SITE STATUS
Jumlah Member :
494.786 member
user online :
3117 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - telat menstruasi


telat menstruasi
siang dok saya mau bertanya,
saya menstruasi tgl 3 s/d 9 november lalu saya menikah tanggal 11 november 2017
lalu saya mens maju tgl 29 s/d 5 desember 2017.
kemudian saya mens lagi kembali ke tgl 3-9 januri.
terakhir menstruasi tgl 10-14 februari.
yg saya ingin tanyakan apa saya sulit hamil donk karna menstruasinya tidak teratur?
sedangkan saya sm suami sedang promil.
saya minum folavit dan natur e suami ever e.
dan skrng saya telat udh 3 hari tapi klo saya TP hasilnya negatif?
solusinya harus bagaimana ya dok??
12 Mar 2018, 11:52
Dari : Anitha Buncil

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Menstruasi Tetapi kok Tidak Hamil? " :Bagi Bunda yang sudah menikah dan mengharapakan kehamilan, terlambatnya menstruasi merupakan tanda yang baik. Tetapi, saat melakukan tes kehamilan ternyata Bunda tidak hamil. Lalu mengapa menstruasi Bunda seringkali terlambat? Bahkan tanda-tandanya persis seperti wanita yang sedang hamil.

Gejala hampir sama
Menstruasi adalah proses keluarnya darah secara rutin dari rahim (uterus) sebagai tanda bahwa uterus berfungsi secara baik. Proses sebulan pematangan telur, pelepasan telur (ovulasi), dan pengelupasan dinding uterus disebut siklus haid. Bila sel telur tidak dibuahi maka akan terbuang dan keluar 14 hari setelah ovulasi (pelepasan telur) yang disebut menstruasi (haid).

Bila sel telur dibuahi sperma maka akan terjadi pembuahan atau kehamilan sehingga menstruasi tidak akan terjadi. Nah, bagi Bunda yang sering terlambat menstruasi setiap bulannya, pasti langsung berpikir Bunda hamil. Apalagi gejala yang terasa, sama seperti layaknya wanita hamil. Gejala tersebut antara lain;
-Payudara terasa bengkak dan nyeri.
-Muncul flek.
-Mood tidak stabil. Kadang merasa sedih, kadang senang.
-Merasa lebih malas.
-Banyak makan sehingga membuat berat badan bertambah.
-Kembung, dan mual.
Nah, gejala-gejala ini seringkali membuat Bunda terkecoh apakah Bunda memang hamil atau Bunda hanya terlambat menstruasi saja.

Tetapi kenapa ya menstruasi Bunda seringkali terlambat?
Siklus Haid
Banyak wanita yang keliru menghitung siklus menstruasi. Sebagian besar wanita menghitung masa menstruasi dengan tanggalan. Bila menstruasi hari pertama tanggal 15 maka diasumsikan menstruasi berikutnya adalah tanggal 15 juga. Padahal, siklus tanggalan demikian tidaklah tepat.

Siklus menstruasi yang teratur berkisar antara 21-30 hari. Tetapi pada umumnya siklus menstruasi adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Jadi, bukan dari tanggal menstruasi ke tanggal yang sama setiap bulannya. Kalau Bunda hitung seperti itu, bisa jadi Bunda merasa menstruasi Bunda tidak teratur setiap bulan.
Bagi Bunda yang memang ternyata siklus menstruasinya tidak teratur, bisa jadi disebabkan oleh gangguan menstruasi, seperti ;
-Genetik
-Obesitas
-Gangguan hormon

Terapi yang diberikan dokter untuk mengurangi gangguan menstruasi biasanya adalah:
-Terapi non hormon seperti anjuran mengonsumsi karbohidrat dan mineral, pemberian B6, anjuran olahraga, dll.
-Terapi hormon, seperti progesterone, estrogen, danazol, pil kontrasepsi oral, dll.

Bila Bunda merasa gangguan-gangguan ini menyebabkan Bunda sulit hamil. Jangan langsung panik ya, Bun! tetaplah tenang dan segeralah berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat penanganan yang tepat.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Muhammad Yusuf3 " dengan judul pertanyaan " telat mens setelah menikah " pada Tanya Bidan:bun saya mau tanya apakah setelah tidah perawan maka akan mempengaruhi siklus menstruasi..soalnya setelah saya berhubungan minggu lalu saya tk kunjung mens,saat ini saya sudah telat 9 hari
mohon infonya bun terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda muhammad Yusuf,
Perubahan siklus haid tidak dipengaruhi oleh hubungan intim, biasanya setelah menikah terjadi perubahan emosi, hal inilah yang dapat mengganggu siklus haid. Terjadinya keterlambatan haid dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain adanya ganguan hormonal, stress, perubahan berat badan yang drastis, penggunaan obat tertentu dan adanya kehamilan. Disarankan untuk melakukan HCG tes ( tes kehamilan ) pada saat 2 minggu hari haid terlewati, dan lakukan pemeriksaan langsung pada dokter spesialist kebidanan, USG diperlukan untuk menilai keadaan reproduksi, sehingga terapi serta tindakan yang sesuai dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " erniratna " dengan judul pertanyaan " Menstruasi tidak teratur " pada Tanya Dokter:Dok saya mau tanya.haid saya sebelum nikah teratur tiap bulan.tapi sejak menikah haid saya menjadi tidak teratur jadi 2 bulan sekali haidnya.saya sudah konsul ke dokter rahim saya tidak kenapa-kenapa.lalu saya di kasih obat mediol untuk pelancar hAid.tapi setelah minum obat itu saya tidak haid juga.apa efek dari obat itu ya dok?dan bagaimana agar haid saya teratur lagi?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda
Pada kasus menstruasi yang tidak teratur atau gangguan terhadap siklus menstruasi perlu diperiksa terlebih dahulu keadaan organ reproduksi Bunda. Ternyata setelah diperiksa, keadaan rahim atau uterus Bunda dalam keadaan baik. Maka ada kemungkinan penyebab-penyebab lain yang dapat mempengaruhi terganggunya siklus menstruasi ini.
Menstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.

• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.

• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.

• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Dengan memperhatikan keseimbangan nutrisi, aktifitas, istirahat dan olahraga, diharapkan kesehatan Bunda dapat terjaga dengan baik maka keseimbanganhormonal juga tercapai dengan baik. Kembalilah kepada dokter yang memberi terapi pada Bunda untuk follow up keadaan Bunda dan pemilihan terapi selanjutnya.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter