SITE STATUS
Jumlah Member :
506.354 member
user online :
309 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Lepas IUD haid tidak teratur


Lepas IUD haid tidak teratur
selamat malam dok..
Dok, saya lepas KB tgl 4 april 2017..Haid pertama setelah lepas KB tgl 25april-30april 2017..setelah itu haid lagi tgl 07 juni 17..berarti siklus haidnya tidak 28hari lagi malah telat 2 minggu..sya kira telat karna hamil tp ternyata haid jg..dan skrg dihari kedua haid darahnya sedikit seperti mau bersih dari haid..itu normal tidak ya dok?trus saya menhitung masa suburnya gmn?pdhl dlu pas pakai kb haid saya selalu teratur siklus haid 28hari..
08 Jun 2017, 21:16
Dari : Fitria Rachmawati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Sulit Hamil Setelah Lepas KB " :
“Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.
Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB
Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.
Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.
Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter
Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.
Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.
Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "raja nurdiana " dengan judul pertanyaan " Ingin Hamil Setelah KB suntik " pada Tanya Bidan:saya sudah 3 tahun berhenti menggunakan kb suntik tapi tak kunjung hamil saya juga sudah konsultasi ke dokter katanya kandungan saya normal, saya juga konsumsi asam folat juga susu prenagen esensis tapi belum ada hasil, terakhir saya konsultasi ke dokter lain saya diberikan kapsul penyubur naturalle toco-e dan diminta berhubungan 2hari sekali, tapi efek samping dari kapsul tsb membuat saya dan suami jadi sulit BAB, jika tidak makan obat pencahar tidak bisa BAB sama sekali, saya bingung bu bidan, gimana mau konsen berhubungan kalau saya tidak nyaman dengan perut yg sakit, trims atas jawabannya

Bidan menjawab
Dear bunda Raja Nurdiana,
Memang pasca penggunaan KB hormonal kembalinya kesuburan memqng memerlukan waktu yang bervariasi. Biasanya siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi pada 6-1 tahun setelah berhenti menggunakan KB suntik. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan biasanya 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Selain konsumsi asam folat, dan suplemen juga berhubungan intim di saat masa subur, selama program hamil, disarankan untuk bunda serta pasangan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, olah raga secara teratur serta menjauhi stres serta istirahat yang cukup. Apabila terapi yang diberikan oleh dokter menyebabkan timbulnya gangguan pencernaan ( sulit BAB dan nyeri didaerah perut ) sebaiknya diskusikan kembali dengan dokter untuk terapi pengganti, sehingga bunda dan pasangan dapat menjalankan promil dengan sehat dan nyaman.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Sigittutik(1) " dengan judul pertanyaan " ingin hamil setelah lepas KB " pada Tanya Dokter:dok saya baru menikah 2 bln lalu. umur saya 18 thn n suami saya umur 19 th punggung bawah saya sakit . keputihan abnormal. saya sudah minum folid acid n ever-e selama 1 bln. berhubungan dgn suami juga stiap hari dok. tapi kok gk hamil" ya :'( waktu pipis pernah keluar daging putih dok sperti daging ayam yg di filet. itu kenapa ya?

dr. Tanti menjawab
Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Secara teori, setelah tidak lagi menggunakan metode kontrasepsi maka siklus menstruasi akan kembali normal dan ovulasi juga terjadi secara baik. Untuk pil kontrasepsi kombinasi, siklus menstruasi dan ovulasi dapat kembali normal sampai sekitar 6 bulan sejak melepas kontrasepsi. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini. .

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :