SITE STATUS
Jumlah Member :
506.366 member
user online :
422 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Tidak haid


Tidak haid
Dok saya mau tanya. Sekitar awal tahun 2016 lalu sy dinyatakan ada kista. Pertama saya berobat ke dokter lalu di kasih obat norelut 2x sehari awal pengobatan haid kembali lancar tapi kemudian haid tidak datang lagi sampe beberapa bulan. Kemudian sy memutuskan pindah pengobatan ke dokter lain yg berbeda, di dokter yg ke 2 ini saya di beri obat regumen tapi hanya sekali haid kemudian bulan berikutnya tidak haid lagi sampe skrng. Padahal kista saya terus mengecil dari awal pemeriksaan 6mm sampe skrng 2mm. Pertanyaan saya penyebab tidak haid saya karena apa dok? Trs cara/pengobatan yg bisa membuat saya haid normal lagi itu apa? Mohon di jawab dok. Terimakasih
22 Feb 2018, 18:39
Dari : Inka inessa

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Jenis Kista pada Ovarium " :Bila minggu lalu Infobunda membahas tentang Miom, minggu ini Kita akan membahas tentang Kista. Banyak yang belum tahu dan menganggap bahwa Kista dan Miom adalah sama. Meskipun memiliki gejala yang hampir serupa, tetapi kista dan miom berbeda. Berikut poin-poin penjelasan tentang kista;

1.kista adalah tumor jinak yang terbungkus jaringan di organ reproduksi. Kista ada yang berisi cairan kental, berisi udara, nanah, rambut dan berbentuk seperti anggur.

2.Kumpulan sel-sel tumor kista terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Untuk itu kista sangat mudah diangkat dan umumnya tidak membahayakan penderitanya.

3.Kista yang umum ditemui pada ovarium ada dua, yaitu:

a.Kista Cokelat

Kista cokelat dikenal dengan sebutan kista endometriosis. Kista ini tumbuhnya di permukaan ovarium dan menyerang bagian dalam ovarium. Dikatakan kista cokelat karena kista ini berisi penumpukan darah yang berwarna kecokelatan. Besarnya kista cokelat bisa seperti kacang hingga buah anggur.

-Hingga saat ini penyebab pastinya kista cokelat belum diketahui secara pasti. Tetapi banyak ahli mengatakan penyebab kista cokelat karena proses inflamasi atau radang dan ketidakseimbangan hormon.

-Gejala yang muncul seperti perut terasa kembung dan berat. Selain itu keluhan susah buang air kecil juga muncul. Siklus haid penderita juga menjadi tidak normal. Sering merasa mual, muntah, dan juga mengalami masalah kesuburan.

-Untuk kasus yang ringan, kista cokelat bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk kista cokelat yang berat perlu dilakukan pengobatan dengan pemberian obat dan juga operasi.

b.Kista Ovarium
Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat di dalam ovarium. Sama seperti kista cokelat, kista ovarium ada yang bisa hilang sendiri tetapi ada juga yang perlu pengobatan khusus.

-gejala kista ovarium yang muncul seperti menstruasi tidak teratur, nyeri pada tulang panggul, sering buang air kecil, pencernaan tidak lancar, kembung dan juga sulit buang air besar.

-kista ovarium bisa menjadi berbahaya bila berukuran besar atau hingga pecah. Bila kasus seperti ini tentunya harus dilakukan pengangkatan kista melalui operasi.

4.Penderita kista berkisar antara usia 20-30 tahun. Wanita yang telah memasuki masa menopause memiliki resiko yang tinggi untuk menderita kanker ovarium bila sebelum menopause mengalami kista.

5.Penderita kista yang telah menopause sebaiknya menjalani tes darah dan USG secara teratur untuk memastikan kista benar-benar hilang.

Nah Bunda, bila Bunda menderita kista, belum tentu itu berbahaya, periksakan terlebih dahulu ke dokter dan konsultasikan bila Bunda ingin menjalani program hamil.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Kikiw " dengan judul pertanyaan "norelut atau primolut untuk haid tidak teratur " pada Tanya Bidan:Dear All,
Mohon pencerahannya..
Saia dapat mens dari tanggal 7 April s/d sekarang blm berhenti juga.. siklus menstruasi saia memang ga stabil, terakhir cek ke dokter karena efek hormon yg tidak stabil jg.. sebelumnya saia pernah di kasih obat oleh dokter, cuma saia lupa nama pasti obatnya, antara lynoral, norelut, atau primolut.. efek dari obat itu sangat cocok buat saia.. setelah berhenti konsumsi, mens saia berhenti, lalu bbrp hari kmudian dpt mens lg dgn jumlah hari yg normal, kisaran 5-7hari..
Pertanyaan saia, obat apa yg cocok?? norelut atau primolut??
Mohon sarannya..
Terima Kasih..

Bidan menjawab.
Der bunda Kikiw,
Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, stres, ketidakseimbangan hormon, penggunaan obat tertentu dan perubahan berat badan yang drastis. Keadaan yang bunda alami saat ini adalah menorrhagia.

Norelut dan primolut sama- sama obat yang berguna untuk mengatasi gangguan haid yang disebabkan oleh faktor ketidakseimbangan hormonal. Penggunaan kedua terapi ini sebaiknya dalam pengawasan dokter. Jadi sebaiknya periksakan kembali keadaan bunda pada dokter yang menangani bunda, agar terapi dan tindakan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " cici.dedi " dengan judul pertanyaan " Telat 3 minggu Setelah minum Norelut " pada Tanya Dokter:Sore dok,, saya mau nanya, wkt cek ke dokter(hari kedua haid) utk promil dikasi obat Norulet sebanyak 25 tablet(dikonsumsi 1 kali sehari selama 25 hari). seharusnya saya haid tggl 24 ato 25 Des'2015. Info dari dokter, setelah obat habis, seminggu kemudian seharusnya sudah haid, tp smp skrg udah telat 3 mgg blm juga haid. Minggu pertama & kedua telat haid sy test pack hasilnya negatif, skrg saya merasa takut. kira2 knp ya dok?? apa itu semua krn pengaruh obat Norulet itu?? krn selama ini sblm promil & konsumsi obat norulet, haid saya teratur. Mohon infonya.. Terima Kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Norelut (Norethisterone) adalah termasuk golongan hormon progesterone. Obat ini dapat digunakan pada keadaan amenorrhoea (tidak adanya menstruasi), Perdarahan Uterus Disfungsional yang berhubungan dengan keseimbangan hormonal, ataupun keadaan endometriosis. Keadaan-keadaan tersebut dapat berhubungan dengan keadaan infertilitas (masalah kesuburan). Bunda dapat berkonsultasi dengan Dokter yang menangani Bunda, berkaitan dengan keadaan kesehatan Bunda dan tujuan pemberian obat tersebut. Bila Bunda sedang mengalami menstruasi ataupun perdarahan pervaginam ketika meminum obat ini, maka wajar di dapati bila perdarahan berhenti beberapa hari setelah meminum obat ini. Bila obat dihentikan maka dapat terjadi withdrawal bleeding (perdarahan karena putus obat). Sebaiknya Bunda tidak menghentikan pengobatan sebelum waktu yang ditentukan oleh dokter Bunda agar hasil terapi tercapai dengan baik. Bila sudah melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter namun belum ada keadaan yang di harapkan, dalam hal ini menstruasi, maka kembalilah pada dokter Bunda untuk pemeriksaan dan terapi selanjutnya.



Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Silvi " dengan judul pertanyaan " Siklus Menstruasi Tidak Teratur " pada Tanya Apoteker:"aslm,,, saya manu tanya dok... saya belum punya anak tapi haid saya tidak teratur,, mohon infonya bagaimana cara mengatasi haid yang tidak teraturnya??? terimaksaih.."

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Silvi,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Siklus menstruasi wanita biasanya dengan jarak 21 hari hingga 35 hari dan berlangsung sekitar 3 sampai 7 hari. Siklus ini berbeda untuk masing-masing wanita.

Hal yang bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur adalah :
- Stress
- Berat Badan ( naik drastis atau turun drastis )
- Gangguan pola makan atau olah raga yang berlebihan
- Penyakit : Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), Endometriosis, Radang Panggul, Uterine fibroids

Mohon ambil waktu dan catat :
- Berapa lama periode menstruasi berlangsung?
- Bagaimana aliran darah yang keluar?
- Bagaimana rasa sakit atau kram yang dialami?

Segera konsultasi ke dokter jika :
- Menstruasi lebih dari 7 hari
- Kram yang sangat sakit saat mentruasi, bahkan saat tidak menstruasi
- Ada flek ditengah-tengah siklus menstruasi
- Darah yang keluar lebih banyak dari biasanya

Hal yang dapat membantu agar siklus menstruasi lebih teratur :
- Olah raga yang teratur
- Tidur yang cukup
- Pola makan yang sehat
- Kurangi stress, Alkohol dan Kafein
Semoga informasi dari saya bisa membantu.
Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker