SITE STATUS
Jumlah Member :
494.748 member
user online :
3668 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Penguat kandungan Utrogestan, aman atau tidak?


Penguat kandungan Utrogestan, aman atau tidak?
malam dok,
saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan seputar kehamilan usia kandungan muda..
haid terakhir saya tgl 29/8/2017, saya USG pertama tgl 06/10/2017 dan dokter mengatakan bahwa saya belum hamil dan diminta dtg 2 mggu lagi..
setelah 1 Minggu saya testpack dan muncul garis 2 tapi masihi samar..
di Minggu kedua saya testpack lagi dan muncul 2 garis yg sama jelas (tidak samar lagi)
tgl 20/10/2017 pagi hari timbul flek di celana dalam yg saya sadari saat buang air kecil..
malam tgl 20/10/2017 saya ke dokter spesialis kandungan untuk konsultasi seputar masalah ini dan memastikan kehamilan saya sesuai jadwal kontrol yg sebelumnya diinstruksikan dokter yaitu 2 mggu setelah kunjungan pertama.
saat di USG dokter mengatakan bahwa saya positif hamil, namun untuk menghindari kemungkinan keguguran yg ditandai dgn adanya flek ini saya diberikan resep obat penguat kandungan Utrogestan dan Folac yg diminum 1x sehari setelah makan.
pertanyaan saya :
apakah flek yg saya alami berpotensi menyebabkan keguguran dok?
dan apakah obat tersebut aman dikonsumsi setiap hari?

Terima kasih sebelumnya atas penjelasan dokter..



20 Oct 2017, 21:59
Dari : Irene Rafoloria Gultom

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Semua Spotting Berbahaya " :Di tengah kebahagiaan Bunda yang sedang hamil muda, tiba-tiba muncul flek, bercak kemerahan yang disebut spotting. Spotting umumnya dijumpai pada wanita yang tengah hamil muda, namun spotting yang terjadi dalam kurun waktu yang lama bisa jadi merupakan tanda keguguran. Sebelum panik dibuatnya, yuk cari tahu tentang si spotting ini!

1.Tidak semua flek yang muncul merupakan tanda keguguran. Flek atau spotting dalam volume sedikit, tidak dalam kurun waktu yang lama dan tidak nyeri biasanya tidak perlu dicemaskan.

2.Proses pelekatan sel telur pada dinding rahim bisa menimbulkan spotting. Biasanya kondisi ini tidak membahayakan selama tidak terjadi komplikasi lain.

3.Spotting juga bisa muncul karena terjadi peradangan pada mulut rahim. Selain itu hubungan suami istri saat hamil muda bisa juga menimbulkan spotting karena mulut rahim menjadi lebih lunak.

4.Embrio yang gagal berkembang dan sel telur yang menempel di luar dinding rahim (kehamilan etopik) ditandai dengan spotting hingga perdarahan yang cukup banyak. Kondisi ini membahayakan karena bisa mengancam nyawa Bunda.

5.Perdarahan yang berlangsung terus menerus dengan jumlah volume yang semakin banyak dapat berujung pada keguguran. Terlebih lagi bila disertai nyeri di sekitar perut . Segera datang ke Rumah Sakit bila Bunda mengalami kondisi seperti ini.

6.Jika keadaan Bunda mengkuatirkan, dokter dapat memberikan obat untuk mempertahankan kehamilan. Yang terpenting Bunda harus tetap tenang, berisitirahat yang cukup dan jangan dulu berhubungan suami isteri.

7.Hentikan kegiatan berolahraga sejenak bila Bunda mengalami spotting. Sebaiknya berbaring dan beristirahatlah. Bila Bunda bekerja di luar rumah, mintalah ijin pada atasan Bunda dan bersantailah di rumah.

8.Bila Bunda memiliki riwayat keguguran, dokter akan memberikan obat penguat (support) sebagai upaya pencegahan keguguran berulang. Jangan asal minum obat penguat, konsultasikan dulu ke dokter Bunda.

9.Jangan menyalahkan diri Bunda bila muncul spotting. Spotting yang terjadi bukan dikarenakan aktivitas dan makanan tertentu. Hal ini terjadi karena memang adanya faktor genetik seperti kelainan kromosom.

10.Kelainan kromosom yang terjadi dapat berujung pada perdarahan dan keguguran. Ini merupakan proses alami karena rahim menemukan ‘benda asing’ dan akan mengeluarkannya secara natural.

Setelah mengetahui tentang spotting Bunda kini tahu bagaimana harus menyikapinya. Semoga Bunda dan janin Bunda sehat terus ya!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "rully handayani " dengan judul pertanyaan " siang mba, saya mau tanya, apakah baik meminum obat utrogestan 100mg & vitamin alora setiap hariapakah bisa membahayakan janin atau tidakterima kasih" pada Tanya Bidan:siang mba, saya mau tanya, apakah baik meminum obat utrogestan 100mg & vitamin alora setiap hari
apakah bisa membahayakan janin atau tidak
terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Rully Handayani,
Utrogestan adalah turunan progesteron, digunakan sebagai Luteal Support atau sebagai obat penguat kandungan. Tidak masalah mengkonsumsi utrogestan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Demian juga dengan konsumsi vitamin alora, aman di konsumsi sesuai dengan dosis yang diberikan oleh bidan atau dokter.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Widya Syamsa Adjiee " dengan judul pertanyaan " Flek pada usia kehamilan 5 minggu " pada Tanya Dokter: Dok saya sedang hamil uk 5w ini kehamilan saya yang pertama dok... kenapa yah dok saya sering banget flek coklat kadang sedikit kadang lumyan byak... saya sudah bedrest dan kurangi aktifitas yg terlalu berat tapi msih sering keluar flek... saya jg sudah minum obat penguat dr dokter tp tetap saja... apa kejadian seprti ini wajar pda awal kehamilan, apa ada keabnormalan dg kandungan saya dok? Tolong jawab dok trimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada ibu hamil, tidak pada umumnya mendapatkan perdarahan atau flek. Meskipun terkadang keluhan perdarahan dapat terjadi pada awal kehamilan.
Perdarahan dan ancaman aborsi pada kehamilan dapat disebabkan oleh multifaktoral bahkan tidak diketahui sebabnya. Penyebab yang umum pada perdarahan pervaginam ketika hamil adalah adanya masalah pada plasenta, plasenta menutupi jalan lahir dan lain-lain. Dilakukannya bed rest sebagai upaya untuk mencegah terjadinya aktivitas yang mengakibatkan timbulnya perdarahan per vaginam, hal ini dilakukan sampai perdarahan berhenti. Setelah itu, kurangi jumlah aktivitas karena dapat kembali menyebabkan terjadinya perdarahan. Selalu melakukan check up kehamilan dan datang kembali kepada dokter bila terjadi perdarahan meskipun tidak sesuai dengan jadwal check up Anda.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mamalody " dengan judul pertanyaan " Vitamam dan Utrogestan 100 Mg " pada Tanya Apoteker:Siang dok
kemarin saya check kandungan di RSIA daerah bekasi dan diinfokan detak jantung janin ku lemah dokter memberikan resep obat Vitamam dan utrogestan 100mg,apakah fungsi vitamam dan utrogestan dapat menguatkan detak jantung janin saya? mohon pencerahannya dok

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Noor,
Vitamam adalah suplemen untuk wanita hamil terutama semester kedua. Utrogestan mengandung progesteron yang merupakan hormon yang penting untuk rahim.

Keduanya tidak berfungsi secara langsung dalam memperkuat detak jantung janin namun secara tidak langsung menjaga kesehatan janin.
Terima kasih

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :