SITE STATUS
Jumlah Member :
506.533 member
user online :
1026 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - ingin hamil


ingin hamil
dok saya uda 4thn blm dikasih momongan,awal nikah saya ikut suntik kb selama 4 bulan tp ikut yg tiap bln sekali,setelah saya periksa sru ikut pil kb tuk melancarkan haid,periksa ke dokter yg lain dikasih obat norelut bt pancing haid nmun sampe skg haid pun tak teratur dok
20 Apr 2017, 12:09
Dari : PunGki Anjani

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Sulit Hamil Setelah Lepas KB" : “Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.
Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB
Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.
Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.
Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter
Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.
Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.
Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nova Scotia " dengan judul pertanyaan " Gangguan Hormon " pada Tanya Bidan:Assalamualaikum bu,
Saya Nova ingin bercerita. Semenjak pertengahan tahun 2015, saya pernah nggak haid 3bulan lebih dan saat mau cek ke dokter kandungan, saya kecelakaan sehari sebelumnya. Jadi setelah saya sembuh, saya langsung ke dokter kandungan,dicek rahimnya katanya nggak papa. Dan dokter bilang sy gak mens" karena perubahan hormon. Sy mengambil rawat jalan, dan diberi obat norelut setiap bulan diminum mulai tgl 4. Dan berangsur" membaik, namun sy pernah lupa telat sehari gak minum. Jadi dokter mengubah tgl minum jadi tgl 5 setiap bulan. Saya minum smpe 2016 bulan Maret. Setelah itu saya udah merasa mendingan, dan lancar. Sy udah gak melanjutkan lagi ke dokter dan minum obat norelut takutnya saya ketergantungan dengan obat. Nah, semenjak itu smpe sekarang udah kira" 40 hari saya gak menstruasi bu.. Apa yg hrus saya lakukan?? Apakah sy harus minum obat norelut lagi atau bagaimana? Mohon solusinya bu... Terimakasih...

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Nova Scotia,
Norelut merupakan obat yang berisikan senyawa hormon progesteron. Kegunaan dari Nerolut yaitu pada gangguan keseimbangan hormon yang menyebabkan amenorea ( tidak mendapat menstruasi ) baik primer ( tidak pernah menstruasi sebelumnya ) maupun sekunder ( pernah menstruasi sebelumnya ). Penggunaan Norelut sebaiknya dengan pengawasan dokter. Saran saya sebaiknya bunda kembali berkonsultasi dengan dokter yang menangani bunda, agar tindakan serta terapi terbaik dapat diberikan sesuai dengan diagnosa yang didapatkan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " cici.dedi " dengan judul pertanyaan "Telat 3 minggu Setelah minum Norelut " pada Tanya Dokter:Sore dok,, saya mau nanya, wkt cek ke dokter(hari kedua haid) utk promil dikasi obat Norulet sebanyak 25 tablet(dikonsumsi 1 kali sehari selama 25 hari). seharusnya saya haid tggl 24 ato 25 Des'2015. Info dari dokter, setelah obat habis, seminggu kemudian seharusnya sudah haid, tp smp skrg udah telat 3 mgg blm juga haid. Minggu pertama & kedua telat haid sy test pack hasilnya negatif, skrg saya merasa takut. kira2 knp ya dok?? apa itu semua krn pengaruh obat Norulet itu?? krn selama ini sblm promil & konsumsi obat norulet, haid saya teratur. Mohon infonya.. Terima Kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Norelut (Norethisterone) adalah termasuk golongan hormon progesterone. Obat ini dapat digunakan pada keadaan amenorrhoea (tidak adanya menstruasi), Perdarahan Uterus Disfungsional yang berhubungan dengan keseimbangan hormonal, ataupun keadaan endometriosis. Keadaan-keadaan tersebut dapat berhubungan dengan keadaan infertilitas (masalah kesuburan). Bunda dapat berkonsultasi dengan Dokter yang menangani Bunda, berkaitan dengan keadaan kesehatan Bunda dan tujuan pemberian obat tersebut. Bila Bunda sedang mengalami menstruasi ataupun perdarahan pervaginam ketika meminum obat ini, maka wajar di dapati bila perdarahan berhenti beberapa hari setelah meminum obat ini. Bila obat dihentikan maka dapat terjadi withdrawal bleeding (perdarahan karena putus obat). Sebaiknya Bunda tidak menghentikan pengobatan sebelum waktu yang ditentukan oleh dokter Bunda agar hasil terapi tercapai dengan baik. Bila sudah melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter namun belum ada keadaan yang di harapkan, dalam hal ini menstruasi, maka kembalilah pada dokter Bunda untuk pemeriksaan dan terapi selanjutnya.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker