SITE STATUS
Jumlah Member :
506.507 member
user online :
1005 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - batuk berdahak pada bayi


batuk berdahak pada bayi
dok, anak saya baru lahir usia baru 2 minggu, batuk berdahak sama flu, gimana ya cara ngobatin nya, saya sudah coba brobat tpi smua nya tdk mau ngasih obt, saya pake susu formula tidak ASI, jd smua dokter bngung mau ngasih obt apa
Hidden Image
08 Jul 2017, 16:40
Dari : Rezza Poetra

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Saat Batuk Pilek Menyerangnya " :
Kita merasa bersyukur memiliki keluarga kecil yang bahagia. Namun, terkadang kebahagiaan berubah menjadi kesedihan saat melihat si buah hati sakit. Dari sekian banyak penyakit, batuk dan pilek tergolong penyakit yang seringkali menyerang anak-anak. Mengapa si kecil mudah sekali terserang batuk dan pilek? Bagaimana cara menanganinya?

Penyebab & Gejala
Batuk pilek kerap kali muncul pada saat perubahan cuaca, biasanya dari kering ke musim hujan. Pada perpindahan cuaca ini kekebalan tubuh seseorang cenderung menurun tak terkecuali si kecil. Tetapi justru virus dan bakteri berkembang sangat baik.
Batuk pilek disebabkan oleh virus yang menyerang kekebalan tubuh si kecil. Jenis virus ini berasal dari kelompok RNA (asam ribonukleat). Selain virus, batuk pilek bisa terjadi bila terinfeksi bakteri.
Sesuai dengan namanya, gejalanya sudah pasti batuk, hidung berair dan berlendir. Biasanya disertai dengan demam.

Cara Menangani
Bunda tak perlu kuatir berlebihan. Memang menyedihkan melihatnya sulit bernapas, tetapi biasanya ia akan sembuh dengan sendirinya. Umumnya batuk pilek akan sembuh dalam 2-3 hari, tetapi bisa juga berlangsung selama 7-10 hari dan disertai infeksi bakteri. Bila lebih dari 2 minggu tidak kunjung sembuh, kemungkinan besar batuk pileknya disebabkan oleh alergi. Bunda bisa membawanya ke dokter bila ia tak sembuh lebih dari 10 hari.

Sebelum mendapat penanganan dokter, Bunda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini bila si kecil batuk pilek :
1.Hentikan sejenak penggunaan botol saat menyusu. Susui si kecil langsung dari payudara Bunda untuk menghindari tertutupnya saluran yang menghubungkan antara hidung dengan telinga.

2.Bila ingin memberinya antibiotik disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberinya antibiotik.

3.Bila demamnya mencapai 38,5 derajat celcius berikan obat penurun panas khusus anak-anak.

4.Bunda bisa melakukan penyedotan lendir di hidung bayi dengan alat penyedot khusus.

Bagaimana dengan pemberian obat?
Perlu Bunda ketahui bahwa sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkan batuk pilek, karena batuk pilek pada umumnya disebabkan oleh virus yang akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul agar tidak terlalu berat. Beberapa orangtua memang memberikan antibiotik dengan harapan si anak cepat sembuh. Namun, pemberian antibiotik yang terlalu sering justru membuat bakteri dalam tubuh kebal terhadap antibiotik. Lebih baik Bunda memberikannya banyak minum air putih , ASI atau susu formula (untuk bayi di bawah 6 bulan), istirahat yang cukup dan beri ia makanan dengan gizi seimbang. Hal ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuhnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " umi huda " dengan judul pertanyaan " Batuk Berdahak pada Bayi " pada Tanya Dokter: gimana ya caranya mengatasi batuk berdahak pada bayi, bayiku baru berumur 7 bulan, kasian kalau batuk sampai dlam tapi gak muntah, trims sblumnya.

dr. Tanti menjawab
Dear umi huda, Saran saya, sebaiknya bunda memeriksakan bayi bunda ke dokter, kemungkinan terapi yang diberikan adalah obat-obatan untuk mengatasi batuk dan mengencerkan dahak, untuk antibiotik harus sesuai indikasi apabila batuk bayi anda dicurigai terinfeksi oleh bakteri. Selain itu apabila dahak terlalu kental dan menyumbat jalan nafas biasanya ada terapi tambahan yang biasa dikenal sebagai terapi uap (nebulizer). Untuk menjaga kesehatan bayi anda, hindari kontak langsung dengan orang dewasa yang sedang menderita batuk/pilek. Jagalah lingkungan agar senantiasa bersih dan bebas dari debu, sebaiknya hindari kasur dan bantal kapuk karena dapat mengakibatan alergi yang biasa disebabkan oleh tungau rumah.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " neynie " dengan judul pertanyaan " Obat batuk bayi " pada Tanya Apoteker:Salam kenal dok..... saya mau tanya obat batuk untuk anak umur 1 tahun apa ya dok? karna anak saya saat ini lg batuk tapi batuknya itu jarang dan kadang batuknya itu sampai kaya mau muntah, pernah sampai muntah setiap habis nyusu/makan malah waktu dia tidur dok tiba-tiba dia batuk sampai kaya mau muntah kira-kira harus di uap/di kasih obat apa ya dok. Terima kasih sebelumnya.

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Neni,
Terima kasih atas pertanyaanya,
Saya akan membantu menjawabnya sebagai seorang apoteker.

Saat bayi batuk, terutama jika berkepanjangan, akan meningkatkan refleks perut sehingga dapat merangsang muntah. Jika bayi batuk dan pilek, ada kemungkinan dahak masuk ke perut, dan membuat rasa mual, sehingga bayi muntah.

Pemberian uap akan membantu untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Karena bayi bunda masih satu tahun, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak.
Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter