SITE STATUS
Jumlah Member :
493.594 member
user online :
1463 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - program bayi tabung


program bayi tabung
pagi dok, saya sedang ikut program bayi tabung. dan awal bulan maret nanti rencananya mau et. embrio kami ada 2. yg mau saya tanya, makanan apa saja atau susu apa yg bisa mendukung agar embrio nya bisa menempel dan hcg nya tinggi.. atau agar program bt nya berhasil dok. karena kami sudah 14 tahun belum di karuniai anak. terimakasih atas jawabannya ya dok..
12 Feb 2018, 10:00
Dari : Ony Hulu Inchand Kebaya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari berita yang berjudul " Proses Bayi Tabung " :
Bayi tabung bukan hal baru lagi di Indonesia, salah satu pasien program bayi tabung adalah Inul Daratista, setelah 14 tahun belum dikaruniai anak, Ia mengambil keputusan untuk melakukan program ini. Banyak cara yang dilakukan pasangan suami istri yang sudah menikah lama namun belum dikaruniai anak. Salah satu cara medis yang saat ini mulai dilirik adalah bayi tabung.

Orang yang tidak mempunyai anak atau hamil secara alami, padahal sudah setahun menikah disebut infertilitas atau tidak subur, menurut Prof. DR. dr. Soegiharto Soebijanto, Sp.OG(K), Ketua Perkumpulan Fertilisasi In Vitro Indonesia (Perfitri). Menurut Soegiharto, penyebab tidak suburnya seseorang bermacam-macam, seperti kualitas sperma jelek, saluran tuba tertutup, anatomi genetalia interna bermasalah, adanya antibodi terhadap sperma suami pada istri, atau antibodi pada sperma itu sendiri, Unexplained infertility (ketidaksuburan yang tak diketahui penyebabnya).

Bagi bunda dan ayah yang ingin melakukan program bayi tabung, berikut langkah – langkahnya.

1Pemeriksaan kesuburan, hormon, sperma, virus maupun infeksi. Pastikan tidak mengidap penyakit menular atau penyakit lainnya.

2.Pengambilan sel sperma dan sel telur, proses bayi tabung membutuhkan hingga 6 sel telur yang matang, sedangkan pada kondisi normal hanya 1 yang matang. Pengambilan sel sperma suami melalui masturbasi atau operasi kecil. Pemilihan sel sperma berkualitas yaitu sperma yang gesit dan berjalan lurus.

3.Memasukan sel telur dan sperma ke dalam tabung khusus, sebuah wadah seperti mangkuk atau tabung steril dan saling dipertemukan agar bisa terjadi pembuahan.

4.Pembuahan yang berhasil akan menjadi embrio, dan dari sinilah akan dipilih embrio yang memiliki kualitas bagus dan sehat yang kemudian dimasukkan kembali ke dalam rahim sang ibu. Maksimal ada tiga embrio yang dimasukkan ke rahim.

5.Penguatan dinding rahim agar siap menerima kehadiran janin.

6.Bunda kini sudah bisa mengalami kehamilan normal dan nantinya juga akan bisa melahirkan secara normal.

7.Keberhasilan program ini dapat dilihat sekitar seminggu atau dua minggu setelah embrio dimasukkan ke rahim.

Tingkat keberhasilan bayi tabung memang tidak terlalu tinggi, yaitu 10-40 persen. Selain itu, faktor umur juga menentukan. Untuk perempuan sehat berusia 30 tahun memiliki kesempatan hamil 20 persen, lima persen peluang bagi perempuan berusia 40 tahun.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Vitamin E untuk Meningkatkan Kesuburan " :Berbagai produk kecantikan umumnya mengusung vitamin E sebagai unggulannya. Ya, vitamin E memang berperan penting untuk mejaga kesehatan kulit, seperti menambah tingkat elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet dan mempercepat penyembuhan luka. Tetapi mungkin Bunda belum tahu bahwa vitamin E juga dapat meningkatkan kesuburan.
Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang pertama kali ditemukan tahun 1922 oleh Dr. H.M Evans dari California. Dalam suatu penelitiannya ia menemukan bahwa tanpa vitamin E janin tikus akan mati dalam sepuluh hari saat di kandungan induknya. Pada tikus jantan yang kekurangan vitamin E ditemukan adanya kelainan testis. Tidak heran pada saat itu vitamin E lebih dikenal sebagai vitamin anti kemandulan.
Salah satu penyebab ketidaksuburan pada pria dikarenakan adanya kerusakan DNA pada sperma. Vitamin E terbukti mampu menjaga kesehatan sperma dengan melindungi membran sperma dari kerusakan akibat oksidasi. Selain itu, mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan produksi enzim yang berpengaruh pada hormon-hormon kunci pembentukan sperma. Sama hal-nya pada pria, pada wanita vitamin E juga berperan penting untuk melindungi sel telur dari radikal bebas yang dapat mempengaruhi kualitas sel telur. Tetapi kebanyakan orang menganggap vitamin E sebagai suplemen kesuburan untuk pria.

Makanan ber-vitamin E
Demi alasan praktis, sekarang ini banyak vitamin E yang dijual dalam bentuk kapsul, pil atau tablet. Tetapi alangkah baiknya bila kita mendapatkannya dari bahan makanan yang alami. Vitamin E banyak terdapat pada sayur-sayuran seperti salada, buncis, asparagus, kecambah (tauge), buah-buahan seperti pisang, stroberi, produk susu, mentega, telur, sereal, daging, unggas, kacang-kacangan, minyak biji gandum, minyak kedelai, dan minyak jagung.
Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah. Karena bila salah mengolahnya seperti memasaknya dengan suhu yang tinggi, vitamin E akan menguap dan rusak.

Tips :
Bila ingin meningkatkan kesuburan dan impian untuk segera memiliki momongan terwujud, tentunya mengonsumsi vitamin E saja tidak cukup. Lakukan hal-hal seperti :
- Mengatur pola hidup dengan berhenti merokok atau menghindari area yang penuh asap rokok.
- Sempatkan olahraga. Dengan berolahraga kualitas sperma dan stamina akan meningkat.
- Jaga berat badan. Bobot tubuh yang terlalu berat dapat mengganggu stabilitas hormon yang akan berpengaruh pada kualitas sperma.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Aloysia Elisabeth Christina Norasita " dengan judul pertanyaan " diameter rahim dan sperma suami " pada Tanya Bidan: Selamat pagi dok.saya menikah 6bulan yang lalu.saya mau tanya kemarin saya usg dan dokter memberitau kalau diameter rahim saya kecil.kira2 bisa hamil tidak ya dok ?
Dan saya mau tanya sperma suami saya itu bening dan ada campuran putih susu nya.kira2 itu beepengaruh juga tidak ya dok ? Terimakasih sebelum nya.

Bidan menjawab
Dear bunda Aloysia Elisabeth Christina Norasita,
Rahim yang normal memiliki ukuran diameter sekitar 7 cm. Rahim dikatakan kecil, apabila ukuran rahim kurang dari 5 cm, biasanya kelainan ini disebabkan oleh gangguan hormonal. Pengobatan yang dilakukan adlah dengan pemberian terapi hormonal agar rahim dapat membesar pada ukuran normal dan akan membesar menjadi tempat janin dalam proses kehamilan. Apabila tidak dilakukan pengobatan, maka kehamilan sulit terjadi.

Faktor sperma memang merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan pembuahan. Untuk mengetahui apakah sperma yang dimiliki memenuhi syarat, diperlukan analisis sperma dan cairan mani ( semen ) di laboratorium.

Disarankan bagi bunda dan pasangan untuk melakukan konsultasi dan promil dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar terapi serta tindakan terbaik dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " sarli " dengan judul pertanyaan " vitamin untuk perencanaan kehamilan " pada Tanya Apoteker:Selamat siang..saya mau bertanya
sekarang saya sedang percenaan kehamilan, vitamin/obat apa saja yang perlu dikonsumsi agar cepat hamil.
terimkasih sebelumnya..

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Sarli,
Berikut adalah beberapa vitamin yang dapat meningkatkan fertilitas :
Zink:
- Zink berkontribusi dalam ovulasi dan kesuburan pada wanita dan juga pembentukan sperma dan testosteron pada laki-laki.

Coenzyme Q10:
- CoQ10 dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan juga meningkatkan jumlah sperma.

Zat Besi:
- Zat besi dibutuhkam untuk memproduksi hemoglobin yang merupakan komponen pada sel darah merah yang membawa oksigen. Jika organ dan jaringan kekurangan oksigen, maka tidak dapat berfungsi dengan baik, termasuk jaringan reproduksi dan pendukungnya.

Vitamin E :
- Menurut penelitian, vitamin E dapat meningkatkan kesehatan dan motilitas dari sperma. Dalam salah satu penelitian,dengan mengkonsumsi suplemen vitamin E dan selenium dapat meningkatkan motilitas, presentasi sperma yang hidup dan presentase spermatozoa normal . Selain itu, Vitamin E dapat meningkatkan mukus pada cervix yang dapat membantu supaya sperma tetap hidup selama beberapa hari. vitamin E dapat mencegah kerusakan pada sel telur dan meningkatkan kesehatan sel telur.
Semoga informasi dari saya dapat membantu.
Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter