SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
289 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Waktu terbaik until tes kehamilan


Waktu terbaik until tes kehamilan
selamat Pagi dok.. Saya haid terakhir the 6 Maret nah kemarin (tgl 3 April) Saya ke dokter Karena mengeluhkan perut kram Dan nyeri pinggang sekali. ternyata orang e menyarankan tes urine dan hasilnya negatif. Dan dokternya menyarankan USG melihat kondisi perut saya yg agak membesar/keras. yg Saya tanyakan, tes pack yg sudah Saya lakukan kan blm telat datang bulan, apa hasilnya akurat?.. Saya sebaiknya menunggu sampai telat mens beberapa hari u/ USG apa bisa sesegera mungkin?.. mengingat nyeri pinggang Dan perut yg hilang muncul. Terima kasih
03 Apr 2018, 6:30
Dari : Chizza Raudatul Ilmi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Sepelekan Nyeri Haid " :Hampir setiap wanita pernah merasakan nyeri haid. Nyeri haid sangat mengganggu aktivitas sehingga kita lebih memilih berbaring daripada melanjutkan pekerjaan. Tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri haid tanpa pernah memeriksakannya ke dokter.
Gejala penyerta dari nyeri haid yang dialami wanita bervariasi. Mulai dari pusing ringan, kram di area perut, keringat dingin, menggigil, lemas, hingga pingsan berkali-kali. Apakah nyeri haid berbahaya jika dibiarkan?


Nyeri yang dialami wanita saat menstruasi penyebabnya dikategorikan dalam dua jenis;
1.Dismenore Primer
Nyeri haid Dismenore Primer adalah nyeri haid yang umumnya tidak disebabkan karena kelainan atau penyakit pada organ reproduksi. Nyeri yang terjadi karena adanya peningkatan hormon Prostaglandin sehingga menimbulkan kontraksi pada uterus. Nyeri biasanya dapat berkurang dengan pemberian obat pereda nyeri haid.

2.Dismenore Sekunder
Dismenore Sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan karena adanya masalah yang menyangkut fungsi rahim dan organ reproduksi. Kasus yang sering terjadi seperti Endometriosis, Fibroid, Pelvic Inflammatory Disesase (PID), Premenstrual Syndrome (PMS), Infeksi karena penularan aktivitas seksual, dan stress. Nyeri haid yang disebabkan oleh kasus seperti ini dapat mempengaruhi kesuburan yang berujung pada sulitnya memiliki anak. Untuk itu bila nyeri haid sudah sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter kandungan.


Penanganan yang dilakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Bila faktor penyebabnya hanya karena kontraksi uterus dan hormon yang tidak seimbang biasanya akan diberikan penghilang rasa nyeri. Tetapi bila ditemukan adanya faktor lain pengobatan bisa dilakukan mulai dari pemberian obat-obatan hingga operasi.

Selain obatan-obatan, Bunda bisa lakukan hal berikut untuk mengurangi nyeri haid:
1.Konsumsi zat besi
Saat menstruasi wanita sering terkena anemia karena kurangnya sel darah merah. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

2.Botol air hangat
Ini adalah cara ampuh yang banyak dilakukan. Isi botol dengan air hangat lalu tutup. Guling-gulingkan pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa mengurangi nyeri haid.

3.Berbaring
Saat menstruasi biasanya kita akan merasakan nyeri punggung. Berbaringlah di alas yang rata. Gunakan bantal untuk menyangga lutut.

4.Olahraga
Bila memungkinkan lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Bila tidak memungkinkan, lakukanlah olahraga rutin saat tidak haid. Dengan berolahraga dapat memperlancar aliran darah di sekitar rahim.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Gita Ramadhana " dengan judul pertanyaan " kapan test pack " pada Tanya Bidan:assalamualaikum.. bu bidan.. aku sdh terlambat haid 5hr, haid terakhirku tgl 12 mey 2013, siklus haid biasanya 28hr, aku udh TP tgl 12 juni td tp msh negativ.. gejala2 hamil sih sdh ada seminggu yg lalu.. kira2 kpn TP lg ya?

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Gita Ramadhana,
Sebaiknya tespack dilakukan setelah 2 minggu jadwal haid terlewat, dan dilakukan pada saat bangun tidur dibagi hari, karena pada pagi hari kadar hormon HCG lebih tinggi.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " wy ant " dengan judul pertanyaan "Kram Perut tanda hamil? " pada Tanya Bidan:Dok.. sblm ny kan sy nunda hamil sekitar 2th'an, nunda kehamilan ny dgn kondom aja.selama nunda hamil sy kram perut biasany di hari ke 1haid dan seminggu sblm haid sy paling merasakan pegal2, payudara nyeri *itu wajar kan y dok
nah br 3bln ini kami lepas kondom dok krn br mau ad anak, tp selama 3bln ini sy sk kram setelah bbrp hari berhubungan, padahal jadwal haid ny masi jauh dok.. dan rasa kram ny bs berlanjut sampai akhirny sy haid :( . apakah sperma perlu adaptasi di rahim dok? jd menimbulkan kram
selama 3bln ini pun sy ky dapet tanda2 hamil sprti kembung, nafsu makan, mual tp di TP negatif dok
itu knp y dok.. ap sy perlu usg?

Bidan menjawab
Dear bunda Wy Ant,
Dua minggu sampai sehari menjelang masa menstruasi pada beberapa individu, umumnya timbul keluhan ketidaknyamanan fisik maupun emosional, keadaan ini dinamakan premenstruasi syndrome ( PMS ). Ketidaknyamanan tersebut dapat berupa jerawat, perut kembung, sakit kepala, nyeri punggung, kram perut, payudara mengeras, diare, mudah marah, dan stres. Kram perut ringan yang dirasakan setelah berhubungan intim masih dianggap normal, selama tidak ada perdarahan. Saat berhubungan penis masuk kedalam dasar uterus dan disana otot kewanitaan akan bergerak seiring dengan aktivitas seks yang dilakukan. Otot akan mengalami tegang dan regang, inilah yang menyebabkan timbulnya keluhan kram. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialist kebidanan, USG diperlukan untuk menilai keadaan alat reproduksi, dan juga melakukan program kehamilan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Blossom_flower " dengan judul pertanyaan " Belum menstruasi, perut terasa kram " pada Tanya Dokter:Dear Dr. Tanti, Saya telah menikah selama 6bln dan hingga kini belum hamil. Periode menstruasi saya tidak teratur (selalu lebih cepat) tapi hingga hari ini saya telah telat 10 hari (terakhir mens 16 September). Saya selalu mengalami kram perut sebelah kiri dan badan terasa berat jika berjalan kaki. Kmrn keluar sedikit darah dan keputihan warna coklat. Yang ingin saya tanyakan: 1. Apakah itu tandanya saya hamil? 2. Mengapa perut saya selalu kram? Terima Kasih, Welly Suzana

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak, cara termudah yang dapat Bunda lakukan adalah melakukan test urin dengan test pack kehamilan. Test pack kehamilan dapat Bunda dapatkan di apotik secara bebas tanpa resep dokter. Terdapat petunjuk penggunaan dan cara membaca apakah anda postif hamil ataupun negatif yang tertera pada alat tersebut. Apabila ternyata anda tidak hamil, maka kemungkinan yang terjadi adalah, mungkin anda memiliki masalah hormonal sehingga menyebabkan keterlambatan menstruasi atau tidak mendapatkan menstruasi sama sekali juga kram perut yang anda rasakan. Anda dapat memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan (OBSGYN) untuk pemeriksaan lebih lanjut, memastikan apakah ada keadaan lain yang terdapat pada organ reproduksi anda. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel