SITE STATUS
Jumlah Member :
506.354 member
user online :
338 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - payudara


payudara
Sore dok, saya mau menanyakan mengenai payudara saya akhir2 ini di hisap suami saya rasanya aneh. Apa sebenarnya yg terjadi sama payudara saya dok? Makasi
07 Nov 2017, 17:34
Dari : swadaya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kenali Dua Jenis Kanker Musuh Wanita! " :
Siapa sih yang tidak tahu betapa bahayanya penyakit kanker? Penyakit ini terkenal paling sering mematikan pasiennya. Dari sekian banyak jenis kanker, ada dua yang paling sering menyerang wanita, yakni kanker serviks dan kanker payudara. Sebagai wanita Bunda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya supaya terhindar dari dua penyakit yang paling ditakuti wanita ini.

Kanker Serviks
Kanker serviks adalah kanker mulut rahim yang 99,7% disebabkan HPV (Human Papilloma Virus). Tidak semua HPV menimbulkan kanker serviks. Ada yang hilang dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh, ada yang berkembang menjadi kanker serviks. Di Indonesia tercatat lebih dari 15.000 kasus terjadi setiap tahunnya. Selain HPV kanker serviks disebabkan karena radiasi atau pencemaran bahan kimia.
Mengingat kematian yang disebabkan kanker serviks terus meningkat, Bunda perlu melakukan upaya pencegahan, seperti :
• Konsumsi pola makan 4 sehat 5 sempurna. Asam folat dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks.
• Hindari merokok dan tempat-tempat yang penuh asap rokok.
• Melakukan hubungan badan hanya pada satu orang saja.
• Bagi yang sudah menikah khususnya bila usia di atas 35 tahun lakukan tes papsmear secara rutin setiap tahun untuk mendeteksi dini adanya kanker serviks.
• Bila memiliki budget lebih lakukan vaksin kanker serviks (bisa diberikan untuk remaja yang belum menikah).

Kanker Payudara
Seperti namanya, kanker payudara adalah kanker yang menyerang payudara. Umumnya berupa benjolan di payudara yang tidak terasa sakit apabila disentuh dan ditekan. Awalnya benjolan ini terasa kecil namun semakin lama akan semakin membesar. Penyebab pasti kanker payudara sampai sekarang belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko kanker payudara seperti faktor genetik, penggunaan hormon estrogen dalam jangka waktu lama, obesitas, konsumsi lemak berlebihan.
Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin setelah menstruasi. Caranya dengan memijat, meraba dan melihatnya apakah ada yang mencurigakan. Rabalah sampai ke ketiak. Bila ditemukan benjolan dan tidak terasa nyeri segera lakukan pengecekan ke dokter.

Tips :
-HPV bisa berpindah melalui kloset umum. Pastikan Bunda membersihkan kloset umum sebelum menggunakannya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Vira Viona " dengan judul pertanyaan " pemeriksaan payudara " pada Tanya Bidan:salam hangat dok...
sy mau brtnya , di payudara tmn saya dbagian atas ada benjolan kecil. tidak sakit gitu dok kalo di urut2 sendiri katanya. tmn sy dsruh periksakan ke rumah sakit. lalu saat diperiksa itu apakah akan ketahuan payudara pasien masih perawan atau tidak mskpun blm prna brhub bdan . Dan apkah doktr tsbut akn membri tahukan pd kluarga pasien bhwa pasien tsb pyudra ny sdah tdk lg perwan? Terimksih

Bidan menjawab
Dear bunda Vira Viona,
Saya selaku bidan akan membantu menjawab pertanyaan Bunda.
Benjolan dipayudara belum tentu kanker, bisa saja merupakan kumpulan lemak, kumpulan cairan, kista, ataupun tumor jinak, untuk memastikannya sebaiknya segera lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialist bedah. Untuk virginitas tidak bisa diukur secara kasat mata melalui ciri fisik seperti payudara yang mengendur / pinggul yang mengendur. Keperawanan harus dilihat serta diperiksa melalui tes medis yang dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Yuvyutama " dengan judul pertanyaan " Nyeri Payudara saat menstruasi " pada Tanya Dokter:Mau tanya kenapa ya haid tpi PD sakit banget..???

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada siklus menstruasi terjadi perubahan hormonal, dan pada masa menjelang menstruasi dapat terjadi nyeri payudara yang diakibatkan peningkatan hormon estrogen dan progesteron sampai pada puncaknya. Hormon-hormon tersebut mempengaruhi bertambahnya ukuran dan kepadatan payudara, yang dapat juga disertai rasa nyeri pada payudara terutama ketika menjelang menstruasi. Untuk mengetahui apakah ada sebab lain dari nyeri pada payudara Bunda, periksakan keadaan Bunda pada dokter secara langsung.





Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel