SITE STATUS
Jumlah Member :
492.581 member
user online :
790 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - anak takut duduk


anak takut duduk
selamat malam dok. dok sya mau tanya anak sya usia 11bulan. di usia 4blan anak sya sdah bsa dduk. tpi dri minggu kmren anak sya rewel tdak berani dduk. kalo di suruh dudu / di duduk kan. pasti dia nangis menjerit. dia sekatang lbih sering tenvkurap ayo tiduran aj dok. kira" knpa ya dok??? nterimakasi dok🙏🙏n
12 Apr 2018, 19:53
Dari : Ayu Munk

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Tumbuh Kembang Bayi " :Pernahkah Bunda membanding-bandingkan bayi Bunda dengan bayi lain? Misalnya Bunda melihat bayi tetangga sudah bisa melakukan gerakan membalikkan badan di usia 10 bulan, namun si kecil belum dapat melakukannya meski sudah memasuki usia 12 bulan. Atau tubuh anak Bunda agak kurus sedangkan teman yang seusianya lebih gemuk.

Jangan bersedih hati dulu ya Bunda, karena tumbuh kembang setiap bayi adalah berbeda-beda. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan buah hati Bunda? Yuk kita cari tahu dahulu disini ya Bunda.

Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah dan ukuran sel alat tubuh sehingga tubuh bertambah besar.Misalnya, bayi saat lahir beratnya 3,5 kg, kemudian pada usia 1 tahun menjadi 10 kg Sedangkan, perkembangan ialah bertambah matangnya fungsi alat tubuh, termsuk fungsi intelektual, emosi dan kepribadian. Sebagai contoh usus bayi yang baru lahir belum matang fungsinya, enzim pencernaannya belum cukup sehingga belum dapat mencerna makanan padat.

Faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang pada bayi :
1. Faktor bawaan ( faktor genetik )
Faktor bawaan tidak dapat diubah tetapi dapat diupayakan dengan penyediaan lingkungan yang baik.
2. Faktor lingkungan
Faktor yang berasal dari luar dirinya seperti, orangtua. Faktor lingkungan mencakup aspek kebutuhan fisik, aspek asih ( kasih sayang ) dan aspek asuh ( pendidikan dan pergaulan)
3. Faktor gizi. Pada masa pertumbuhan sangat diperlukan makan-makanan bergizi dalam jumlah yang seimbang antara kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
4. Kemampuan motorik (Motorik halus dan kasar) pada bayi
5. Kemampuan bicara dan berbahasa pada masa bayi
6. Kemampuan sosialisasi dan kemandirian pada masa bayi

Perubahan yang terjadi pada bayi, diantaranya :
1. Ukuran tubuh pada bayi, besar kecilnya tubuh dipengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan.
2. Tinggi tubuh antara anak satu dengan lainnya berbeda.
3. Berat tubuh.

Jadi, pertumbuhan dan perubahan fisik pada bayi yang cepat akan disertai dengan perubahan dalam kebutuhan gizinya. Begitu juga kemampuan motorik bayi meliputi kemampuan motorik halus dan kasar, dan perubahan pada bayi meliputi ukuran tubuh, tinggi tubuh, dan berat tubuh.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Jabut " dengan judul pertanyaan " Bayi Menangis atau Rewel " pada Tanya Bidan:bayi saya umur 20 hr..tangisan bayi saya sangat kuat/kenceng sejak baru lahir..tapi sekarang suara tangisannya sampai terdengar serak.....setiap nangis tak ada seorangpun yg bsa menenangkan bayi saya selain saya,apa sih yang sedang di alami bayi saya dok? mohon infonya,terimakasih.

Bidan menjawab
Dear bunda Jabut,
Kebiasaan menangis bervariasi dari bayi ke bayi. Ada berbagai alasan bayi menangis terus, mulai dari yang sederhana sampai yang lebih serius. Salah satu alasan kenapa bayi rewel terus, adanya gangguan perut ( kembung, sembelit dan tidak bisa buang gas ). Seringkali cara yang paling efektif menangani bayi yang rewel dan membuatnya tenang dengan menyusui atau menggendongnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rizkainsani " dengan judul pertanyaan " Anak 8 bulan 10 hari belum bisa duduk dan merangkak  " pada Tanya Dokter:siang Dok, anak saya perempuan sekarang usianya 8 bulan 10 hari. sampai saat ini belum bisa duduk dan merangkak, merangkak dengan perut ("ngelasut") juga belum bisa. apa ada kelainan atau itu normal ya dok? mengingat anak saya lahir sebelum usia kandungan 9 bulan. apa yang bisa saya lakukan untuk merangsannya agar bisa cepat duduk dan merangkak?? trimakasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pertumbuhan dan perkembangan pada tiap anak tidaklah selalu sama. Ada anak yang mengalami perkembangan lebih dahulu dari rata-rata anak seusianya, ada juga yang sedikit terlambat namun masih dalam batas yang sehat. Bila anak Bunda tidak ada gangguan motorik, menanggapi dan dapat berkomunikasi dengan baik, mungkin hanya membutuhkan bimbingan lebih dalam perkembangannya. Namun meskipun demikian, menilai dan mendiagnosa apakah seorang anak memiliki gangguang pada pertumbuhan dan perkembangannya membutuhkan pengamatan dan pemeriksaan yang lebih lagi oleh dokter. Bunda dapat memberikan latihan pada anak Bunda, janganlah menyerah dalam memberikan latihan namun disesuaikan dengan kemampuan anak Bunda. Bunda dapat menaruh dalam posisi tengkurap agar bayi bertumpu pada perutnya dan membantunya bila ingin membalikkan badan atau mulai belajar menopang tubuhnya dengan tangan dan lututnya. Rangsang gerakannya dengan memberikan mainan kesukaannya beberapa langkah di depan bayi Anda agar Ia mau bergerak meraihnya. Kadang seorang anak dapat melewati suatu fase belajar seperti tidak melakukan merangkak namun langsung melakukan belajar berjalan meskipun jarang terjadi. Ada baiknya untuk membawa ke dokter atau klinik tumbuh kembang anak untuk pengamatan dan kesimpulan lebih lanjut. 


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel