SITE STATUS
Jumlah Member :
506.394 member
user online :
295 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Kb susuk


Kb susuk
Dokter saya ibu baru 2bln lalu melahirkan umur saya 21th saya d anjurkan bidan puskesmas untuk memakai kb susuk.. yg ingin saya tanyakan apakah tidak ada efek jangka panjang untuk pemakaian kb susuk? Jika ingin mempunyai anak lagi berapa lama saya harus menunggu? Terimakasih dokter
02 Apr 2018, 13:58
Dari : Mamakai_

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KONTRASEPSI HORMONAL " :Seperti yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya, bahwa kontrasepsi hormonal (progesteron) terkadang menimbulkan gangguan pada siklus menstruasi.

Namun untuk lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan alat kontrasepsi hormonal tersebut, dapat dibaca lebih jelas melalui uraian berikut ini.

PIL KB KOMBINASI
Sangat efektif bila diminum setiap hari.
Bila berhenti minum Pil KB dapat terjadi kehamilan.
Pada bulan-bulan pertama pemakaian mungkin dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, perdarahan atau flek diantara masa haid, kenaikan berat badan, atau sakit kepala. Semua gejala ini tidak berbahaya.
Aman untuk hampir semua wanita karena efek samping jarang terjadi.
Dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum mempunyai anak.
Dapat mencegah penyakit kanker tertentu, kurang darah (akibat kekurangan zat besi), nyeri pada waktu haid dan beberapa kesehatan lain.

SUNTIK KB
Sangat efektif untuk mencegah kehamilan bila disuntik setiap 1 bulan atau 3 bulan (sesuai dengan jenis suntik KB).
Gangguan perdarahan biasa terjadi – seperti flek-flek, perdarahan ringan diantara 2 masa haid. Setelah pemakaian satu tahun sering tidak mengalami haid. Kenaikan berat badan juga biasa terjadi atau timbul sakit kepala ringan.
Dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum mempunyai anak.
Bila berhenti memakai cara KB ini, kehamilan dapat segera terjadi.
Aman digunakan pada masa menyusui, setelah 6 minggu sehabis melahirkan.
Membantu mencegah kanker rahim; mencegah kehamilan di luar rahim

SUSUK KB
Tersedia 3 macam susuk KB terdiri dari 1 batang, 2 batang, dan 6 batang.
1,2 atau 6 buah batang ini dimasukkan dibawah kulit pada lengan bagian atas.
Sangat efektif untuk masa 3 tahun (untuk jenis 1 dan 2 batang) dan 5 tahun (untuk jenis 6 batang).
Bila diinginkan, susuk KB dapat diangkat setiap waktu.
Segera setelah susuk KB diangkat, wanita dapat hamil.
Perubahan pola haid masih dalam batas normal – perdarahan ringan diantara masa haid, flek-flek atau tidak haid. Juga timbul sakit kepala ringan.
Aman digunakan pada masa menyusui, dipasang setelah 6 minggu sehabis melahirkan.
Membantu mencegah anemia dan kehamilan di luar kandungan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Lacha Ummuach " dengan judul pertanyaan " Haid tidak lancar setelah KB " pada Tanya Bidan:Siang bu bidan,sya mau tnya kok bbrapa hari ini bdan saya skit smua kyk mau menstruasi gitu,stlah KB menstruasi saya tdk lncar,sdah sblan lbih blm haid,,,dan sya mw tnya jg knp yah bu prut bwah d sblh knan sllu nyeri,itu knp ya bu,,,sy tkut knp2

Bidan menjawab
Dear bunda Lacha Ummuach,
Jenis KB apakah yang saat ini bunda gunakan ?? Pada jenis KB yang mengandung hormon (pil, suntik, susuk) biasanya memiliki efek samping mengganggu siklus haid. Sebaiknya bunda menggunakan metode Kb yang tidak mengandung hormon seperti spiral/ IUD, condom. Untuk keluhan nyeri, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung, tindakan USG diperlukan, sehingga terapi dan tindakan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " detidelawati@gmail.com " dengan judul pertanyaan " Susuk KB dan siklus menstruasi " pada Tanya Dokter: Selamat sore Dok, Saya pengguna alat kontrasepsi susuk KB sudah 8 bln,,saya memasang alat kontrasepsi ini 30 hari setelah melahirkan (masa nifas).Tapi haid saya jadi sering, dalam 1 bulan bisa 2-3 kali,, 1 kali haid saya paling lama 14 hari Dok. Memang sekarang saya rasa volume darah yang keluar tidak begitu banyak sepeti pas pertama saya pasang susuk kb ini. Tapi tetap saja saya khawatir Dok. Apakah saya tidak cocok memakai susuk KB ini> Tolong informasinya ya Dok.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Efek kontrasepsi implan / KB susuk, terkadang menimbulkan adanya gangguan menstruasi seperti flek-flek ataupun siklus menstruasi yang terganggu. Beberapa hal juga bisa menyebabkan gangguan menstruasi pada ibu menyusui seperti pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan ataupun pil KB Laktasi untuk ibu menyusui. Apabila Bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter