SITE STATUS
Jumlah Member :
500.123 member
user online :
707 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


kb pil
malam dok, saya mau tanya awalnya saya kb implant, trus saya lepas, pas saya lepas saya truskan dengan kb pil, tapi saya minum bukan pada saat saya haid atau selesai haid, tapi saya minum pada saat adaa suami 1 minggu sebelum haid, tapi kenapa sampai skrg saya belum haid juga...?
haid terakhir saya tgl 7 maret 2017 tapi saya tes pakr testpack hasilnya negatif...
mohon infonya dok...
terima kasih...
14 Apr 2017, 22:33
Dari : Syaiful Said

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Mengenal Pil KB Laktasi" :Satu Jenis Hormon
Pil KB Laktasi adalah Pil KB yang mengandung satu jenis hormon yang berdosis rendah, yaitu hormon Progesteron. Ini menjadi keunggulan Pil KB Laktasi, karena dengan hanya menggunakan satu jenis hormon, KB ini relatif aman digunakan dalam masa menyusui. Mengapa? Karena dibanding alat kontrasepsi hormonal lainnya, KB ini tidak akan mengganggu produksi dan kualitas ASI. Bagi Bunda yang alergi terhadap hormon Estrogen, Pil KB Laktasi ini juga bisa menjadi pilihan.

Tetapi, apakah satu jenis hormon saja mampu mencegah kehamilan?

Hormon Progesteron (Lynestrenol 0,5mg) yang terkandung di setiap tablet Pil KB Laktasi diharapkan mampu mengentalkan lendir rahim sehingga penetrasi sperma ke dalam rahim terhambat. Hal ini membuat kondisi rahim tidak siap untuk dibuahi sehingga dapat mencegah terjadinya kehamilan. Tetapi tentu saja, Bunda harus mengikuti beberapa petunjuk penggunaannya, seperti Pil KB Laktasi harus diminum setiap hari di waktu yang sama.

Efek Samping
Alat kontrasepsi memiliki efek samping yang berbeda, tak terkecuali Pil KB Laktasi. Efek samping Pil KB Laktasi yang paling sering ditemukan adalah munculnya spotting (bercak darah), siklus menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali, nyeri pada payudara, adanya perubahan mood yang tiba-tiba, rasa mual dan sakit kepala.

Penggunaan periode pertama (1-3 bulan) memang membutuhkan adaptasi. Tidak heran siklus menstruasi Bunda belum normal kembali. Tetapi, bila setelah periode pertama pemakaian Pil KB Laktasi siklus menstruasi Bunda masih belum normal, konsultasikan kepada dokter. Karena bisa saja jenis kontrasepsi ini tidak cocok untuk Bunda. Mintalah dokter untuk mengganti jenis kontrasepsi lain yang lebih cocok dan sesuai dengan kondisi Bunda yang sedang dalam masa menyusui.

Nah, kini Bunda sudah mengenal tentang KB Pil Laktasi yang mungkin cocok untuk Bunda. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " novitasaaa " dengan judul pertanyaan " Pill KB andalan " pada Tanya Bidan:Sy br menikah,msh blm mau mempunyai anak lalu sy minum pil kb ttp sy minum 2sekaligus sblm melakukan hbngan badan,lalu suami sy mengeluarkan didalam stlh melakukan hububgan badan sy minum pil lg satu itu apakah bs hamil ya dok?
Trims

Bidan menjawab
Dear bunda Novitasaaa,
Kontrasepsi darurat harus dilakukan maksimal 72 jam setelah hubungan seks tidak aman guna mencegah terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Pil KB dapat digunakan sebagai kontrasepsi darurat. Ada beberapa jenis pil kondar yang dapat digunakan, antara lain

1. Pil kombinasi ( pil yang berisi hormon esterogen dan hormon progesteron ). Untuk pil dosis tinggi ( contoh pil neogynon ), 2 buah pil diminum paling lama 72 jam setelah hubungan seks tanpa perlindungan, lalu 12 jam kemudian minum kembali 2 buah pil. Untuk pil dosis lebih rendah ( contoh pil Microgynon ), 4 buah pil harus diminum paling lama 72 jam setelah hubungan seks tanpa perlindungan, diikuti meminum 4 buah pil 12 jam kemudian.

2. Pil progestin ( pil mini ). Tahap pertama minum 1 buah pil dalam waktu kurang dari 72 jam setelah melakukan hubungan seks tanpa perlindungan, lalu 12 jam kemudian minum 1 buah pil kembali.

3. Pil Esterogen. Untuk pil ini, diminum 2 buah pil 10 mg terus menerus selama lima hari. Dan paling telat, mulai minum dalam waktu 3 hari setelah hubungan seks tanpa perlindungan.

Konsumsi Pil Kondar memang berguna untuk situasi darurat, dan efektif bila digunakan sesuai dengan dosis yang telah ditetapkan. Yang perlu diingat Pil Kondar tidak dapat digunakan untuk pemakaian rutin dan terus menerus.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dewi Nurhandayani " dengan judul pertanyaan " pindah kontrasepsi dr suntik ke KB pil Andalan Laktasi " pada Tanya Dokter: saya memakai KB Suntik yang 3 Bulan tetapi 2 Bulan terakhir saya tidak dapat Haid sampai tiba tanggal waktu datang kembali,kebetulan saya pergi ke bidan yang beda untuk melanjutkan KB dan mengganti dengan KB Pil Andalan Laktasi,saya juga sudah cek kehamilan hasilnya negatip dan karena bidan terakhir saya KB cuma menganjurkan minum PIl kB itu biar dapat haid, saya langsung minum PIL KB Andalan itu walaupun saya belum dapat haid, pertanyaan nya saya minum PIL KB Laktasi tetapi sy belum dpt haid apa itu dibolehkan?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Efek dari suntik KB 3 bulan adalah terganggunya siklus menstruasi. Bunda dapat melanjutkan dengan menggunakan pil KB laktasi bila tidak ingin melanjutkan suntik KB 3 bulan. Namun perlu diingat bahwa penggunaan KB laktasi juga bisa mendapatkan gangguan menstruasi layaknya penggunaan suntik KB 3 bulan karena kandungan hormonal progestin di dalamnya. Selain itu, ibu menyusui yang dengan teratur menyusui bayinya juga bisa mendapatkan efek tidak teraturnya siklus menstruasi tersebut. Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, saya harap Bunda bisa lebih mengerti mengenai mengapa terjadi gangguan siklus menstruasi yang masih bisa dianggap wajar dalam hal ini.


Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel