SITE STATUS
Jumlah Member :
506.526 member
user online :
1068 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - bagaimana prosedur cek lab setelah pasca kegugura


bagaimana prosedur cek lab setelah pasca kegugura
mohon informasi nya dokter, bagaimanakah prosedur untuk cek lab pasca keguguran uk 10mg, sy cb minta pengantar cek lab di rscm dg dokter promil krmn tidak mau kasih alasan blm perlu cek krn sy baru keguguran sekali, sementara umur sy sdh 38, apakah hrs menunggu keguguran 3x baru cek lab dok? melihat usia tdklah muda lg, jd lbh baik sy cek lab lgkp semua ke rscm utk persiapab promil ke2. mohon arahannya dokter bgsnya nti bgmn prosedurnya? trims sebelum dan sesudahnya dokter...
24 Jun 2018, 16:07
Dari : Jehan Chan

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hamil Kembali Setelah Keguguran (Part II) " :Bila minggu lalu situs kesayangan Bunda ini mengulas tentang pengertian keguguran dan penyebabnya, minggu ini Infobunda akan menjelaskan langkah yang perlu Bunda lakukan untuk dapat hamil kembali setelah keguguran.

Setelah mendapatkan penanganan pasca keguguran lakukanlah konsultasi pada dokter untuk menyiapkan kehamilan kembali. Berikut langkah-langkah yang dapat Bunda lakukan supaya segera hamil kembali :

-Periksa Kondisi Kesehatan
Hal pertama yang harus dilakukan pasca keguguran adalah melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti kesehatan tubuh, kondisi reproduksi Bunda, tingkat kesuburan dan hal lainnya sesuai dengan petunjuk dari dokter Bunda. Akan lebih baik jika suami juga ikut melakukan pemeriksaan bersama.

-Pola Hidup Sehat
Sebisa mungkin jagalah berat badan Bunda tetap dalam berat badan ideal. Untuk menjaga stamina tetap fit, lakukanlah olahraga dengan rutin. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak asam folat karena asam folat dapat meningkatkan kualitas sel telur. Dengan menjaga pola hidup tetap sehat diharapkan proses pembuahan akan segera terjadi.

-Ketahui Masa Subur (Ovulasi)
Beberapa wanita tidak tahu kapan mereka berada dalam masa subur. Bila ingin segera hamil, pelajarilah bagaimana caranya untuk mengetahui masa subur, seperti menghitung sistem kalender, mengukur suhu tubuh, memeriksa cairan setelah menstruasi. Bila ingin praktis, saat ini sudah ada alat untuk mendeteksi masa subur. Lakukanlah hubungan intim lebih sering pada masa subur (2-3 kali seminggu).

-Posisi berhubungan
Meski tidak ada penelitian tentang ini, beberapa ahli percaya bahwa posisi pria di atas saat berhubungan dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan. disarankan wanita mengganjal bantal dipinggulnya supaya mulut rahim dapat menampung sperma lebih banyak.

Bila hal di atas telah dilakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa supaya Tuhan segera mengabulkan impian Bunda dan suami untuk segera hamil lagi. Jangan kuatir, Bun. Banyak contoh kasus pasangan yang telah menunggu bahkan hingga puluhan tahun demi memeluk buah hatinya, dan akhirnya kini impian mereka terwujud. Tetap semangat Bunda!

Tips:
-Bergabunglah dalam komunitas para Bunda yang juga memiliki kondisi yang sama. Dengan begitu Bunda bisa berbagi pengalaman dan saling menguatkan.
-Jangan lakukan olahraga berlebihan. Olahraga yang berlebihan justru akan menurunkan kualitas sel telur dan sperma.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rinsur " dengan judul pertanyaan " Promil pasca Keguguran " pada Tanya Bidan:Bu saya mau tanya..2bln kmarin sya kguguran dlm umur kndungan 3bln..sya gk tau apa pnybabnya krna stlh sya brhbngan dengan suami flek lngsung kluar..stlah 3 hri prut trsa mulas dan akhirnya kluar lakh sgumpal darah..dr menyarankan sya untuk kiret cman sya gk mau tpi skrng sdah rutin menstruasi stiap bln..prtnyaannya apakah sya bsa program hamil lgi dan apakah tdak akan keguguran lagi..trima ksih dtnggu jwbannya ya bu..

Bidan menjawab
Dear bunda Rinsur,
Turut berduka ya bunda. Untuk program hamil sudah dapat dilakukan kembali setelah 3x siklus haid. Ancaman keguguran dapat terulang kembali, tergantung dari penyebabnya. Untuk menghindarinya disarankan untuk melakukan tes laboratorium untuk persiapan kehamilan ( troch ), melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, olah raga, menjauhi rokok dan alkohol, bahan pengawet, serta MSG.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " jolie00 " dengan judul pertanyaan " Apa Sajakah Yang Harus Diperiksa Setelah Keguguran " pada Tanya Dokter:Dok, Saya pernah keguguran 3 kali . pertama 8 W abortus spontan, kedua 16 W death conceptus, ketiga 6 W abortus spontan . Saya sudah cek TORCH hasilnya IGM negatif. Saya bingung dok, menurut dokter saya waktu itu tidak apa2 hamil karena IGM nya negatif, rahim saya juga tidak ada masalah . tetapi kenapa terulang lagi .Mohon sarannya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Faktor yang mempengaruhi terjadinya keguguran sangatlah banyak. Memang salah satunya adalah infeksi, dalam kaitannya dengan kehamilan, infeksi TORCH merupakan kejadian yang cukup banyak terjadi. Apabila Hasil dari pemeriksaan TORCH menunjukan tidak ada infeksi penyakit tersebut, maka kemungkinan penyebab keguguran dapat berasal dari hal lain. Cukup sulit untuk menentukan penyebab pasti keguguran selain infeksi, karena dapat saja disebabkan oleh adanya kelainan kromosom, faktor hormonal, bahkan tidak diketahui penyebabnya sama sekali.
Untuk mencoba hamil kembali, disarankan setelah 3 siklus menstruasi. Perhatikanlah asupan nutrisi anda, makanlah makanan yang mengandung gizi yang baik serta konsumsi suplemen asam folat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :