SITE STATUS
Jumlah Member :
497.410 member
user online :
1286 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - 5 bulan tapi belum tengkurep


5 bulan tapi belum tengkurep
Pagi dok. Anak saya umur 5bln tp belum bs tengkurep. Miring pun amat sangat jarang. Apa yg hrus saya lakukan agar tumbuh kembang anak saya sesuai umur nya dok? Pd umur brp shrsnya bayi bisa miring dan tengkurep dok?
12 Feb 2018, 7:25
Dari : Dhiah Lofty

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari berita yang berjudul " Anakku Belum Bisa Tengkurap " :
Tengkurap merupakan fase perkembangan bayi sebelum duduk dan merangkak. Setiap anak memiliki waktu dalam perkembangan yang berbeda dan tidak bisa disamakan dengan yang lain.

Pada umumnya bayi bisa tengkurap saat umur 3 - 6 bulan. Ada bayi yang sudah mulai tengkurap saat usia 4 bulan bahkan 2 bulan, tapi ada juga yang belum. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan waktu pada fase tengkurap, salah satunya dipengaruhi oleh berat badan bayi. Bayi yang gemuk akan mengalami kesulitan untuk membalikkan badan. Sebaliknya jika bayi dengan berat badan kecil justru lebih cepat tengkurap, karena berat badannya lebih ringan. Apabila bayi Bunda usia 4 bulan belum bisa tengkurap, tidak perlu khawatir karena usia tersebut masih dalam waktu proses belajar tengkurap. Agar si kecil bisa tengkurep, Bunda dapat melatihnya dengan cara berikut :

- Ketika menyusui sambil tidur, biarkan bayi Anda meraih payudara ibu sendiri.

- Bantulah bayi Anda memiringkan badannya, sambil sedikit menyilangkan kakinya, hingga ia mau tengkurap sendiri.

- Setelah ganti popok, biarkan ia tengkurap selama beberapa menit sambil di ajak bicara

- Gunakan mainan yang bersuara di samping bayi untuk memancingnya bergerak ke kanan atau kiri. Berikan mainan itu setelah ia tengkurap agar ia bisa asyik bermain tanpa menyadari posisinya.

Usahakan agar setidaknya si kecil tengkurap sekitar 30 menit dalam sehari. Anda bisa membaginya menjadi beberapa kali selama rentang waktu yang lebih singkat. Jangan paksa ia melakukannya ketika rewel atau tidak enak badan.

Namun, apabila bayi usia 6 bulan lebih belum bisa tengkurap sendiri, bunda patut waspada. Apalagi jika memiliki ciri-ciri seperti berikut segera konsultasikan ke dokter anak :

- Tangan dan kaki bayi tidak aktif bergerak.

- Tangan belum mampu memegang sesuatu.

- Kepala dan leher bayi tidak bisa tegak, baik pada saat ditengkurapkan atau digendong dalam posisi berdiri.

- Bayi belum mau memiring-miringkan tubuhnya sama sekali.

- Berat badan bayi tidak terlalu gemuk.

Jadi, sudah seharusnya Bunda mengkonsultasikan segera kepada dokter Bunda khususnya dokter anak mengenai perkembangan buah hati Bunda apabila menemui ciri-ciri diatas.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengajak si Kecil Membalikkan Badannya "Sebagian Bunda merasa resah jika buah hatinya belum menunjukkan kemajuan dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Misalnya pada masa pertumbuhan, Bunda selalu mengecek setiap bulan apakah berat badan, tinggi badan dan lingkar kepalanya tumbuh normal. Begitu juga perkembangannya, apakah si kecil sudah bisa menggerakkan anggota tubuh, bersuara atau membalikkan badannya.

Nah, masalah membalikkan badan ini kerap kali meresahkan Bunda. Jika pada usia tertentu bayi Bunda belum bisa membalikkan badannya Bunda perlu mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Usia berapa normalnya bayi bisa membalikkan badan?

Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan bayi, usia 4 bulan adalah usia di mana pertumbuhan otot dan tulang panggul, lengan serta punggungnya berada pada titik optimal. Pada usia ini bayi sudah mulai tengkurap dan melakukan tumpuan badan pada kaki, lalu terlentang dengan mengangkat dada dan bertumpu pada lengannya.

Variasi gerakan akan bertambah pada saat usianya memasuki 5 bulan. Karena otot leher dan tangannya semakin kuat. Ia mampu membalikkan badannya saat posisi terlentang dengan menggunakan tangannya untuk mendorong dan berguling.

Jika tahap ini bisa dilakukan maka untuk ke depannya ia tidak kesulitan ketika harus mengatur keseimbangan tubuhnya saat belajar duduk dan berdiri.

Bagaimana kalau belum bisa?

Memang ada juga bayi yang dalam usia 4-5 bulan belum bisa membalikkan badannya. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi pemicunya. Bisa saja si kecil mengalami kelainan seperti kelainan organis, kelainan otak atau kelainan tulang. Atau bisa juga karena ia kurang diberikan stimulasi.

Perhatikan, apakah secara fisik bayi Bunda tampak normal? Kalau ya, kemungkinan besar dia hanya kurang distimulasi.

Pemberian stimulasi dapat dilakukan dengan cara membantunya saat ia terlihat mulai memiring-miringkan badannya ke satu arah sampai berhasil pada posisi telungkup. Tentu saja membantunya dengan perlahan ya, Bun. Karena salah-salah bayi malah merasa kesakitan.

Atau bisa juga Bunda memberikan mainan untuk menarik perhatiannya supaya dia mau membalikkan badannya.
Selamat Mencoba...


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rizkainsani " dengan judul pertanyaan "Anak 8 bulan 10 hari belum bisa duduk dan merangkak " pada Tanya Dokter:siang Dok, anak saya perempuan sekarang usianya 8 bulan 10 hari. sampai saat ini belum bisa duduk dan merangkak, merangkak dengan perut ("ngelasut") juga belum bisa. apa ada kelainan atau itu normal ya dok? mengingat anak saya lahir sebelum usia kandungan 9 bulan. apa yang bisa saya lakukan untuk merangsannya agar bisa cepat duduk dan merangkak?? trimakasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pertumbuhan dan perkembangan pada tiap anak tidaklah selalu sama. Ada anak yang mengalami perkembangan lebih dahulu dari rata-rata anak seusianya, ada juga yang sedikit terlambat namun masih dalam batas yang sehat. Bila anak Bunda tidak ada gangguan motorik, menanggapi dan dapat berkomunikasi dengan baik, mungkin hanya membutuhkan bimbingan lebih dalam perkembangannya. Namun meskipun demikian, menilai dan mendiagnosa apakah seorang anak memiliki gangguang pada pertumbuhan dan perkembangannya membutuhkan pengamatan dan pemeriksaan yang lebih lagi oleh dokter. Bunda dapat memberikan latihan pada anak Bunda, janganlah menyerah dalam memberikan latihan namun disesuaikan dengan kemampuan anak Bunda. Bunda dapat menaruh dalam posisi tengkurap agar bayi bertumpu pada perutnya dan membantunya bila ingin membalikkan badan atau mulai belajar menopang tubuhnya dengan tangan dan lututnya. Rangsang gerakannya dengan memberikan mainan kesukaannya beberapa langkah di depan bayi Anda agar Ia mau bergerak meraihnya. Kadang seorang anak dapat melewati suatu fase belajar seperti tidak melakukan merangkak namun langsung melakukan belajar berjalan meskipun jarang terjadi. Ada baiknya untuk membawa ke dokter atau klinik tumbuh kembang anak untuk pengamatan dan kesimpulan lebih lanjut.

Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter