SITE STATUS
Jumlah Member :
500.927 member
user online :
688 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - abortus kah


abortus kah
dok bulan mei saya priksa ke DSOG , karena sudah setahun menikah blm hamil dikasih rujukan cek sperma dan HSG, suami hasil nya bagus. tapi saya belum priksa karena nunggu siklus haid.ternyata bulan juli saya telat haid 3hari,saya PP tes masih 1garis. seminggu kemudian saya haid keluar gumpalan jaringan seperti kantong robek apakah itu awal pembentukan bakal janin? masih kah saya perlu HSG?
09 Jul 2018, 12:52
Dari : Nurul Herlina Widiastuti

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi " :1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Hesty Itu Nining " dengan judul pertanyaan " haid mengeluarkan gumpalan " pada Tanya Bidan:haid mengeluarkan gumpalan kecil darah apa bahaya?

Bidan menjawab
Dear bunda Hesty Itu Nining,
Saat menstruasi kadang ditemukan gumpalan darah, hal ini masih dianggap normal bila terjadi sesekali biasanya pada hari awal haid. Hal ini disebabkan karena banyaknya darah yang keluar lebih cepat dari kerja anti koagulan ( zat yang bekerja untuk mengencerkan darah ).


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Wiliayoe " dengan judul pertanyaan " Menstruasi " pada Tanya Dokter:Dok, mohon penjelasannya, saya baru kali ini menstruasi yg paling sakit yg saya rasakan, rahim saya sakit bukan main. Anehnya lagi saat saya mau ganti pembalut saya membersihkan vagina, setelah saya rasa ada gumpalan putih tebal seperti plstik silikon. Biasanya kan gumpalan darah biasa, ini kok ga biasa. Itu knp ya dok mohon penjelasannya trimakasih.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Nyeri pada saat menstruasi kerap dialami dan dianggap wajar bila hanya sesekali terjadi. Nyeri menstruasi dianggap perlu diperiksa lebih lanjut apabila nyeri sangat hebat atau sampai mengganggu aktifitas (tidak dapat melakukan aktifitas ataupun bekerja), secara rutin dirasakan setiap kali menstruasi. Nyeri yang seperti ini dapat dicurigai adanya gangguan seperti endometriosis. Ketika menstruasi, dapat juga terjadi gangguan buang air besar seperti diare ataupung perut kembung. Hal ini karena pengaruh hormonal yang juga mempengaruhi organ lain saat menstruasi. Bila nyeri terasa hebat sampai tidak dapat beraktivitas, periksakan pada dokter. Untuk meringankan rasa nyeri dapat dengan menggunakan botol hangat yang ditempelkan pada daerah nyeri, bertistirahat dan memakan makanan bergizi.
Mengenai gumpalan yang Anda maksudkan, saya tidak dapat memberikan pendapat. Bunda bisa memeriksakan diri pada dokter ataupun dilakukan pemeriksaan USG bila perlu untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel