SITE STATUS
Jumlah Member :
496.005 member
user online :
3962 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kulit badan putih seperti panu


kulit badan putih seperti panu
dok,,,mw nanya nih,,,apa salep yg cocok utk kulit bayi yg putih sprti panu???soalx kmrn di badan anak ku bnyk putih2 sperti panu, awalx sih bintik2 merah trz aq ksh salep bbrp hari stlh itu bdanx tiba2 jd putih2,,,sempat konsul ke dokter katax sih alergi minyak telon (dsb), trz di ksh lotion,,kira2 belang putihx bisa hilang ngga ya
15 Apr 2018, 21:30
Dari : Nunung Anugrah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Berbagai Keluhan Bayi Baru Lahir "
Memiliki bayi baru adalah sebuah hal yang menakjubkan. Setiap harinya Bunda akan tersenyum dan tertawa dibuatnya. Tetapi disamping itu mungkin Bunda juga akan merasa kuatir karenanya. Setiap hal yang menurut Bunda mengganggu si kecil akan terus Bunda kuatirkan dan bertanya-tanya dan mencari tahu apa penyebabnya. Tenang, Bun! Setiap Bunda baru mengalami beberapa keluhan bayi baru lahir.
Biasanya Bunda baru akan lebih panik karena belum ada pengalaman bagaimana menghadapi kasus ini. keluhan umum bayi yang biasa dialami Bunda adalah:

1.Bercak merah di pipi
Siapa yang tidak senang mengelus pipi mungil seorang bayi. Tetapi kadang pipi bayi merah dan beruntusan. Bercak ini menimbulkan gatal dan membuat bayi rewel. Seringkali bercak ini dikira karena terkena Air Susu Ibu (ASI). Benarkah?
Tidak benar. ASI tidak menyebabkan bercak merah di pipi. Jadi Bunda tidak perlu kuatir bila ASI menempel di kulitnya. Bercak merah yang ada biasanya justru dikarenakan alergi susu formula yang biasa disebut dengan Eksim Susu. Selain alergi, bercak merah juga dipicu karena cuaca panas keringat, dan juga bila memiliki keturunan alergi susu.
Pencegahan:
Berikan ASI daripada susu formula. Tidak ada bayi yang alergi terhadap ASI, sehingga si kecil tidak beresiko terkena Eksim Susu. Dan jangan lupa mandikan bayi dua kali sehari.

2.Kulit kepala berkerak
Kerak di kulit kepala bayi biasanya timbul di minggu pertama hingga minggu ke empat sejak kelahirannya. Kerak kepala seringkali dikaitkan dengan posisi tidur bayi yang terlentang, kekebalan tubuh bayi dan karena Bunda tidak menjaga kebersihan selama hamil. Padahal tidak demikian. Kerak kepala disebabkan karena hormon Bunda yang masih ada dalam tubuh bayi. Hormon ini melepaskan minyak lebih banyak yang menimbulkan serpihan kulit yang menempel di kepala.
Cara mengatasi:
Ambil baby oil, lalu oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala bayi. Sisir perlahan supaya kulit yang menempel bisa terlepas. Lakukan saat bayi terlelap. Jangan mencabutnya bila masih keras karena bisa menimbulkan luka dan infeksi.

3.Biang keringat
Biang keringat adalah gangguan kesehatan kulit yang seringkali dialami bayi. Biang keringat alias keringat buntet disebabkan karena tersumbatnya kelenjar keringat pada permukaan kulit. hal ini dikarenakan fungsi kelenjar keringat bayi yang belum sempurna. Gejalanya muncul bintik-bintik kecil yang terkadang berisi air. Terasa gatal di kulit, bahkan panas. Tidak heran, bayi seringkali rewel dibuatnya.
Pencegahannya:
Pilihkan pakaian yang menyerap keringat dan mandikan bayi dua kali sehari.
Cara mengatasinya:
Gunakan bedak dingin atau salep yang mengandung Zinc Oxide.

Masih ada beberapa keluhan bayi baru lahir yang akan dibahas. Sabar menanti ya, Bunda! Di artikel minggu depan, Infobunda akan membahas keluhan lainnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " lala isbala " dengan judul pertanyaan " Bercak-bercakputih di belakang leher bayi " pada Tanya Dokter: Dokter anak saya umur 4 bulan, di leher bagian belakangnya ada bercak putih kecil2 dan jumblahnya banyak sekali (hampir rata di leher belakang), apakah itu bahaya dok? gmn cara menghilangkannya? selama ini dia gak pernah rewel atau merasa kurang nyaman dengan bercak tersebut. tlg ya dok...makasi

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Untuk memastikan apakah bercak putih pada kulit bayi anda adalah suatu tanda lahir ataupun keadaan penyakit kulit, anda harus memeriksakannya kepada dokter, anda dapat memeriksakan kepada dokter umum tentang hal ini, dan bila dokter umum mencurigai adanya suatu situasi atau memerlukan pendapat lain , kemungkinan akan di rujuk kepada dokter kulit. Pengobatan bercak putih ini tergantung pada jenis dan penyebabnya. Apabila bercak ini adalah suatu tanda lahir, biasanya tidak mengancam kesehatan dan hanya berdampak kosmetik saja. Bila bercak ini berupa penyakit kulit maka harus ditentukan dulu penyebabnya untuk kemudian dilakukan pengobatan. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " miftahul janah " dengan judul pertanyaan " Bercak-Bercak Putih di Wajah Anak " pada Tanya Dokter:Perkenalkan dok nama saya Miftahul Janah saya mau tanya tentang anak saya yang berumur 6 bulan JK wanita, permasalahan begini dok : di sebagain wajah ada bercak2 putih (seperti panu)? mohon penjelasannya. Terimakasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Miftahul Janah, Bercak putih pada kulit dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya keadaan hypopigmentasi karena terbakar matahari, keadaan vitiligo, infeksi jamur (panu) dan lainnya. Apabila permukaan kulit itu timbul tonjolan kecil seperti jerawat dan berwarna putih, maka hal tersebut kemungkinan di sebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak dan wajar terjadi pada bayi. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda membawa bayi Anda kepada dokter dan dilakukan pemeriksaan lebih seksama, untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nia Karunia " dengan judul pertanyaan " Salep untuk bekas ASI di pipi bayi " pada Tanya Apoteker:Anak saya berumur 1,5 bln. dulu dipipinya ada semacam bintik2 merah seperti ruam tetapi kmudian berubah mjd kering lalu mengelupas. Lalu saya oles dengan Pure Baby yang saya beli di apotik atas saran kakak saya. sekarang ruam itu jadi bercak putih meskipun kulitnya sudah halus. bagaimana cara menghilangkan bercak putih itu? apa bisa hilang? kira2 salep yg aman apa ya untuk menghilangkannya? trima kasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Terima kasih atas pertanyaannya.
Berikut saya jelaskan kondisi kulit yang sering dialami bayi.
-Jerawat Bayi (Bintik pink seperti jerawat)
Hal ini disebabkan paparan saat di dalam rahim terhadap hormon maternal. Kondisi ini tidak membutuhkan perawatan, karena akan hilang dengan sendirinya.

-Erythema toxicum
Bisul merah dengan bintik putih atau kuning ditengah. Hal ini belum diketahui penyebabnya tapi tidak membutuhkan perawatan, karena akan hilang dengan sendirinya.

-Kulit kering dan mengelupas dapat terjadi pada semua bayi normal tapi sangat terlihat pada bayi yang terlambat lahir.

-Benjolan putih pada hidung dan wajah (milia) disebabkan karena ada hambatan pada kelenjar minyak. Saat kelenjar minyak bayi membesar dan membuka dalam beberapa minggu, benjolan tersebut akan hilang.

-Bercak merah yang sidebabkan oleh paparan hormon maternal. Bercak ini akan hilang dalam beberapa minggu.

-Jaundice (bayi kuning) terjadi saat kulit bayi menguning. Hal ini disebabkan karena jumlah bilirubin yang terlalu tinggi. Hal ini diatasi dengan pemaparan sinar, biasa dilakukan dalam inkubator.

-Seborrhea sering terlihat pada bayi umur 1-2 bulan. Beminyak, kerak putih yang terlihat dikepala dan dapat termasuk ruam merah pada wajah, dibelakang telinga, leher dan bahkan pada ketiak. Silahkan berkonsultasi dengan dokter saat ini terjadi.

-Eksim
Bercak merah gatal pada kulit, biasa terjadi pada dada, tangan, kaki, wajah, siku dan belakang lutut bayi. Hal ini disebabkan oleh kulit kering, sensitif dan terkadang bisa disebabkan juga oleh alergi. Saat ini terjadi :
o Gunakan sabun yang lembut
o Gunakan detergen yang lembut untuk pakaian bayi.
o Gunakan moisturizer
o Jika terus berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter.

-Biang keringat terlihat seperti benjolan merah kecil di daerah yang sering berkeringat seperti di leher, daerah popok dan ketiak. Atasi dengan tetap membuat daerah tersebut kering dan hindari kepanasan dengan memakaikan pakaian yang menyerap keringat dan lebih longgar.

-Infeksi jamur.
Infeksi jamur pada lidah terlihat seperti susu yang mengering tapi tidak bisa dibersihkan. Pada daerah popok, terihat seperti ruam merah dengan benjolan. Untuk infeksi jamur, berkonsultasi dengan doketer untuk mendapatkan antifungal gel atau antifungal drops.

Dari kondisi yang bunda jabarkan, sepertinya anak bunda mengalami jerawat bayi, Hal ini tidak perlu perawatan, pastikan saya area tersebut bersih dan kering.
Demikian jawaban saya,
Semoga membantu

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter