SITE STATUS
Jumlah Member :
489.780 member
user online :
1069 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Haid Pasca Keguguran


Haid Pasca Keguguran
Hi Bun,
Saya Keguguran yg ke2Xnya tgl 22 s/d tgl 26 2017 & s/d skrg saya belum dpt haid ?
saya cba TP hasil -
mohon solusinya
makasih bunda
11 Feb 2018, 15:31
Dari : Nurbaya Latief

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hamil Kembali Setelah Keguguran (Part II) " :Bila minggu lalu situs kesayangan Bunda ini mengulas tentang pengertian keguguran dan penyebabnya, minggu ini Infobunda akan menjelaskan langkah yang perlu Bunda lakukan untuk dapat hamil kembali setelah keguguran.

Setelah mendapatkan penanganan pasca keguguran lakukanlah konsultasi pada dokter untuk menyiapkan kehamilan kembali. Berikut langkah-langkah yang dapat Bunda lakukan supaya segera hamil kembali :

-Periksa Kondisi Kesehatan
Hal pertama yang harus dilakukan pasca keguguran adalah melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti kesehatan tubuh, kondisi reproduksi Bunda, tingkat kesuburan dan hal lainnya sesuai dengan petunjuk dari dokter Bunda. Akan lebih baik jika suami juga ikut melakukan pemeriksaan bersama.

-Pola Hidup Sehat
Sebisa mungkin jagalah berat badan Bunda tetap dalam berat badan ideal. Untuk menjaga stamina tetap fit, lakukanlah olahraga dengan rutin. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak asam folat karena asam folat dapat meningkatkan kualitas sel telur. Dengan menjaga pola hidup tetap sehat diharapkan proses pembuahan akan segera terjadi.

-Ketahui Masa Subur (Ovulasi)
Beberapa wanita tidak tahu kapan mereka berada dalam masa subur. Bila ingin segera hamil, pelajarilah bagaimana caranya untuk mengetahui masa subur, seperti menghitung sistem kalender, mengukur suhu tubuh, memeriksa cairan setelah menstruasi. Bila ingin praktis, saat ini sudah ada alat untuk mendeteksi masa subur. Lakukanlah hubungan intim lebih sering pada masa subur (2-3 kali seminggu).

-Posisi berhubungan
Meski tidak ada penelitian tentang ini, beberapa ahli percaya bahwa posisi pria di atas saat berhubungan dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan. disarankan wanita mengganjal bantal dipinggulnya supaya mulut rahim dapat menampung sperma lebih banyak.

Bila hal di atas telah dilakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa supaya Tuhan segera mengabulkan impian Bunda dan suami untuk segera hamil lagi. Jangan kuatir, Bun. Banyak contoh kasus pasangan yang telah menunggu bahkan hingga puluhan tahun demi memeluk buah hatinya, dan akhirnya kini impian mereka terwujud. Tetap semangat Bunda!

Tips:
-Bergabunglah dalam komunitas para Bunda yang juga memiliki kondisi yang sama. Dengan begitu Bunda bisa berbagi pengalaman dan saling menguatkan.
-Jangan lakukan olahraga berlebihan. Olahraga yang berlebihan justru akan menurunkan kualitas sel telur dan sperma.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Alriyanthy MaRia Makagiantang " dengan judul pertanyaan " Ingin hamil pasca keguguran berulang " pada Tanya Bidan:Selamat Pagi Bunda.
Bunda mau tanya, saya kan pernah keguguran 2x,, apa ada resiko saya bisa hamil lagi??
Lalu saya sudah 2bulan ini belum menstruasi, tapi belum ada tanda" kehamilan.
Terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Alriyanthy Maria Makagiantang,
Pada bunda yang pernah mengalami keguguran, memiliki resiko lebih tinggi mengalam keguguran berulang yang disebut RPL ( Recurret Pregnancy Loss ). Bunda yang pernah mengalami keguguran sekali, resiko kehamilan berikutnya mengalami keguguran meningkat sekitar 6 persen. Jika sudah 2 kali keguguran, untuk keguguran ketiga kalinya akan meningkat sekitar 15 sampai 20 persen. Dan pada kehamilan ke 4 akan meningkat lebih dari 30 persen. Pada PRL, penyebab keguguran harus dicari agar lebih mudah ditangani pada kehamilan berikutnya. Apakah keguguran terjadi dibawah 10 minggu atau diatas 10 minggu. Selain pemeriksaan bentuk rahim, kekentalan darah, hormon tiroid dan kencing manis pada bunda juga harus di periksa.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " WidyaDeny " dengan judul pertanyaan " Keguguran " pada Tanya Dokter:Apakah keguguran itu ada pantangan makanan dan aktivitas nya? Dan salah keguguran, sebaliknya bagaimana agar bs cepat hamil kembali dok?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Saya turut prihatin dengan keguguran yang bunda alami. Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter