuk olahraga (dimulai dari latihan olahraga ringan untuk mengencangkan otot bagian bawah dan otot perut serta membantu melatih elastisitas kulit di sekitar luka operasi). Bunda dapat berkonsultasi dengan fisioterapis ataupun personal trainer untuk melatih otot-otot perut dan panggul maupun tahap olahraga berikutnya bila dokter sudah menyatakan kondisi Bunda cukup sehat untuk beraktifitas tersebut.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :