SITE STATUS
Jumlah Member :
506.385 member
user online :
326 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - telat haid


telat haid
dok saya mau tanya saya sudah telat satu minggu tetapi pas saya test muncul garis satu dan titik itu tanda nya apa yah ?
07 Jun 2017, 10:35
Dari : Luthfiah Al-adad

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Nutrisi Pada Program Kehamilan " :Ingin hamil? Jika, ya, selamat! Dengan merencanakan kehamilan, tandanya Bunda telah siap secara emosional untuk memiliki seorang buah hati. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan. Salah satu langkah untuk meningkatkan kesuburan adalah mengonsumsi makanan yang sehat, nutrisi yang baik dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan dan mempersiapkan tubuh Bunda sebagai ‘rumah’ yang nyaman bagi janin. Pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas nutrisi yang diserap oleh tubuh, hal ini tentu saja menghambat proses terjadinya kehamilan.

Konsumsi asam folat sangat penting selama progam kehamilan. Dengan mengkonsumsi 400mcg asam folat per hari, terutama pada masa sebelum dan selama masa awal kehamilan, dapat mengurangi resiko gangguan perkembangan otak pada janin. Asam folat dapat Bunda peroleh dalam bentuk suplemen atau dari sumber alami semisal: alpukat. Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada alpukat ditunjang pula dengan kandungan vitamin B6, betakaroten, vitamin E dan klorofil. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi vitamin B6 sekurangnya 10mg/hari selama program kehamilan, mampu meminimalisir efek morning sickness pada masa kehamilan.

Vitamin lain yang menujang proses kehamilan adalah vitamin C dan E. Kedua vitamin ini sama pentingnya dengan asam folat. Selain menunjang daya tahan tubuh, vitamin C mampu meningkatkan kesuburan, asupan vitamin C alami bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan semisal: stroberi, jambu biji, jeruk, papaya, dll. Bosan dengan buah-buahan tersebut? Tidak masalah, bunda dapat mengolahnya menjadi smoothie, jus bahkan gelato. Selanjutnya, vitamin E memiliki peran yang tak kalah penting, Bunda! selain berperan sebagain antioksidan, ia juga mampu melindungi sel telur dari radikal bebas. Sumber vitamin E alami selain alpukat, dapat Bunda peroleh melalui konsumsi kacang almond, bayam, brokoli, dll.

Beberapa tips berikut ini dapat membantu Bunda dalam menjalani program kehamilan:
1. Hindari rokok
2. Konsultasikan program hamil kepada dokter
3. Istirahat yang cukup
4. Stop konsumsi alkohol
5. Olah raga yang cukup


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Yuriko " dengan judul pertanyaan "Tanda titik merah muda di garis kedua test pack " pada Tanya Bidan:Dok,sy sudah menikah selama 5 tahun dan saat ini saya sudah terlambat menstruasi 2 minggu. Ketika saya test pack,tyt pada alat test pack sy terdapat tanda titik merah muda di garis kedua alat test pack sy.Hal ini menandakan saya positif ataukah negatif ya dok?Mohon infonya, dan terima kasih

Bidan menjawab
Dear Bunda,
Bila hasil yang didapatkan dari pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack ternyata meragukan, mungkin ada kesalahan pemeriksaan atau kerusakan alat test pack tersebut. Sebaiknya diulang kembali pada pagi hari, gunakan test pack sesuai petunjuk penggunaan atau kunjungi dokter maupun Bidan Anda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " yunia.fransiska. " dengan judul pertanyaan " binggung dengan Testpack " pada Tanya Dokter: Siang, Dok, saya mau tanya saya suda telat 3 hari pas saya testpack muncul 1 garis jelas banget lama2 baru 1 garis samar, artinya ∂pά ya dok. Tapi gejala yang saya rasakan kayak mual dan perut kram. Tolong di jawab ya. Terimakasih.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Tes kehamilan menggunakan urine test pack dapat menunjukkan hasil yang efektif 2 minggu setelah terjadi pembuahan. Dengan asumsi bahwa pembuahan terjadi pada masa subur, maka Bunda dapat memeriksa urine 2 minggu setelah masa subur berlalu. Perhatikan petunjuk penggunaan pada paket urine pregnancy test pack tersebut, pembacaan akan menjadi tidak akurat bila telah melampaui waktu tertentu setelah terpapar urine. Pada tanda-tanda kehamilan, akan terjadi perubahan-perubahan seperti berhentinya menstruasi, perubahan pada warna puting payudara yang lebih menggelap, payudara dapat terasa nyeri, ada perubahan mood, nafsu makan dan dapat terasa lebih cepat lelah. Bila Bunda merasa ragu, maka dapat memeriksakan diri pada Bidan atau dokter.




Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel