SITE STATUS
Jumlah Member :
506.420 member
user online :
505 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - darah nifas dan kb IUD


darah nifas dan kb IUD
saya melahirkan udah 51 hari, tetapi masih keluar darah , seperti keputihan tetapi ada darahnya. apa itu masih darah nifas ?
dan sebulan setelah melahirkan saya mengikuti kb IUD, apakah itu berpengaruh. dan kapan saya boleh solat dan hb sama suami. terimakasih
09 May 2017, 15:52
Dari : Sri Hardianti

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keuntungan dan Efek Samping KB IUD " :
KB IUD adalah alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) berbentuk T terbuat dari plastik yang lentur yang akan menghalangi sperma bertemu sel telur sehingga kehamilan tidak akan terjadi. Pada ujung bagian bawahnya terdapat tali yang dimasukkan dalam rahim. Fungsi tali ini adalah untuk mengecek apakah IUD masih terpasang dengan tepat dan baik. Pemasangan KB IUD ini pun tidak terlalu lama, bisa dilakukan dengan rawat jalan dan sesekali mengontrolnya ke dokter.

Ada dua jenis KB IUD. Pertama KB IUD tembaga (Copper), cara kerjanya dengan melepaskan partikel tembaga yang dapat membunuh sperma sehingga sperma gagal bertemu sel telur. Jenis lainnya yaitu KB IUD dengan hormon yang melepaskan hormon progestin.

KB IUD ini cenderung aman, tidak mahal dan sangat efektif mencegah kehamilan. Keuntungan KB IUD ini antara lain:
• Bertahan dalam jangka panjang 5-10 tahun
• Tak perlu kuatir lupa seperti layaknya kontrasepsi pil
• Tidak mengganggu program menyusui
• Tidak terasa oleh Bunda mau pun suami saat berhubungan
• Tetap bisa berolahraga, seperti berenang dan jenis olahraga lainnya

Meski memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan namun, Bunda perlu mewaspadai efek sampingnya. Efek samping yang biasa terjadi seperti kram dan sakit pinggang setelah beberapa jam pemasangan. Beberapa Bunda mengalami pendarahan ringan dan nyeri setelah beberapa minggu pemasangan. Pada IUD tembaga terkadang volume haid lebih banyak, cairan vagina bertambah dan resiko keputihan lebih besar. Tak perlu kuatir berlebih, yang penting tetaplah berkonsultasi dengan dokter.

Tips :
Lakukan pengecekan sebulan sekali (setelah haid) dengan memasukkan jari ke dalam vagina untuk mengetahui apakah tali IUD masih terpasang atau lepas. Bila terasa tali IUD tidak terpasang atau kendur lakukan pengecekan ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Siti Musyrifah " dengan judul pertanyaan "Membedakan keputihan dengan darah putih nifas " pada Tanya Bidan:Dok saya mau tnya tentang pervedaan darah putih nifas sama keputihan biasa?? Apakah kental trus bening itu darah putih nifas?? Atau keputihan?? Tolong jelaskan dok

Bidan menjawab
Dear bunda Siti Musyrifah,
Pasca persalinan, tubuh akan memulai tugas baru, salah satunya adalah proses pembersihan diri atau yang biasa disebut dengan masa nifas yang berlangsung sekitar 40 hari. Selama 10 hari pertama, darah akan keluar melalui vagina yang disebut dengan lochia. Secara bertahab, cairan lochia akan mengalami 4 tahap perubahan, baik warna, bau, dan kekentalannya.

1. Lochia Lubra berwarna merah segar, keluar hingga hari ke 3. Terbentuk dari darah segar, jaringan sisa-sisa plasenta, sel-sel dinding rahim, sel lemak janin, rambut janin ( lanugo ), dan kotoran janin saat didalam rahim ( mekonium ).

2. Lochia Sanguinolenta berwarna merah dan berlendir. Perubahan antara lochia Lubra ke lochia Sanguinolenta biasanya berlangsung hingga 1-2 minggu.

3. Lochia Serosa berwarna kecoklatan lalu merah muda. Cairan ini berisi serpihan jaringan, sel-sel darah merah dan darah putih, serta sisa lendir mulut rahim. Mulai keluar pada 2 minggu hingga 1 bulan setelah melahirkan.

4. Lochia Alba berwarna kekuningan lalu bening. Berisi sedikit sel darah merah dan sebagian besar terdiri dari sel darah putih, serpihan jaringan pelapis dinding rahim, kolesterol, lemak dan lendir. Lamanya keluar sekitar 2 minggu, yakni dari minggu ke 4 sampai minggu ke 6. Bila cairan Lochia sudah berwarna bening, tandanya masa nifas berlangsung normal.

Keputihan sendiri dapat dibagi menjadi keputihan normal dan keputihan abnormal. Jika cairan keputihan berwarna bening, tidak berbau, encer dan tidak gatal, maka keputihan termasuk normal. Apabila cairan keputihan berwarna kehijauan atau kecoklatan, berbau tidak sedap, menimbulkan rasa gatal, kental dan bergumpal, maka keputihan termasuk abnormal. Penyebab keputihan setelah melahirkan bisa beragam. Jika kepitihan normal, berarti terjadi karena perubahan hormona. Jika keputihan abnormal, bisa terjadi karena pengaruh jamur didalam organ intim.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ay indah " dengan judul pertanyaan "Menstruasi setelah nifas pada ASI eksklusif " pada Tanya Dokter: Dear dr.Tanti Dok, mohon penjelasan mengapa setelah nifas selama 38 hari, saya mengeluarkan darah kembali seperti darah haid. Apakah itu benar2 haid atau masih nifas? mengingat saat nifas darah yang keluar tidak sebanyak darah saat haid. Setelah melahirkan, saya langsung disuntik KB 3 bulan dan saya menyusui secara rutin. Terima kasih Ayu

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter