SITE STATUS
Jumlah Member :
506.397 member
user online :
372 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Anak 1 tahun sering terbangun dimalam hari


Anak 1 tahun sering terbangun dimalam hari
sore, saya mau bertanya.
anak saya umur 14 bulan, skrg hampir tiap malam kebangun minta minum air putih atau kadang asi.
apakah kondisi itu normal? Dan terlalu banyak minum air putih aman buat anak?

terimakasih

ummu khalid
18 May 2017, 14:30
Dari : Rumah Cahaya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kenali Waktu Tidur si Kecil " : Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, setiap manusia dapat menjaga kestabilan kesehatannya. Tentunya kebutuhan tidurnya berbeda dengan orang dewasa. Tapi tahukah Bunda, berapa lama waktu tidur yang baik untuk si kecil?

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, setiap manusia dapat menjaga kestabilan kesehatannya. Tentunya kebutuhan tidurnya berbeda dengan orang dewasa. Tapi tahukah Bunda, berapa lama waktu tidur yang baik untuk si kecil?

Umumnya bayi yang baru saja lahir sangat suka tidur. Pada minggu awal, Tiap harinya biasanya mereka menghabiskan waktu antara 14-18 jam. Dalam tidurnya biasanya mereka hanya menghabiskan waktu tidak lebih dari 2 jam sekali waktu tidurnya. Bayi yang terlahir prematur biasanya juga memiliki waktu tidur yang lebih lama dibanding bayi yang terlahir normal.

Di usia 1-4 bulan, bayi sudah mulai bisa membedakan siang dan malam. Pola tidur bayi pun sudah mulai terbentuk. Durasi tidur si bayi pun mulai meningkat hingga 4-6 jam.
Saat si bayi menginjak usia 4 bulan hingga setahun, biasanya mereka mempunyai 3 waktu tidur. Dengan jumlah keseluruhan 4-6 jam.

Tahukah Bunda, bila si kecil memiliki jadwal tidur siang yang teratur dapat meningkatkan kemampuan otak si kecil untuk menerima informasi baru dengan baik.

Tips membuat bayi dapat tidur dengan tenang:
-Perhatikan tanda-tanda bila si kecil sudah terlihat lelah, contohnya mata yang telihat sayu, menarik kuping, dll. Jika Bunda sudah mengenali tanda-tandanya, segeralah untuk menidurkannya.
-Pada usia 2 minggu, ajarilah bayi Bunda untuk dapat membedakan siang dan malam. Caranya dengan banyak berinteraksi dengannya di siang hari dan pada malam hari jangan banyak berinteraksi dengannya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " anora " dengan judul pertanyaan " Menangis keras pada jam2 tertentu " pada Tanya Dokter: Anora beberapa hari belakangan ini suka nangis pada malam hari. mulai jam 20.00 s.d. 23.00 nangisnya histeris. dia mau berhenti nangis kalau diberi ASI - tapi kalau kebanyakan ASI dia akan muntah - sesuai nasehat dokter terakhir kali diperiksa, kami mencoba mengatur jam2 menyusuinya,setiap 1 jam selama 7 menit. sebenarnya kalau nasehat dokter setiap 3 jam. Tapi kalau melihat keadannya yg nangis sampai histeris kalau tdk segera diberi susu, kami mengaturnya menjadi 1 jam sekali. Yang menjadi keheranan kami mengapa dia hanya nangis pada malam hari, kalau siang nangisnya normal2 aja dalam arti ia nangis kalau pipis, buang air besar, atau lapar dan cepat berhenti, tapi kalau malam susahnya minta ampun - dia hanya mau berhenti kalau di kasi ASI. Demikian kluhan kami mohon sarannya/terapinya, Terima kasih Dok. Anora

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Secara alamiah, bayi dengan usia 0-3 bulan akan memiliki jam tidur yang cukup panjang sekitar 10,5 jam sampai 18 jam dalam satu hari. Pada bayi usia ini, akan lebih sering terbangun pada malam hari karena lapar, jadi wajar saja kalau bayi Anda menangis pada malam hari dan hanya diam setelah di beri ASI. Pastikan tidak ada keadaan lain seperti demam atau nyeri lainnya ketika Ia menangis dan terbangun dari tidurnya.

Setelah menginjak usia di atas 3 bulan, bayi akan mulai sering terbangun di siang hari dan jarang terbangun di malam hari. Semakin bertambah usia, akan semakin teratur pula pola tidur sang bayi.

Bagi orangtua yang memiliki bayi baru lahir, sebaiknya mengatur jadwal bergantian mengasuh bayi mereka. Ibu sebaiknya beristirahat atau tidur saat bayinya sedang tidur, karena ketika bayi lapar dan terbangun, sang Ibu harus menyusui dan memastikan bahwa bayi menyusu dengan benar sehingga tidak cepat terbangun karena lapar. Jangan biarkan bayi anda tertidur sebelum Ia puas menyusu, segera bangunkan bila bayi anda mulai tertidur ketika sedang menyusu ASI.

Pembagian tugas antara Ibu dengan Ayah atau pengasuh lainnya misalnya termasuk mengganti popok, memandikan atau mengawasi sang bayi. Jagalah kesehatan dan asupan nutrisi Ibu agar tidak jatuh sakit karena kelelahan atau terserang penyakit.
Demikian jawaban saya,s emoga dapat membantu Anda.



Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita