SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
251 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


promil
dok saya bulan juli haid tgl 12 selesai tgl 19 , dan bulan agustus ini saya blm haid , apa saya positiv tapi kemarin saya testpack hasil nya stu haris
15 Aug 2017, 18:21
Dari : Luthfiah Al-adad

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Haid Tapi Tidak Hamil " :Haid yang tak kunjung datang terkadang membuat Bunda cemas. Bisa cemas karena kuatir hamil atau sebaliknya kuatir karena belum hamil. Untuk Bunda yang menunda kehamilan, tentu terlambat haid membuat Bunda bertanya-tanya, namun bagi Bunda yang menantikan kehamilan, tentunya ini adalah pertanda baik. Segeralah tes dengan alat tes kehamilan dan lihat hasilnya.

Selamat bagi Bunda yang memang mengharapkan kehamilan dan ternyata positif. Tetapi bila hasil tes kehamilan menunjukkan negatif dan Bunda terlambat menstruasi hingga 14 hari, periksalah segera ke dokter. Sebenarnya apa sih menstruasi itu dan apa penyebabnya hingga Bunda terlambat menstruasi?
Menstruasi atau haid adalah proses peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Jika dinding rahim dan sel telur tidak luruh kemungkinan kehamilan telah terjadi. Lalu bagaimana bila Bunda tidak hamil tetapi tidak mengalami menstruasi? Apa penyebabnya hingga menstruasi tak kunjung datang?

Penyebab tidak menstruasi:
- Terlalu Lelah
Rutinitas sehari-hari yang berlebihan membuat Bunda kelelahan secara fisik. Kelelahan ini seringkali menjadi pemicu menstruasi tidak kunjung datang. Kelelahan fisik juga mengakibatkan masa mentruasi pendek.

- Stress
Bekerja berlebihan tetapi istirahat tidak cukup dapat menyebabkan stress. keadaan ini mempengaruhi produksi hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

- Penggunaan Kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil memberikan efek samping tidak teraturnya siklus menstruasi. Konsultasikan pada dokter alat kontrasepsi apa yang cocok untuk Bunda.

Bila Bunda mengalami menstruasi tidak teratur, hindari kemungkinan penyebab di atas. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu menstruasi lebih lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, olahraga cukup dan rutin, hindari stress dan beristirahat yang cukup.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "rini_zaelani " dengan judul pertanyaan " Telat Haid 16 Hari tapi TP Negatif" pada Tanya Bidan:Saya sudah telat haid 16 hari dok, tapi tespek negatif itu sudah 5 TP yg memberikan hasil negatif,
sebelumnya saya tidak pernah telat haid 1 hrpun
siklus haid saya lancar 30 hr...
yg mau saya tanyakan apakah saya hamil tapi belum bisa di deteksi kehamilannya atau bagaimna ?

Bidan menjawab
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya keterlambatan haid, dan tidak semuanya mengarah pada kehamilan. Faktor tersebut antara lain adalah masalah kesehatan fisik seperti terlalu capek, kondisi fisik yang tidak fit, serta masalah hormonal, dan penyebab yang cukup mengkhawatirkan adalah adanya penyakit dirahim seperti miom atau kista. Disarankan bunda untuk melakukan rileksasi secara fisik dan mental. Bila siklus haid tidak kunjung datang, lakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan testpack, bila hasilnya tetap negatif sebaiknya periksakan keluhan bunda pada dokter spesialis kebidanan, agar mendapatkan terapi dan tindakan yang sesuai.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ratna priyotomo " dengan judul pertanyaan " Telat menstruasi " pada Tanya Dokter: Saya sdh telat menstruasi sekitar 5 hari, tp pada telat menstruasi hari pertama saya test menggunakan alat test pribadi hasilnya adalah negatif. Pertannyaan saya apakah ada kemungkinan hasil pemeriksaan saya pribadi ada kesalahan ?? Yang saya rasakan beberapa hari ini perut sering sakit, pusing dan rasa sensitif di sekitar payudara. Apa yg harus saya lakukan ?? Thanks

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Tidak datangnya menstruasi memang dapat menjadi tanda awal terjadi kehamilan. Selain itu tanda kehamilan juga terasa nyeri dan perubahan pada payudara yaitu bertambah gelapnya daerah sekitar puting payudara, payudara bertambah kencang dan berisi. Selain itu bunda juga dapat memeriksakan beta HCG urine dengan test pack. Bila hasilnya negative maka bunda sebaiknya menunggu sampai bulan depan untuk test kembali atau pemeriksaan USG. Tidak datangnya menstruasi juga dapat terjadi di karenakan perubahan hormonal namun tidak terjadi kehamilan, hal ini juga terkadang di ikuti dengan perubahan tekstur payudara namun tidak ada perubahan warna yang bertambah gelap pada daerah di sekitar puting payudara. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter