SITE STATUS
Jumlah Member :
508.300 member
user online :
467 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - bayi pilek


bayi pilek
Dok,, terapi untuk bayi yang pilek gmn ya? soalnya ingus ga keluar,nafasnya aga sesak kasian,,
07 Apr 2017, 7:31
Dari : Elis Alfin Amalia

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Menangani Masalah Umum pada Bayi " :Sebagai seorang Bunda, sedih rasanya bila melihat si kecil sakit. Tidak heran para Bunda rela waktu istirahatnya terganggu demi menjaga dan membuat si kecil nyaman. Apapun akan Bunda lakukan untuk melihatnya tetap sehat.

Tetapi yang namanya manusia tidak mungkin terus menerus dalam kondisi sehat, adakalanya sakit. Terlebih lagi bayi karena sistem imun atau kekebalan tubuhnya yang belum berfungsi sempurna. Bunda akan dihadapkan pada masalah-masalah umum yang mungkin bisa membuat Bunda panik. Masalah umum yang biasa dialami bayi seperti:

1. Batuk Pilek
Batuk Pilek atau batpil termasuk sakit ‘langganan’ para bayi terutama setelah ia berada di dekat orang yang sedang sakit. Virus akan dengan mudahnya menyerang si kecil. Bunda tak perlu panik, batuk dan pilek akan hilang sendiri karena sebenarnya batuk dan pilek adalah cara tubuh untuk membuang lendir dalam tubuh. Hubungi dokter bila batuk tak kunjung sembuh dalam 5 hari.

2. Demam
Demam paling sering terjadi pada bayi. Misalnya demam setelah divaksin, tetapi tidak semua bayi mengalaminya. Jangan membungkusnya dengan pakaian yang tebal karena justru panas tubuhnya akan sulit keluar. Kenakan pakaian tipis yang lembut. Bunda masih boleh memandikannya dengan air hangat suam-suam kuku. Tak perlu kuatir, demam ringan akan hilang dengan sendirinya. Yang perlu Bunda lakukan adalah terus memantau suhu tubuhnya. Bila melebihi 37 derajat Celcius segera bawa ke dokter atau rumah sakit. Sebagai pertolongan awal, berikan obat penurun panas yang direkomendasikan oleh dokter sesuai dosis.

3. Sesak Napas
Sesak napas terjadi karena saluran napas bayi masih kecil. Penyebabnya biasanya karena gangguan pernapasan seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Pneunomia, Tuberkolosis, Asma. Bunda bisa melihat bayi menjadi gelisah, frekuensi napasnya lebih cepat, kadang disertai bibir membiru dan napas mengeluarkan suara. Sebagai pertolongan pertama, cek apakah ada benda yang menyumbat saluran pernafasannya (hidung, mulut, dan tenggorokan), posisikan anak dalam posisi duduk atau setengah duduk. Boleh juga Bunda sandarkan si kecil di bantal. Sebaiknya bayi tidak dalam posisi terlentang karena akan membuatnya semakin sulit bernapas. Bawa ke dokter bila frekuensi napasnya semakin cepat.

Masih ada beberapa masalah umum lainnya yang biasa dialami bayi. Supaya Bunda tidak panik menghadapinya, Infobunda akan membahas kelanjutannya minggu depan. Ditunggu kelanjutannya minggu depan, ya Bun.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " zahira244 " dengan judul pertanyaan " Penanganan anak batuk dan pilek " pada Tanya Dokter:Anak saya mengalami Flu + Batuk apa tindakan dan obat yang tepat Dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Batuk dan pilek dapat terjadi pada bayi dan balita serta orang dewasa. Penyakit ini yang umumnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun demikian, membutuhkan waktu untuk pemulihan.

Bunda tak perlu khawatir berlebihan. Batuk merupakan mekanisme alami untuk mengeluarkan lendir ataupun benda yang menganggu jalan nafas. Memang menyedihkan melihatnya sulit bernapas karena pilek, tetapi biasanya ia akan sembuh dengan sendirinya. Umumnya batuk pilek akan sembuh dalam 2-3 hari, tetapi bisa juga berlangsung selama 7-10 hari dan disertai infeksi bakteri. Bila lebih dari 2 minggu tidak kunjung sembuh, kemungkinan besar batuk pileknya disebabkan oleh alergi. Bunda bisa membawanya ke dokter bila ia tak sembuh lebih dari 10 hari.

Sebelum mendapat penanganan dokter, Bunda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini bila anak bunda batuk dan pilek:

1.Lebih baik Susui bayi Anda langsung dari payudara Bunda untuk menghindari tertutupnya saluran yang menghubungkan antara hidung dengan telinga.

2.Bila ingin memberinya antibiotik disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberinya antibiotik atau obat-obatan lainnya.

3.Bila demamnya mencapai 38,5 derajat celcius berikan obat penurun panas khusus anak-anak (parasetamol ataupun ibuprofen). Bacalah dosis dan cara pemakaian yang tertera.

4.Bunda bisa melakukan penyedotan lendir di hidung bayi dengan alat penyedot khusus.

Apabila bayi sudah diberikan pengobatan tetapi masih batuk tidak berkurang atau bertambah buruk, terutama dengan demam dan kelihatan ada kesulitan bernafas, saya sarankan untuk segera diperiksa oleh dokter agar dokter memberikan terapi yang sesuai dengan keadaan anak bunda. Untuk kedepannya, jagalah anak bunda agar tidak terkontaminasi penyakit dari orang dewasa yang sedang batuk pilek, hindarkan dari orang dewasa yang sedang sakit dan selalu berikan susu ASI agar pertahanan tubuhnya baik.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "vsiya.venuzaclalusetiiaa " dengan judul pertanyaan " bapil pada bayi " pada Tanya Apoteker:dok mau tanya anak saya usia 4 bulan lagi bapil uda 3 hari batuk ny berdahak kdg juga muntah boleh gak dikasih obat toplexyl sirup apa ada obat lain ?makasih y dok

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Saya tidak setuju penggunaan toplexyl syrup untuk bayi bunda, karena masih terlalu muda. Jika demam, bunda dapat memberikan parasetamol drop. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena pilek dapat dibantu dengan menggunakan humidifier atau dengan menaruh air paras dan teteskan minyak kayu putih, uapnya dapat membantu untuk melegakan pernafasan.

Anak bunda muntah sebagai cara untuk mengeluarkan dahak dari tubuhnya.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu bunda.
Terima kasih.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :