SITE STATUS
Jumlah Member :
506.420 member
user online :
288 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - mata merah dan bengkak disertai demam


mata merah dan bengkak disertai demam
sdh 3 hari ini anak saya demam dok...
sdh saya kasih obat parasetamol drop dan panas nya reda..
dalam 1 hari mungkin 3 -4 kali timbul panas...
saya kasih obat langsung reda...
baru kemaren siang saya liat mata anak saya sebelah kiri merah dan agak bengkak ( jd sipit )
skrng malah kedua matanya sipit dan memerah...

tolong dong ini kena gejala ap yaa...

mau priksa ke dokter tp dokternya baru ada besok sore...
saya takut terlambatbpenangan nya..
19 Jun 2018, 10:01
Dari : nOviEiNgInDiCintAisEpEnuhHaTie

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Menangani Masalah Umum pada Bayi
" :Sebagai seorang Bunda, sedih rasanya bila melihat si kecil sakit. Tidak heran para Bunda rela waktu istirahatnya terganggu demi menjaga dan membuat si kecil nyaman. Apapun akan Bunda lakukan untuk melihatnya tetap sehat.

Tetapi yang namanya manusia tidak mungkin terus menerus dalam kondisi sehat, adakalanya sakit. Terlebih lagi bayi karena sistem imun atau kekebalan tubuhnya yang belum berfungsi sempurna. Bunda akan dihadapkan pada masalah-masalah umum yang mungkin bisa membuat Bunda panik. Masalah umum yang biasa dialami bayi seperti:

1. Batuk Pilek
Batuk Pilek atau batpil termasuk sakit ‘langganan’ para bayi terutama setelah ia berada di dekat orang yang sedang sakit. Virus akan dengan mudahnya menyerang si kecil. Bunda tak perlu panik, batuk dan pilek akan hilang sendiri karena sebenarnya batuk dan pilek adalah cara tubuh untuk membuang lendir dalam tubuh. Hubungi dokter bila batuk tak kunjung sembuh dalam 5 hari.

2. Demam
Demam paling sering terjadi pada bayi. Misalnya demam setelah divaksin, tetapi tidak semua bayi mengalaminya. Jangan membungkusnya dengan pakaian yang tebal karena justru panas tubuhnya akan sulit keluar. Kenakan pakaian tipis yang lembut. Bunda masih boleh memandikannya dengan air hangat suam-suam kuku. Tak perlu kuatir, demam ringan akan hilang dengan sendirinya. Yang perlu Bunda lakukan adalah terus memantau suhu tubuhnya. Bila melebihi 37 derajat Celcius segera bawa ke dokter atau rumah sakit. Sebagai pertolongan awal, berikan obat penurun panas yang direkomendasikan oleh dokter sesuai dosis.

3. Sesak Napas
Sesak napas terjadi karena saluran napas bayi masih kecil. Penyebabnya biasanya karena gangguan pernapasan seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Pneunomia, Tuberkolosis, Asma. Bunda bisa melihat bayi menjadi gelisah, frekuensi napasnya lebih cepat, kadang disertai bibir membiru dan napas mengeluarkan suara. Sebagai pertolongan pertama, cek apakah ada benda yang menyumbat saluran pernafasannya (hidung, mulut, dan tenggorokan), posisikan anak dalam posisi duduk atau setengah duduk. Boleh juga Bunda sandarkan si kecil di bantal. Sebaiknya bayi tidak dalam posisi terlentang karena akan membuatnya semakin sulit bernapas. Bawa ke dokter bila frekuensi napasnya semakin cepat.

Masih ada beberapa masalah umum lainnya yang biasa dialami bayi. Supaya Bunda tidak panik menghadapinya, Infobunda akan membahas kelanjutannya minggu depan. Ditunggu kelanjutannya minggu depan, ya Bun.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Anam " dengan judul pertanyaan " Obat demam yang aman bagi bayi " pada Tanya Dokter: Assalamualaikum wr.wb..sore dok..mhn informasinya,sebenarnya obat demam lbh ringan yg mana antara parasetamol dengan ibuprofen untuk diberikan pada bayi usia dibawah 1tahun?ada yg mengatakan parasetamol lebih keras dan ada yg sebaliknya..mohon informasinya untuk smua para bunda agar tidak sembarangan memberi obat demam..tks

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Ibuprofen dan parasetamol, keduanya merupakan anti piretik dan anti inflamasi dari golongan non steroid, digunakan dalam mengurangi gejala nyeri dan demam. Untuk anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Ibuprofen maupun paracetamol tergolong aman digunakan untuk menangani nyeri dan demam pada anak selama penggunannya dalam dosis yang di anjurkan. Sampai saat ini masih merupakan perdebatan obat apa yang paling ampuh di antara parasetamol maupun ibuprofen dalam menangani demam dan nyeri pada anak, namun lepas dari itu, keduanya dinyatakan baik di gunakan sebagai pilihan obat untuk demam dan nyeri pada anak. Ketika anak anda demam, pastikan untuk memperbanyak asupan cairan, gunakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tebal atau ketat, berikan obat demam bila perlu. Bila demam masih berlangsung, segera temui dokter anda.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ibu aya " dengan judul pertanyaan " Obat tetes mata yang aman untuk balita " pada Tanya Dokter:anak saya berumur 3 tahun 3bln.,berat badannya 12.5 kg...dah dua hari ni mata kanan anak saya merah dan bengkak,,trz mengeluarkan maaf"belek"atau kotoran dari matanya,,,adakah obat tetes mata yg cocok untuk balita seumur anak saya,,??

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Dimohon untuk tidak memeberikan tetes mata kepada anak anda sebelum anak anda diperiksa oleh dokter. Kunjungi dokter untuk memeriksa mata anak anda. Mata merah dan bengkak dapat disebabkan oleh allergy, virus maupun infeksi bakteri, dan penanganannya juga berbeda. Maka itu sebaiknya anda membawa anak anda untuk diperiksa oleh dokter.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dewie panz " dengan judul pertanyaan " Bayi Demam " pada Tanya Apoteker:Diskusi ini datang dari pertanyaan Bunda Dewie panz
"mau tanya... saya punya anak umur 4,5 bln skrg sedang demam, dari dokter sdh dikasih obat penurun demam SANMOL, cuma skrg anakku sepertinya mau batuk cuma belum belum keluar batuknya jadi anakku rewel krn batuknya belum jadi, pileknya sih masih ringan cuma tetap mengganggu pernafasan. mohon bantuannya ya..."

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Jika bayinya masih demam, dapat terus diberikan penurun panasnya.
untuk pileknya, bisa kembali berkonsultasi dengan dokter anak.

Saran saya,
- Pada saat bayi dijemur dipagi hari, tengkurapkan bayi, dan tepuk-tepuk punggungnya.

- Balur badan bayi dengan minyak telon, pijat lembut telapak kakinya.

- Buat inhalasi buatan dikamar, taruh air hangat dalam baskom, dan teteskan minyak kayu putih atau minyak telon. Hal ini dapat membantu mengeluarkan lendir dari bayi.

- Banyak berikan susu hangat
Semoga informasi dari saya dapat membantu.
Terima Kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel