SITE STATUS
Jumlah Member :
497.424 member
user online :
1606 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Mengatasi Anak Rewel


Mengatasi Anak Rewel
Anak saya kadang nangis, setelah di gendong dia diam tapi dia udah mau nyusu lagi tapi pas di kasih asi dia malah nangis
01 Jan 2018, 19:38
Dari : Eka Apriani Lambe

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tips Menghadapi si kecil yang Rewel " :Menghadapi perilaku bayi memang menyenangkan tetapi terkadang juga membuat lelah, terutama bila bayi rewel dan menangis sepanjang waktu. Sebenarnya wajar saja bila bayi menangis, karena menangis adalah satu-satunya cara ia untuk berkomunikasi. Tugas Bunda adalah mencari tahu mengapa bayi Bunda rewel, supaya ia bisa tenang kembali. Tetapi sepertinya Bunda sudah melakukan segala cara untuk menenangkannya namun ia masih saja menangis. Bila begitu Bunda pun bisa ikut menangis dan stress. Tenang, Bun! Tidak hanya Bunda yang mengalaminya. Hampir semua Bunda apalagi Bunda baru akan mengalami hal ini. Yuk, intip tipsnya bagaimana menghadapi si kecil di saat ia rewel.

Perlu Bunda ketahui bahwa bayi menangis pasti ada sebabnya, misalnya saja diapersnya terlalu basah, lapar, mengantuk, bosan, dll. Jadi bila Bunda melihat si kecil menangis terus menerus, cobalah untuk memeriksa tubuhnya kira-kira apa yang membuatnya menangis. Bila ia masih saja rewel, berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menenangkannya.
1.Bedong
Jangan berpikir bedong adalah membungkus bayi dengan kuat sampai ia tidak bisa bergerak. Tujuan membedong bayi yaitu untuk membuatnya hangat, merasa terlindungi dan nyaman seperti saat ia berada di rahim Bunda. Pastikan saat dibedong tangan dan kaki bayi masih dapat bergerak.

2.Menggendong telungkup
Bila biasanya Bunda menggendong bayi dengan kepala menghadap ke atas, cobalah dengan cara sebaliknya. Gendonglah bayi dengan cara menelungkupkannya. Biarkan ia melihat ke arah bawah. Saat tangan Bunda menyanggah perutnya, tekanan lengan Bunda dapat membantu melepaskan gas di perut yang bisa membuatnya tidak nyaman.

3.Bunyian lembut
Putar bunyi-bunyian lembut untuk membantu menenangkannya. Musik atau lagu lembut dapat membuatnya tidur lebih nyenyak dan lama. Bunyi-bunyian lembut ini bahkan bisa tetap membuatnya terlelap meski lingkungan sekitarnya sedikit berisik.

4.Diayun-ayun
Bayi senang sekali diayun-ayun. Ia akan cepat tidur pulas saat diayun. Bila tidak memiliki ayunan di rumah, Bunda bisa menggendong dan mengayun-ayunnya atau letakkan bayi di car seat dan bawalah bayi keliling perumahan sebentar dengan mobil. Tetapi bila Bunda mengantuk sebaiknya cukup ditimang-timang saja.

5.Pijat
Pijat adalah cara yang paling menyenangkan dan tepat membuat si kecil nyaman. Memijat bayi menumbuhkan bonding antara bayi dan Bunda. Perhatikan bagaimana nyamannya si kecil saat Bunda pijat. Lihat wajahnya yang senang, gerakannya yang riang, menandakan bahwa ia begitu menikmati pijatan Bunda.

6.Sendawakan
Beberapa bayi yang rewel karena tidak bisa bersendawa setelah minum susu. Sendawakanlah terlebih dahulu sebelum membawanya tidur.

7.Ke dokter
Bila si kecil masih terus rewel bahkan menangis seharian, sebaiknya Bunda temui dokter anaknya. Periksakan apakah si kecil merasakan tidak nyaman dari hal lain.

Nah, Bun! Itulah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan. Jangan stress lagi ya, Bunda. Bila ragu Bunda jangan segan untuk menghubungi dokter anaknya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Jabut " dengan judul pertanyaan " Bayi Menangis atau Rewel " pada Tanya Bidan:bayi saya umur 20 hr..tangisan bayi saya sangat kuat/kenceng sejak baru lahir..tapi sekarang suara tangisannya sampai terdengar serak.....setiap nangis tak ada seorangpun yg bsa menenangkan bayi saya selain saya,apa sih yang sedang di alami bayi saya dok? mohon infonya,terimakasih.

Bidan menjawab
Dear bunda Jabut,
Kebiasaan menangis bervariasi dari bayi ke bayi. Ada berbagai alasan bayi menangis terus, mulai dari yang sederhana sampai yang lebih serius. Salah satu alasan kenapa bayi rewel terus, adanya gangguan perut ( kembung, sembelit dan tidak bisa buang gas ). Seringkali cara yang paling efektif menangani bayi yang rewel dan membuatnya tenang dengan menyusui atau menggendongnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Firdin " dengan judul pertanyaan " Anak rewel " pada Tanya Dokter: Alo dok,anak sy usia 22bulan sgt aktif.tetapi g doyan buah,hny jeruk saja itupun kdgkala..suka snack kripik asupan nasiplg byk 8sdm.alhamdulillah susunya kuat.. Sy bingung.anak udah demam 3 harian..gusinya turun kbwh.panasnya 39'c.sy cek lidah nya luka smcm jamur bgitu..sy kasih sanmol n mycostatin.agak bkurang.tp dy klo dikasih dot ngis g mw jerit ngis mgkin krn dot kna luka ato laktosax...dsendokin jg g mw tkut itu obat.sy kuatir krn dy g mnum susu cuma teh dan airputih sj..dln keadaan dkit bgini..dy msih sgt aktif..saya d mama g tdur 36jam Krn itu...mohon solusi segera..trims dokt

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Anak kecil tidak dapat menyampaikan keluhannya dengan baik, maka itu Ia akan menangis, rewel atau tidak mau makan saat mengalami keluhan fisik. Sebaiknya Bunda tidak memberikan pengobatan anti jamur maupun antibiotik tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Bila anak mengalami demam (suhu badan di atas 37,8 derataj Celcius) ataupun mengalami nyeri maka Bunda bisa memberikan pertolongan pertama dengan obat parasetamol. Untuk membersihkan jamur pada lapisan dinding mulut maupun lidah, Bunda dapat menggunakan kain kassa steril yang di basahi dengan air hangat matang dan menyapu lapisan putih pada dinding dan lidah anak dengan kassa tersebut. Lilitkan kassa steril basah tersebut pada jari telunjuk Bunda,oleskan kassa tersebut sampai lapisan putih pada lidah dan dinding mulut tersebut bersih. Bila jamur pada dinding mulut dan lidah menempel kuat terkadang terjadi perdarahan ringan bersamaan dengan pembersihan tersebut dan masih dalam batas normal. Namun, Bila Bunda tidak mengetahui penyebab pasti rewelnya anak bunda, periksakan segera kepada dokter.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum