SITE STATUS
Jumlah Member :
506.392 member
user online :
365 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kontraksi saat kehamilan 31 minggu


kontraksi saat kehamilan 31 minggu
dokter mau tanya, sebelumna saya pernah kontraksi usia kandungan 27minggu, setelah bedrest sehat lagi. tapi kemarin saya pergi naik motor awalnya terasa sakit di bagian selangkangan sebelah kiri seperti keram, besoknya sakit perutnya kontraksi lagi. apa efek dari naik motor dok? agar cepet ilang kontraksi nya bagaimna dok? trims
04 Aug 2017, 11:09
Dari : Rin Rin Khoirin Nisa

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Tertipu si Kontraksi Palsu " :Menjelang kelahiran buah hati tentu Bunda dan suami sudah mempersiapkan berbagai keperluan si kecil. Selain keperluan seperti pakaian, tempat tidur bayi, bantal, dll, Bunda juga harus mempersiapkan mental dan fisik. Persiapan lain yang tak kalah penting adalah pengetahuan bagaimana ciri-ciri Bunda siap melahirkan.

Salah satu cirinya adalah munculnya kontraksi. Kontraksi timbul akibat adanya peregangan dinding rahim karena gerakan atau tendangan bayi. Bisa juga karena kelelahan. Kebanyakan Bunda hamil yang akan melahirkan anak pertama ‘tertipu’ dengan kontraksi palsu. Lho, kok ada kontraksi palsu?

Ya Bunda, kontraksi palsu atau dikenal dengan Braxton Hicks memang seringkali mengecoh Bunda hamil menjelang kelahiran. Pasalnya tandanya hampir sama yakni terasa peregangan di sekitar perut. Tetapi kontraksi palsu berlangsung tidak lama (kurang lebih 20 detik) dan lama kelamaan akan hilang. Berbeda dengan kontraksi asli yang bisa berlangsung 30 hingga 75 detik.

Berikut tanda-tanda kontraksi palsu lainnya supaya Bunda tidak keliru:
Mulas di bagian atas rahim lalu turun ke bawah. Berbeda dengan kontraksi asli yang terasa mulas disertai nyeri di bagian pinggang sampai ke perut bawah.
Bisa muncul di trimester kedua sekitar 20 minggu usia kehamilan. sedangkan kontraksi asli hanya akan muncul bila kehamilan cukup bulan, yaitu sekitar 27-40 minggu.
Terjadi satu atau dua kali dalam sehari tetapi frekuensinya tidak sering. Bila Bunda merasakan kontraksi asli, frekuensi akan semakin sering dan terasa seperti ada sesuatu yang keluar dari vagina.
Kontraksi akan hilang bila Bunda mengubah posisi. Tetapi kontraksi asli tidak akan hilang meski Bunda mengubah posisi.
Bila Bunda masih ragu apakah Bunda merasakan kontraksi asli atau palsu, kenali ciri-ciri siap melahirkan. seperti:
* Frekuensi berkemih lebih sering. Hal ini bisa terjadi beberapa minggu atau beberapa jam sebelum melahirkan.
* Keluar lendir bercampur darah.
* Ketuban pecah.
* Perut terasa kencang dalam posisi apapun; berdiri, duduk, tiduran dan juga posisi lainnya.

Tips:
* Siapkan tas berisi pakaian Bunda, pakaian si kecil, peralatan mandi, buku Rumah Sakit, kartu identitas dan uang.
* Santai saja menghadapi persalinan. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa Bunda bisa melalui semua ini. Katakan berulang-ulang dalam hati sampai rasa takut berkurang.
Selamat menyambut buah hati!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mamasiska " dengan judul pertanyaan " Bedanya kontraksi palsu dengan kontraksi asli " pada Tanya Bidan:Dok, saya mau tanya apa si beda nya kontraksi palsu dengan kontraksi asli?terima kasih dokter

Bidan menjawab
Dear bunda Mama Siska,
Braxton Hicks/ kontraksi palsu merupakan cara tubuh untuk bersiap-siap untuk mengkondisikan rahim dan jalan lahir agar nantinya siap melakukan persalinan. Kontraksi palsu memiliki sifat seperti berikut, tidak terjadi secara berkala, munculnya tiba-tiba, dapat mereda bahkan menghilang dengan istirahat, semakin lama tidak semakin kuat kontraksinya. Sedangkan kontraksi asli akan menimbulkan rasa sakit dan tekanan pada panggul serta ketidaknyamanan atau rasa sakit dipunggung atau perut bagian dalam ( selangkangan ), rasa sakit datang dan hilang secara berkala dan frekwensi serta intensitasnya akan semakin kuat seiring mendekati waktu persalinan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Aisara Padhillah " dengan judul pertanyaan " Bokong dan kaki sebelah kiri sakit saat hamil " pada Tanya Dokter: pagii dok.. saya mau tanya nihh.. akhir'' ini saya sering ngerasa sakit di bokong dan kaki sebelh kiri. kadang rasa sakitnya hilang tp cuma sebntar, dan sakitnya kambuh lagi dok..apa memng begini kalau sedng hamill, ini kehamilan pertama saya dok jd msh bingung.. mohon dijwb y dok Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda
Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :