SITE STATUS
Jumlah Member :
501.002 member
user online :
1378 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


kista
selamat siang dok, saya mau tanya.saya menikah 16 desember 2016.usia 24 th, bb 38 tinggi 161.saya punya keluhan menstruasi tidak teratur & tidak lancar. tgl 23-28 des 2016 saya haid.setelah selesai haid saya berhubungan & mengkonsumsi susu prenagen esensis.januari-februari 2017 saya sering pusing dan mual coba ditespek hasilnya negatif.tgl 17 feb saya terjatuh dr motor posisi tengkurap. 2 jam setelang jatuh saya kram dan pendarahan seperti haid sampe tgl 28 feb (saya tidak tau ini haid biasa apa pendaraan tp saya tidak periksa).maret tidak haid. tgl 7-14 april haid.tgl 1-8 & 19-24 mei haid (1bulan haid 2x).seminggu setelah haid atau awal juni saya merasakan sakit dibagian perut kiri tembus pinggul & menjalar ke paha betis dan kaki.saya coba tespek negatif.saya coba lab urine & darah hasilnya urobilin positif 2 & asam urat tinggi.saya mulai takut karena setelah menikah saya belum pernah periksa ke bidan atau dokter.saya coba usg di bidan ada jaringan/kelenjar di dinding rahim tp beliau tidak mau menjawab itu apa dg alasan bukan kewenangnnya, saya dikasih obat pereda nyeri & disarankan ke spesialis kandungan.karena sakit yg saya rasakan belum hilang saya coba priksa ke spog.ketika saya di usg dokter bilang rahim saya normal tidak ada kista myom atau tumor.mungkin yg dimaksud ibu bidan itu keputihan atau sisa2 menstruasi yg tidak keluar dan menjadi infeksi.saya dikasih obat norelut buat peluntur haid.katanya dinding rahim saya tebal itu yg membuat sulit punya anak.selama 4 hari saya minum obat norelut saya merasa badan saya berat sakit semua lemes pusing dan karena takut saya berhenti minum obat.2 hari setelah itu saya menstruasi tgl 17-20juni.saya mulai lupa dan tidak merasakan rasa sakit itu lagi(saya pikir efek mau haid cuma rasa sakitnya yg beda).tgl 31juli-4agust haid.seminggu setelah itu saya merasakn sakit itu kambuh lagi.14-17 agust keluar flek coklat ke pink2an(seperti kalo mau datang bulan).saya sering pusing mual & lemes.coba tespek negarif.karena saya sudah tak tahan dg sakit ini saya coba usg lagi di spog yg berbeda.ketika di usg dokter bilang ada kista di indung telur kiri sebesar 2,7cm.saya merasa down.ketika saya tanya apakah harus oprasi.dokter bilang masih bisa diobati dan saya disaranakan hub 2 hari sekali sedangkan saya LDR (hubungan 1 atau 2 minggu sekali).saya dikasih obat coxavit 30 tablet diminum sehari 1x.setelah obat habis disuruh kontrol bulan depan.dokter juga bilang usg paling bagus disaat menstruasi.saya bingung antara meminum obat ini atau tidak karena suami juga melarang dg alasan obat2 an tidak baik & belum tentu itu kista(salah diagnosa).yg ingin saya tanyakan apakah coxavit itu, sejenis obat/vitamin & amankah/ada efek samping kah bila saya konsumsi?? jujur saya gelisah.seperti ada yg masih mengganjal dihati saya.kenapa hasil usg dokter yg sekarang berbeda dg dokter yg sebelumnya.perlukah saya periksa lagi untuk second oponion (memastikan kegelisahan saya)?? mohon dijawab.terimakasih
24 Aug 2017, 12:55
Dari : Mariya Novita

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Jenis Kista pada Ovarium " :Bila minggu lalu Infobunda membahas tentang Miom, minggu ini Kita akan membahas tentang Kista. Banyak yang belum tahu dan menganggap bahwa Kista dan Miom adalah sama. Meskipun memiliki gejala yang hampir serupa, tetapi kista dan miom berbeda. Berikut poin-poin penjelasan tentang kista;

1.kista adalah tumor jinak yang terbungkus jaringan di organ reproduksi. Kista ada yang berisi cairan kental, berisi udara, nanah, rambut dan berbentuk seperti anggur.

2.Kumpulan sel-sel tumor kista terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Untuk itu kista sangat mudah diangkat dan umumnya tidak membahayakan penderitanya.

3.Kista yang umum ditemui pada ovarium ada dua, yaitu:

a.Kista Cokelat
Kista cokelat dikenal dengan sebutan kista endometriosis. Kista ini tumbuhnya di permukaan ovarium dan menyerang bagian dalam ovarium. Dikatakan kista cokelat karena kista ini berisi penumpukan darah yang berwarna kecokelatan. Besarnya kista cokelat bisa seperti kacang hingga buah anggur.

-Hingga saat ini penyebab pastinya kista cokelat belum diketahui secara pasti. Tetapi banyak ahli mengatakan penyebab kista cokelat karena proses inflamasi atau radang dan ketidakseimbangan hormon.

-Gejala yang muncul seperti perut terasa kembung dan berat. Selain itu keluhan susah buang air kecil juga muncul. Siklus haid penderita juga menjadi tidak normal. Sering merasa mual, muntah, dan juga mengalami masalah kesuburan.

-Untuk kasus yang ringan, kista cokelat bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk kista cokelat yang berat perlu dilakukan pengobatan dengan pemberian obat dan juga operasi.

b.Kista Ovarium
Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat di dalam ovarium. Sama seperti kista cokelat, kista ovarium ada yang bisa hilang sendiri tetapi ada juga yang perlu pengobatan khusus.

- gejala kista ovarium yang muncul seperti menstruasi tidak teratur, nyeri pada tulang panggul, sering buang air kecil, pencernaan tidak lancar, kembung dan juga sulit buang air besar.

- kista ovarium bisa menjadi berbahaya bila berukuran besar atau hingga pecah. Bila kasus seperti ini tentunya harus dilakukan pengangkatan kista melalui operasi.

4.Penderita kista berkisar antara usia 20-30 tahun. Wanita yang telah memasuki masa menopause memiliki resiko yang tinggi untuk menderita kanker ovarium bila sebelum menopause mengalami kista.

5.Penderita kista yang telah menopause sebaiknya menjalani tes darah dan USG secara teratur untuk memastikan kista benar-benar hilang.

Nah Bunda, bila Bunda menderita kista, belum tentu itu berbahaya, periksakan terlebih dahulu ke dokter dan konsultasikan bila Bunda ingin menjalani program hamil.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " diana roky " dengan judul pertanyaan "bisakah cepat hamil bagi penderita kista " pada Tanya Bidan:assalamualaikum, salam kenal dok, saya diana dr Madura, dok mau tanya saya kmren USG hasilnya positif terdapat kista, mnurut dokter yang menangani saya kata beliau tidak berbahaya, tapi saya masih takut dok apalagi saya ingin cepat hamil, sudah 3 blan lamanya saya mnikah dok, apa saya blum hamil karena kista tersebut dok ?? saya dengar kista tidak boleh dioperasi karena efeknya susah hamil dok.. terima kasih. wassalam..

Bidan menjawab
Wa'alaikumsalam bunda Diana Roky,
Kista adalah tumor yang berisi cairan. Kista memiliki beberapa jenis, antara lain kista endometriosis yang isinya cairan kecoklatan, kista dermoid yang terdiri dari jaringan-jaringan tubuh, ada juga kista simplex yang isinya hanya berupa cairan bening. Kista bukan penyebab seseorang tidak hamil, tetapi mungkin bisa mempersulit terjadinya kehamilan. Kista akan membahayakan manakala ukurannya sudah besar. Seseorang bisa saja hamil meski memiliki kista dalam indung telurnya. Kista endometriosis dapat mengganggu kesuburan karena secara mekanik dapat menyebabkan perlengketan-perlengketan. Perlengketan ini menyebabkan pembuahan sulit terjadi. Tindakan operasi biasanya dilakukan apabila ukuran kista besar dan jika ada kemungkinan bersifat ganas. Setelah tindakan operasi biasanya pengobatan akan dilanjutkan dengan terapi hormonal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bembem " dengan judul pertanyaan " Penderita Kista apa masih bisa hamil " pada Tanya Dokter:Sore Dokter.... saya mau tanya apakah penderita kista endometriosis masih bisa hamil apa tidak??karna sekitar bulan februari 2015 saya di vonis dokter ada kista sekitar 2cm dan ketika saya cek lagi pada bulan september 2015 kista saya mnjadi 3,6cm. Lalu apakah saya bisa promil...?????

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Kista endometriosis atau kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak.Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh Anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan).Mengenai masalah kesuburan yang berkaitan dengan belum tercapainya kehamilan sampai saat ini, sebaiknya Anda beserta suami memeriksakan diri untuk menjalani tes kesuburan. Karena untuk menjadi hamil di perlukan keadan subur pada kedua belah pihak sang suami dan istri, maka itu perlu diperiksa lebih lanjut keadaan dan fungsi alat reproduksi dari kedua belah pihak. KIsta Endometriosis atau keadaan endometriosis kerap dikaitkan dengan keadaan infertilitas, karena ternyata ditemukan juga keadaan infertilitas pada beberapa wanita yang memiliki kasus endometriosis.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Novi Tri Astuti " dengan judul pertanyaan " Dokter saya didiagnosa dokter kalau saya terkena penyakit endometriosis disaat saya mau program hamil. Dokter memberikan saya obat penyubur coxavit, yang saya tanyakan dalam coxavit terkandung hormon apa aja? Terimakasih sebelumnya " pada Tanya Apoteker:

Dokter saya didiagnosa dokter kalau saya terkena penyakit endometriosis disaat saya mau program hamil. Dokter memberikan saya obat penyubur coxavit, yang saya tanyakan dalam coxavit terkandung hormon apa aja? Terimakasih sebelumnya

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Coxavit bukan obat dan tidak mengandung hormon. Coxavit adalah multivitamin yang baik dikonsumsi saat promil sehingga dapat meningkatkan kesehatan bunda dan dengan demikian diharapkan dapat membantu kesuburan bunda.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu bunda ya.
Terima kasih


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter