SITE STATUS
Jumlah Member :
506.405 member
user online :
712 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Telat suntik kb


Telat suntik kb
Dok, saya ikut suntik kb 1 bulan. Seharusnya hari ini tanggal 24 februari 2018 jadwal saya suntik tapi tadi saya kelupaan Dan saya buru2 ke dokternya malah udah tutup krna udh kemalaman. Dan dokternya buka kembali hari senin sedangkan hari ini hari sabtu. Kemaren setelah haid saya berhubungan dgn suami tapi sebelum jadwal suntik kb. Apakah bisa menyebabkan kehamilan dok?
24 Feb 2018, 21:41
Dari : Yossi Andanii

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Sinta Oktaviana " dengan judul pertanyaan " Berhubungan sebelum Suntik KB, bisa hamilkah? " pada Tanya Bidan:Assalamualaikum...
Bu Bid Saya mau tanya masalah KB niihh...
Saya kan KB Sunti 1 Bulan yaahhh naah misalkan tanggal suntik di tanggal 10 berarti kan bulan depannya saya harus kembali lagi di tanggal 10 juga,akan tetapi apabila saya selesai menstruasi pada tanggal 6 dan di tanggal 7 saya melakukan hubungan intim Bu dan baru Suntik KB di Tanggal 10 kira2 bisa hamil gaa yaah bu??? Saya takut aja niih masalahnya Baby Saya baru 6 Bulan..Minta Pencerahan Jawabannya yaa Bu..:-)

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Sinta Oktaviana,
Menghitung tanggal kb suntik 1 bulan, adalah dengan cara tambahkan tanggal kb suntik terakhir dengan 28 ( siklus menstruasi normal ), atau dengan melihat kalender ( jika suntik kb pertama hari senin tanggal 10 Agustus, maka suntik kb berikutnya adalah pada hari senin tanggal 7 September. Hari dalam melakukan suntik KB selalu sama, jika pertama dilakukan pada hari senin maka selanjutnya akan selalu hari senin. Apabila hubungan intim dilakukan pasca haid, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " selly.redamata " dengan judul pertanyaan " Telat suntik KB " pada Tanya Dokter:Dokter mw tnya.. sy sdh telat suntik kb 3 hri.. sy pke kb 1 bln. mnrut jdwal hrus.a tgl 24 kemarin sy suntik. Di karenakan sy mens.a bru tgl 22 dan skrg msih mens. apa bisa hamil dok ?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Bila penggunaan kontrasepsi KB suntik maupun pil tidak dilakukan tepat dengan jadwal yang seharusnya dilakukan, maka efek dari kontrasepsi untuk mencegah kehamilan akan berkurang dan kemungkinan kehamilan lebih tinggi terjadi. Kehamilan dapat terjadi bila sel telur dan sperma bertemu pada masa subur dan terjadi pembuahan. Bila Bunda telat dalam jadwal penyuntikan kembali, gunakan terlebih dahulu kontrasepsi kondom sampai 7 hari setelah penyuntikan ulang. Untuk waktu berikutnya, meskipun masih menstruasi, lakukan penyuntikan sesuai jadwal agar kehamilan dapat dicegah dengan baik.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :