SITE STATUS
Jumlah Member :
506.507 member
user online :
1036 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - pemasangan iud


pemasangan iud
bu bidan. klo tuk pemasangan iud sebaiknya dilakukan kapan?
12 May 2017, 19:54
Dari : Riska Midyawati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat KB IUD " :Untuk mencegah kehamilan Bunda perlu menggunakan alat Keluarga Berencana (KB). Pasti Bunda sudah tahu beberapa jenis alat KB yang disediakan pemerintah, salah satunya KB Intra Uterine Devices (IUD).
KB IUD adalah salah satu jenis KB yang cukup populer digunakan para wanita saat ini. Biasanya orang menyebutnya dengan KB Spiral. Alat kontrasepsi ini terbuat dari plastik berbentuk T, berukuran kurang lebih 3 cm dengan balutan tembaga. Mekanisme kerja KB IUD ini adalah menghalangi sperma bertemu dengan sel telur agar tidak terjadi pembuahan.
Bunda tertarik menggunakannya? Yuk, kenal lebih dekat dengan KB IUD!

Pemasangan
Jika dipasang sesuai dengan prosedur oleh bidan dan dokter terlatih, KB IUD dapat mencegah kehamilan hingga angka 99,4%. Umumnya KB IUD dapat dipasangkan pada akhir masa nifas. Atau bila masa nifas sudah terlewati, dokter akan menyarankan untuk memasang KB IUD saat Bunda mendapat menstruasi. Karena pada saat menstruasi mulut rahim sedang terbuka sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada saat pemasangan KB IUD. Bila Bunda merencanakan melahirkan secara Sectio Caesar, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu apakah mungkin memasang IUD saat operasi berlangsung. Bila tidak memungkinkan, tanyakan kapan waktu yang tepat untuk memasangnya.

Efek Samping
Bunda tak perlu kuatir dengan efek samping KB IUD, karena efek samping yang ditimbulkan tidak bersifat permanen. Ada beberapa wanita yang mungkin akan merasa kram dan sakit pinggang setelah beberapa jam pemasangan. Ada juga yang mengalami perdarahan ringan dan nyeri setelah beberapa minggu pemasangan. Dan biasanya pada tiga bulan pertama setelah pemasangan akan terjadi perubahan siklus haid. Tetapi tak perlu kuatir karena semua efek ini hanya bersifat sementara.

Bunda tetap dapat melakukan hubungan suami istri seperti biasa karena IUD tidak berada di liang vagina. Pada awalnya mungkin akan terasa kurang nyaman, tetapi lama kelamaan Bunda akan terbiasa. Berikut beberapa keuntungan lain dari KB IUD:
- Tahan dalam jangka panjang 5-10 tahun
- Tidak kuatir lupa seperti bila menggunakan pil KB
- Bila Bunda masih menyusui, KB IUD tidak mengganggu program menyusui
- Bisa tetap berolahraga dengan normal
- Tidak mempengaruhi tingkat kesuburan wanita sehingga dapat segera hamil setelah KB IUD dilepas
- Hanya perlu melakukan pengecekan ke dokter sekali dalam setahun.

Catatan:
- Meski pengecekan ke dokter hanya dilakukan sekali dalam setahun, lakukan pengecekan tali IUD sendiri setiap bulan. Caranya dengan memasukan jari ke dalam vagina dan meraba apakah tali IUD masih terpasang. Bila Bunda tidak menemukan tali IUD segera periksa ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " leni maiz " dengan judul pertanyaan " Tentang KB Spiral atau IUD " pada Tanya Bidan:Ass. Ibu bidan, saya mau konsult. anak saya sudah usia 5 bulan. tp saya belum melakukan KB. saya masih bingung mau pilih KB yang aman karena saya sedang menyusui dan saya ada keturunan perawakan gemuk dr keluarga intinya saya gamau cepet gemuk yg susah untuk menurunkan berat badan. menurut temen saya sih bagusnya pake KB spiral . nah kalo mau KB spiral itu untuk brp tahun ya ?? dan kalo mau pasang biar tidak sakit apakah pada saat menstruasi. mohon jawabannya ya bu bidan. sebelumnya trima kasih. Wass

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Leni Maiz,
Spiral / IUD merupakan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik yang bentuknya seperti huruf T, yang akan dimasukkan kedalam rahim. Spiral mempunyai keuntungan, antara lain tidak membuat gemuk, dan aman digunakan oleh busui. Spiral dapat mencegah kehamilan 3-5 tahun tergantung merek yang digunakan. Pemasangan spiral dapat dilakukan kapan saja, asal dipastikan tidak dalam keadaan hamil. Untuk mengurangi rasa nyeri, disarankan pemasangan spiral dilakukan pada saat menstruasi.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " edw " dengan judul pertanyaan " Pemasangan KB IUD " pada Tanya Dokter: sore dokter.. dok saya mau tanya untuk pemasang KB IUD,apakah boleh kita pasang KB saat tidak haid..???

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pemasangan maupun melepas KB IUD dilakukan pada akhir menstruasi dengan tujuan mengurangi rasa nyeri karena mulut rahim lebih melunak pada masa-masa ini. Selain itu, pemasangan KB dilakukan jika pada Bunda tidak terjadi kehamilan, pada akhir menstruasi lebih memudahkan hal ini.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :