SITE STATUS
Jumlah Member :
508.300 member
user online :
432 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - bintik merah pada muka bayi


bintik merah pada muka bayi
dok.. anak sy ada bintik merah pada muka.. lumayan banyak.. kemarem sempet di kasih obat bentason.. boleh apa tidak ya dok?
13 Dec 2017, 23:41
Dari : Mohammad Chairul Ulum

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Rani Sapoetra" dengan judul pertanyaan " muka bayi merah dan kasar " pada Tanya Bidan:bu bidan saya mau tanya wajah anak saya pada bintik-bintik merah dan kasar dan ada yg mengelupas
itu kenapa ya bu bidan
kata orang sini sih karna kena asi apa benar asi bisa menyebabkan seperti itu dan jika benar apa ada obat buat menyembuhkannya
mohon bantuannya
terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Rani Sapoetra,
Sepertinya ananda menderita dermatitis atopi yaitu suatu kelainan kulit berupa ruam yang terlihat kering, kasar, merah, dan melepuh. Hal ini bukan karena terkena ASI, tetapi dipicu dari alergen yang ada pada makanan bunda ( pada ASI eksklusif ). Alergi cendrung diturunkan. Untuk mengatasi keluhan, disarankan untuk menjaga kulit ananda tidak terlalu kering dengan memandikannya secara teratur, menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung parfum, memberikan krim bayi yang lembut bila kulit terlihat lebih kering, hindari menggaruk, hindari perubahan suhu ruang yang mendadak ( dari ruangan yang begitu dingin ketempat ruang yang terlalu panas ) dan bunda harus menghindari makanan yang dapat mencetuskan timbulnya alergi. Apabila keluhan tidak membaik, segera periksakan keadaan ananda pada dokter spesialist anak untuk terapi yang tepat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " lionking " dengan judul pertanyaan " Bintik-Bintik Merah pada Muka Bayi " pada Tanya Dokter:Salam doc, Bayi saya usia 2,5bln mukanya bintik2 merah dan kasar doc.di daerah pipi dahi dan dekat mulut Kadang hilang kadang timbul,dan bertekstur kasar. Apakah penyebab dr bintik tsb ya doc? Apa tidak cocok dengan cream nya atau gmn ya? ASI saya sdh tdk keluar,saat ini anak sy minum sufor s26 gold. Mohon bantuannya doc.terimakasih..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda neeta pramana (lionking), Kemungkinan anak bunda mengalami dermatitis atopic atau biasa disebut dengan eczema, hal ini biasanya diturunkan secara genetik. Hal yang perlu dilakukan adalah menghindari penyebab alergi ini, karena keadaan ini termasuk dalam keadaan alergi. Gunakan sabun bayi dan shampoo bayi yang lembut dan non atau hypo allergic, keringkan kulit setelah mandi dan oleskan baby cream yang lembut dan bersifat hypo allergy. Keringkan pipi dan kulit bayi setelah menyusui, jauhkan dari debu dan bahan-bahan yang bersifat kasar, gunakan detergent yang lembut untuk menyuci baju dan perlengkapan bayi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak anda untuk memastikan bahwa keadaan ini adalah eczema, biasanya dokter anda akan memberikan cream topikal anti alergi. Harap tidak memberikan obat-obatan kepada bayi anda tanpa pemeriksaan terlebih dahulu.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nia Karunia " dengan judul pertanyaan " Salep untuk bekas ASI di pipi bayi " pada Tanya Apoteker:nak saya berumur 1,5 bln. dulu dipipinya ada semacam bintik2 merah seperti ruam tetapi kmudian berubah mjd kering lalu mengelupas. Lalu saya oles dengan Pure Baby yang saya beli di apotik atas saran kakak saya. sekarang ruam itu jadi bercak putih meskipun kulitnya sudah halus. bagaimana cara menghilangkan bercak putih itu? apa bisa hilang? kira2 salep yg aman apa ya untuk menghilangkannya? trima kasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Terima kasih atas pertanyaannya.
Berikut saya jelaskan kondisi kulit yang sering dialami bayi.
-Jerawat Bayi (Bintik pink seperti jerawat)
Hal ini disebabkan paparan saat di dalam rahim terhadap hormon maternal. Kondisi ini tidak membutuhkan perawatan, karena akan hilang dengan sendirinya.

-Erythema toxicum
Bisul merah dengan bintik putih atau kuning ditengah. Hal ini belum diketahui penyebabnya tapi tidak membutuhkan perawatan, karena akan hilang dengan sendirinya.

-Kulit kering dan mengelupas dapat terjadi pada semua bayi normal tapi sangat terlihat pada bayi yang terlambat lahir.

-Benjolan putih pada hidung dan wajah (milia) disebabkan karena ada hambatan pada kelenjar minyak. Saat kelenjar minyak bayi membesar dan membuka dalam beberapa minggu, benjolan tersebut akan hilang.

-Bercak merah yang sidebabkan oleh paparan hormon maternal. Bercak ini akan hilang dalam beberapa minggu.

-Jaundice (bayi kuning) terjadi saat kulit bayi menguning. Hal ini disebabkan karena jumlah bilirubin yang terlalu tinggi. Hal ini diatasi dengan pemaparan sinar, biasa dilakukan dalam inkubator.

-Seborrhea sering terlihat pada bayi umur 1-2 bulan. Beminyak, kerak putih yang terlihat dikepala dan dapat termasuk ruam merah pada wajah, dibelakang telinga, leher dan bahkan pada ketiak. Silahkan berkonsultasi dengan dokter saat ini terjadi.

-Eksim
Bercak merah gatal pada kulit, biasa terjadi pada dada, tangan, kaki, wajah, siku dan belakang lutut bayi. Hal ini disebabkan oleh kulit kering, sensitif dan terkadang bisa disebabkan juga oleh alergi. Saat ini terjadi :

o Gunakan sabun yang lembut

o Gunakan detergen yang lembut untuk pakaian bayi.

o Gunakan moisturizer

o Jika terus berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter.

-Biang keringat terlihat seperti benjolan merah kecil di daerah yang sering berkeringat seperti di leher, daerah popok dan ketiak. Atasi dengan tetap membuat daerah tersebut kering dan hindari kepanasan dengan memakaikan pakaian yang menyerap keringat dan lebih longgar.

-Infeksi jamur.
Infeksi jamur pada lidah terlihat seperti susu yang mengering tapi tidak bisa dibersihkan. Pada daerah popok, terihat seperti ruam merah dengan benjolan. Untuk infeksi jamur, berkonsultasi dengan doketer untuk mendapatkan antifungal gel atau antifungal drops.

Dari kondisi yang bunda jabarkan, sepertinya anak bunda mengalami jerawat bayi, Hal ini tidak perlu perawatan, pastikan saya area tersebut bersih dan kering.
Demikian jawaban saya,
Semoga membantu


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker