SITE STATUS
Jumlah Member :
506.401 member
user online :
247 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - minum obat warung


minum obat warung
dok sya mao tanya klo lg hamil boleh gk minum obat warung minsal nya bodrek flu batuk atau paramek gitu
Hidden Image
06 Jun 2017, 14:44
Dari : Tiah Ajjah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Obat yang Aman untuk Ibu Hamil" :Saat hamil Bunda pasti menjadi lebih hati-hati, terutama dalam meminum obat. Karena tidak semua obat-obatan aman untuk ibu hamil. Tapi bagaimana kalau Bunda sakit dan harus minum obat? Berikut tentang obat-obatan yang perlu Bunda perhatikan saat hamil:

1.Hindari mengonsumsi Antibiotik tanpa resep dokter, terutama golongan tetrasiklin. Selain itu hindari juga penggunaan obat-obatan penyakit Diabetes dan Kanker bila tidak disertai resep dokter.

2.Ibu hamil biasanya mengeluh pusing, mual dan sakit kepala. Bila memang harus minum obat paracetamol adalah obat yang paling aman untuk ibu hamil. Tetapi tentu saja tidak boleh mengonsumsinya setiap hari.

3.Hati-hati dengan penggunaan kodein, aspirin dan ibuprofen karena dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan lahir dengan berat badan rendah.

4.Bila diare, sebaiknya jangan langsung membeli obat diare yang mengandung Kaolin yang berbahaya untuk janin. minumlah garam Oralit supaya Bunda tidak dehidrasi.

5.Selalu konsultasikan pada dokter setiap obat yang akan Bunda minum.

Selain obat ada cara lain untuk mengatasi keluhan selama hamil terutama sakit kepala, yaitu dengan cara berolahraga ringan. Jalan kaki setiap pagi atau sore hari dapat mengurangi keluhan sakit kepala dan pegal-pegal. Berenang dan Yoga hamil bisa menjadi alternatif lain.


Kutipan dari berita yang berjudul " Batuk Pilek (Common cold) Pada Ibu Hamil " :Ibu hamil harus menjaga kesehatannya terhadap keadaan cuaca yang tidak stabil seperti sekarang ini. Saat hamil daya tahan tubuh menurun dan sangat rentan terhadap penyakit yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan sang bayi yang sedang dikandungnya.

Penyakit yang sering bunda alami saat pergantian musim adalah batuk, pilek, demam, pusing yang biasa disebut dengan flu, namun ternyata banyak yang salah mengartikan tentang penyakit flu itu sendiri. Flu atau kependekan dari Influenza adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus Influenza. Gejalanya seperti batuk kering, pilek, demam tinggi, badan yang linu-linu, pegal, menggigil, sesak di dada dan terasa lemas. Menurut Susan Rehm MD, direktur kesehatan di Yayasan Nasional Penyakit Menular AS, virus Influenza pencegahannya relatif mudah untuk dilakukan, yaitu dengan vaksin flu, karena variasi virusnya masih sedikit. Sedangkan batuk pilek biasa disebut Common cold. Common cold adalah infeksi saluran pernapasan atas terutama menyerang hidung yg disebabkan oleh sekitar ratusan virus, namun penyebab yang paling umum adalah Rhinovirus. Gejala Common cold lebih ringan dibanding dengan Influenza, antara lain batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, hidung meler, dan bersin-bersin. Common cold merupakan penyakit yang sembuh dengan sendirinya, tergantung sistem imun masing-masing orang. Sehingga tidak memerlukan terapi khusus, kecuali apabila gejala tersebut tak kunjung sembuh.

Banyak sekali beredar obat-obat untuk mengurangi/menghilangkan gejala dari Common cold ini. Namun, sebenarnya tidak ada obat yang manjur untuk menghilangkan keluhan batuk pilek (Common cold ) yang diderita ibu hamil. Normalnya, keluhan ini akan hilang sendiri setelah beristirahat total selama 2–3 hari. Untuk mengobati secara alami, bunda dapat minum banyak air putih atau jus buah yang banyak mengandung vitamin C, misalnya jeruk. Pada ibu hamil lebih hati-hati dan tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat generik yang dijual bebas di pasar atau toko, khususnya antibiotik. Bahkan sebagian dokter melarang penggunaan obat hingga usia kehamilan 28 minggu. Dikarenakan obat-obatan tersebut bisa berpengaruh terhadap janin yang kandungannya, dan ditakutkan janin tersebut akan mengalami gangguan tumbuh kembang. Maka itu, meski hanya batuk atau radang tenggorokan ringan, jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa sepengetahuan dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Fitriana Welia " dengan judul pertanyaan " Batuk pilek ibu hamil " pada Tanya Bidan:Assalamualikum,, Selamat sore bu bidan !
saya mau tanya, di kehamilan yang ke 25 minggu, 1 bulan ini saya batuk di sertai flu, sudah minta obat sana bidan setempat tapi belum jga sembuh.
Bgaimana mengatasi nya bu?
Terinakasih !

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Fitriana Welia,
Konsumsi obat-obatan saat hamil sebaiknya diminimalkan, terlebih obat yang dijual bebas, karena dapat berpotensi membahayakan pertumbuhan janin. Apa bila terserang flu dan batuk saat hamil, sebaiknya istirahat yang cukup, banyak konsumsi air putih, dan konsumsi makanan dan buah yang banyak mengandung vitamin C. Apabila bunda sudah mengkonsumsi obat dari bidan, namun belum juga ada tanda kesembuhan, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter, karena kemungkinan pemberian obat jenis lain dan antibiotik perlu ditambah pada penyakit yang tidak kunjung sembuh.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ajizah " dengan judul pertanyaan " Obat Batuk untuk Ibu hamil " pada Tanya Dokter: Slmt sore dokter,saya hamil 10minggu..saya mau bertanya,adakah obat batuk yg aman untuk ibu hamil?karna saat ini saya batuk sudah 2 hari dan cukup mengganggu.trm kasih sblmny.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Batuk dapat disebabkan oleh virus, bakteri maupun alergi. Perhatikanlah lingkungan sekitar Anda. Apakah Anda tertular dari orang lain? Hindari oran lain yang sedang mengalami batuk maupun flu untuk mencegah tertular penyakit tersebut. Perhatikan apakah ada bahan-bahan tertentu yang dapat mengakibatkan alergi pada Anda. Alergen dapat berupa debu, udara yang dingin, bulu hewan, buah-buahan tertentu dan lainnya. Hindari bahan-bahan yang dapat memicu timbulnya alergi dan perhatikan apakah batuk anda membaik setelah itu. Perhatikan asupan nutrisi Anda, luangkan waktu untuk beristirahat dengan baik agar stamina Anda tetap terjaga. Bunda dapat membantu mengurangi rasa gatal ditenggorokan dengan berkumur air garam ataupun meminum teh hangat. Memakan sup ayam hangat yang di masak dari bahan alami berupa kaldu ayam dan rempah-rempah bumbu dapat membantu memberikan asupan nutrisi yang baik. Obat batuk yang dapat digunakan pada ibu hamil yaitu Obat Batuk Hitam, namun sebaiknya Bunda memeriksakan keadaan sebelum menggunakan obat-obatan. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :