SITE STATUS
Jumlah Member :
506.507 member
user online :
1001 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kaki x pada anak


kaki x pada anak
dok saya mau bertanya, anak saya laki laki umur 2,5 tahun, kakinya berbentuk x, apakah kakinya masih bisa normal sejalan dengan pertumbuhannya? bagaimana cara mengatasinya? terimakasih..
18 Apr 2017, 20:38
Dari : IGusti Agung WismaDewi II

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Bentuk Kaki O atau X " :Umumnya kelainan kaki yang dialami balita bukan karena adanya kelainan pada tulang. Melainkan adanya rotasi tulang yang salah sehingga membuat sumbu putaran tulang bergeser. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan kaki yang tidak simetris.

Kelainan kaki yang sering muncul pada balita adalah kaki berbentuk O dan berbentuk X. Kaki O (Genu Varum) dan kaki X (Genu Valgum) adalah gangguan yang terjadi karena pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan ini membuat anak kurang percaya diri karena penampilannya kurang normal. Anak juga jadi mudah terjatuh, mudah lelah bila berjalan dan aktivitasnya menjadi terbatas.

Genetik?
Banyak orang berpikir kelainan kaki disebabkan oleh faktor genetik. Tetapi kenyataannya kelainan kaki ini bukan hanya disebabkan faktor genetik. Kelainan kaki disebabkan oleh karena adanya beberapa kebiasaan yang salah yang dilakukan secara terus menerus, seperti:
· Posisi Tidur
Jangan biarkan si kecil tidur tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama hal ini dapat mengganggu rotasi bentuk tungkainya.
· Posisi Kaki saat Duduk
ajarkan posisi duduk yang benar. Jangan biarkan si kecil duduk dalam posisi kaki terbuka membentuk huruf W.
· Posisi Menggendong.
Posisi menggendong bayi yang salah. Posisi yang salah seperti menggendong menyamping dan melingkari kakinya ke pinggang Bunda dan membentuk 90 derajat.
· Penggunaan Baby Walker.
Penggunaan baby walker membuat kekuatan otot kaki tidak seimbang. Alat ini memaksa salah satu kaki anak menopang tubuhnya sehingga bentuk kaki menjadi tidak normal.

Pencegahan
Untuk mencegahnya tentu saja Bunda harus mengubah kebiasaan-kebiasaan salah di atas. Selain itu berilah makanan yang bergizi yang dapat menguatkan tulangnya seperti susu. Lengkapi makanannya dengan vitamin C dan D. jangan lupa untuk memberinya air yang cukup.
Selain itu perhatikan sepatunya. berikan ukuran sepatu yang pas, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Sepatu yang kurang pas membuat kemampuan berdiri dan berjalan anak kurang maksimal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " juli4martin " dengan judul pertanyaan "Bentuk kaki anak" pada Tanya Dokter: dear dokter Tanti yang baik, anak perempuan saya usia 1,5 tahun bentuk kakinya tidak lurus (terkesan mengangkang dan biasa disebut O)saya sudah konsultasi ke dokter anak dan spesialis tulang tapi hanya diberi solusi jemur setiap pagi dan minum minyak ikan.saya masih cemas dok dan juga kurang puas. apa penyebab kaki "o" ini dok? bisakah disembuhkan?selain itu krena riwayat penyakit saya, saya jug takut jangan2 anak saya kerdil.bisakah kerdil di deteksi dini dok?mohon solusinya.terim kasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Apabila Anda melihat kejanggalan pada bentuk kaki anak Anda, sudah tepat bila Anda memeriksakan anak Anda sedini mungkin. Namun perlu Anda ketahui bahwa bentuk kaki pada bayi dan anak terutama usia o-2 tahun memang tidak seperti bentuk kaki orang dewasa. Bentuk kaki anak seperti huruf O namun akan berangsur lebih tegak sejalan dengan berjalannya umur. Bentuk O ini dikarenakan posisi janin ketika berada dalam rahim berusaha memposisikan diri sehingga ia nyaman di dalam rahim yang terbatas ruang geraknya. Apabila dokter anda telah memeriksa keadaan anak anda dan ternyata tidak ada yang perlu dikhawatirkan, maka Anda tidak perlu risau dan tetap memperhatikan keadaan kaki anak Anda seiring berjalannya waktu. Perhatikan apakah ada kesulitan dalam berjalan atau posisi aneh dari ibu jari dan telapak kaki juga tungkai kaki anak Anda. Apabila Anda rasa perlu untuk di konsultasikan kembali maka sebaiknya anda mengunjungi dokter yang terdahulu memeriksa anak Anda tersebut. Apabila ditemui kelainan dalam bentuk kaki anak Anda, maka berbagai macam terapi yaitu operasional atau non-operasi seperti penggunaan cast (gips) atau brace dalam waktu tertentu sampai di dapat bentuk kaki yang baik.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum