SITE STATUS
Jumlah Member :
506.397 member
user online :
741 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil dan asam lambung


hamil dan asam lambung
mau tnya dok.sy punya asam lambung yg tiap hri bikin perut sy kembung keras.udh 1 tahunan sebelum hamil.sekarang saya hamil 8 minggu.dg kondisi hamil dan perut begah karena sakit lambung saya membuat saya sering sesak nafas karena gas sering menekan dada saya.bagaimana solusinya dok.obat apa yang bisa saya konsumsi
02 Jun 2017, 19:57
Dari : ayahbunda.zidan

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Pirosis (Heartburn) Selama Kehamilan " :Apakah Bunda sedang hamil dan sering mengeluhkan rasa panas di dada? Mungkin Bunda terserang pirosis. Pirosis atau biasa juga dikenal dengan heartburn adalah salah satu keluhan yang terjadi saat kehamilan dengan gejala rasa terbakar, tercekam atau teriris di dada. Sebagian penderita juga merasakan nyeri saat menelan. Gelaja-gejala di atas bisa juga disertai dengan bersendawa, mulut terasa asam dan pahit, dan cepat sekali terasa kenyang.
Pirosis ini munculnya bervariasi, ada yang di awal kehamilan ada juga yang di akhir kehamilan, atau bisa juga di awal dan bertambah parah sesuai bertambahnya usia kehamilan. Umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul setelah makan dan saat melakukan gerakan membungkuk, berbaring dan mengejan.

Penyebab
Penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
-Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
-Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.

Tips :
-Hindari mengonsumsi antasid secara berlebih. Konsultasikan pada dokter tentang keluhan dan obat-obatan yang bunda minum.
-Jangan tengkurap atau berbaring setelah makan. Hal ini baik dilakukan pada saat hamil atau pun tidak.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Munaf Net " dengan judul pertanyaan "asam lambung naik (Heartburn) " pada Tanya Bidan:bunda usia kehamilan saya 30w,kalo malam kalo pas tidur itu rasanya kok dada dan tebggorokan rasanya panas,spertinya asam lambung naik..gimana cara mengatasinya bunda?

Bidan menjawab
Dear bunda Munaf Net,
Keluhan yang bunda rasakan disebut dengan Heartburn, keluhan ini banyak dirasakan para bunda. Beberapa tips untuk mengatasinya adalah, makan dalam porsi sedikit tapi sering, makan selingan diantara waktu makan, tidak langsung berbaring segera setelah makan, tidur dengan posisi posisi kepala lebih tinggi dari kaki, bila keluhan semakin mengganggu sebaiknya periksakan keadaan bunda pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Irwan Drisma BinAbdullah " dengan judul pertanyaan " Sesak Nafas saat Usia kandungan masih muda " pada Tanya Dokter:Dok, Saya saat ini sedang memasuki usia kandungan 1,5 bulan lebih tapi akhir2 ini suka sesak nafas, usia saya saat ini 35th, untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi saya minunm Vitonal lacta, Folavit dan juga prenatal yg diminum 1 hari sekali, pagi dan sore saya rutin makan bubur kacang ijo, apa yang menyebabkan saya suka sesak nafas akhir2 ini y dok, mohon sarannya. Trim's TITA

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah anda telah memeriksakan keadaan anda kepada dokter kandungan anda? Biasanya rasa sesak dapat mengacu kepada beberapa situasi, apabila dirasakan di daerah ulu hati, biasanya dikarenakan oleh asam lambung yang meningkat, hal ini biasa terjadi pada ibu hamil merasakan sesak dan penuh pada daerah ulu hati. Namun ada juga keadaan terjadi petambahan volume pada rahim sehingga rongga perut juga terasa sesak dikarenakan semakin membesarnya kandungan ibu. Selain itu, rasa sesak dapat dikarenakan masalah pernafasan bila Bunda mendapatkan kesulitan dalam bernafas. Pastikan asupan nutrisi anda baik, makan makanan yang bergizi dan jangan lupa mengonsumsi suplemen zat besi. Saran saya, konsultasikan keluhan ibu kepada dokter kandungan , agar kehamilan ibu tetap terjaga dengan baik

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :