SITE STATUS
Jumlah Member :
506.395 member
user online :
348 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Tumbuh Kembang Anak


Tumbuh Kembang Anak
Hai dok, saya punya anak cewe umur 4 tahun berat badan 11 kg. Anaknya aktif tapi nafsu makannya kurang. Saat dia mau makan banyak, gak lama setelah selesai makan dia langsung BAB. Sudah sering konsultasi sama dokter anak dan pernah test TBC tapi puji Tuhan anak saya tidak ada TBC, tapi kenapa ya anak saya tidak bisa gemuk? Tolong sarannya apa yang harus dilakukan agar anak bisa gemuk dan sehat.
15 Aug 2017, 12:56
Dari : Bunda lita

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari berita yang berjudul " Anak Gemuk Belum Tentu Sehat " :Jangan dulu bergembira bila berat badan balita Anda berada di atas normal. Pasalnya, anak gemuk belum tentu lebih sehat ketimbang yang lebih kurus. Paling tidak, dari segi tulang. Hal ini dibuktikan dalam penelitian Dr. Alon Eliakim dari Child Health and Sports Center di Meir General Hospital, Kfar-Saba, Israel.

Hasil riset yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Medicine edisi Agustus 2006 itu menunjukkan bahwa anak-anak yang kelebihan berat badan dan mengalami obesitas memiliki tulang yang lebih lemah atau rapuh ketimbang anak lain yang beratnya normal. Pada anak-anak yang kegemukan, proses mineralisasi tulangnya lebih rendah, sehingga kekuatan tulang dan kepadatan atau massa tulang mereka pun lebih rendah daripada anak normal. Pada penelitian ini tidak ditemukan adanya perbedaan kekuatan tulang pada mereka yang diberi asupan kalsium sebanyak 600 mg sehari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepadatan dan kekuatan tulang tak hanya ditentukan oleh asupan kalsium, tetapi juga oleh zat-za gizi lainnya serta sejumlah faktor lain, termasuk berat badan dan olahraga. Dengan demikian, saran sang dokter, aturlah pola makan balita Anda sehingga berat badannya normal dan tidak mengalami obesitas supaya pertumbuhan tulangnya tidak terganggu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " seischa " dengan judul pertanyaan " Anak saya berat badannya kurang " pada Tanya Dokter: saya mau tanya dok...anak saya mulai umur 2 tahun sampe sekarang 4 tahun kok berat badannya g bisa naik,,,tetap kurang,,,padahal makan jg 3X sehari,,,cm susu kadang mau terkadang jg g mau,,,suka minum air manis atau air dcampur gula,,,, mohon kasih sarannya dok,,,apa ada vitamin buat anak saya gemuk dan tetap sehat??? terima kasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Masalah tumbuh kembang anak merupakan hal yang memerlukan pemeriksaan dan pengamatan lebih lanjut. Sebaiknya mengukur pertumbuhan anak secara lengkap baik panjang, berat badan sampai lingkar kepala diperhitungkan. Dengan KMS maka dapat dilihat grafik pertumbuhan dan perkembangan anak Anda apakah masih berada dalam batas normal , di atas atau di bawah batas normal berdasarkan variabel-variabel pengukuran seperti berat badan, tinggi badan maupun lingkar kepala.

Penyebab masalah pertumbuhan dan perkembangan anak dapat bermacam-macam. Dapat disebabkan adanya masalah pencernaan sehingga nutrisi yang masuk tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, dapat juga masalah "picky eating" atau anak susah makan maupun masalah metabolisme. Sebaiknya tidak memberikan air yang mengandung gula secara rutin dalam menu makan dan minum sehari-hari untuk menghindari resiko diabetes pada anak Bunda. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat pada permasalahan ini.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bahiya " dengan judul pertanyaan " agar nafsu makan dan berat badan bertambah " pada Tanya Apoteker:Dok,anak sy umur 2thn,gmna caranya agar nafsu makan,susah klau diksh makan inginnya minum trus klau g susu,air putih.bbnya jg hnya 8kg.
Jenis makanan apa yg hrus sy berikan,agar bb anak sy bertambah sesuai dgn umurny.
Mhon infonya dok

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Bahiya,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Peningkat nafsu makan yang natural seperti fenugreek (klabet), kunyit, jahe dan ginseng dapat diberikan pada anak. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Berikan vitamin khusus anak seperti vitamin C, D, zink, kalsium dan B12. Suplemen yang dapat diberikan untuk peningkat nafsu makan seperti minyak ikan serta madu dapat meningkatkan nafsu makan.

Pemberian makanan yang tinggi nutrisi juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, karena tinggi vitamin dan mineral. Buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat dapat membantu meningkatkan nafsu makan seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberi. Buat makanan tampil semenarik mungkin. Pemberian makanan berbasis susu seperti smoothies dan yoghurt yang kaya akan serat, kalsium serta vitamin B12. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga dapat meningkatkan nafsu makan. Buatlah jadwal makan yang teratur untuk anak.
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu bunda. Terima kasih.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita