SITE STATUS
Jumlah Member :
501.862 member
user online :
662 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - obat pusing


obat pusing
saya ingin menanyakan apa ibu hamil kalau lagi sakit kepala boleh minum obat pusing seperti( paramex atau panadol)

terima lasih
30 Mar 2017, 13:55
Dari : essy.komalasari

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Obat yang Aman untuk Ibu Hamil " :Saat hamil Bunda pasti menjadi lebih hati-hati, terutama dalam meminum obat. Karena tidak semua obat-obatan aman untuk ibu hamil. Tapi bagaimana kalau Bunda sakit dan harus minum obat? Berikut tentang obat-obatan yang perlu Bunda perhatikan saat hamil:

1.Hindari mengonsumsi Antibiotik tanpa resep dokter, terutama golongan tetrasiklin. Selain itu hindari juga penggunaan obat-obatan penyakit Diabetes dan Kanker bila tidak disertai resep dokter.

2.Ibu hamil biasanya mengeluh pusing, mual dan sakit kepala. Bila memang harus minum obat paracetamol adalah obat yang paling aman untuk ibu hamil. Tetapi tentu saja tidak boleh mengonsumsinya setiap hari.

3.Hati-hati dengan penggunaan kodein, aspirin dan ibuprofen karena dapat mempengaruhi pertumbuhanjanin dan lahir dengan berat badan rendah.

4.Bila diare, sebaiknya jangan langsung membeli obat diare yang mengandung Kaolin yang berbahaya untuk janin. minumlah garam Oralit supaya Bunda tidak dehidrasi.

5.Selalu konsultasikan pada dokter setiap obat yang akan Bunda minum.
Selain obat ada cara lain untuk mengatasi keluhan selama hamil terutama sakit kepala, yaitu dengan cara berolahraga ringan. Jalan kaki setiap pagi atau sore hari dapat mengurangi keluhan sakit kepala dan pegal-pegal. Berenang dan Yoga hamil bisa menjadi alternatif lain.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rini.nurbaiti " dengan judul pertanyaan " Sakit kepala saat hamil " pada Tanya Dokter: Selamat malam,dok saya mau tanya akhir-akhir ini kenapa ia kepala saya terkadang migren bagian kiri Bawah.itu bisa pengaruh ke janin gak makasih sebelum nya dok

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Sakit kepala pada kehamilan seringkali disebabkan karena adanya perubahan hormonal. Selain itu kemungkinan lain penyebabnya adalah stress, kurangnya tidur, kurangnya asupan makanan, kadar gula darah yang rendah ataupun karena perubahan postur tubuh. Untuk mengetahui pasti penyebab sakit kepala dan pengobatannya sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter kandungan Anda. Posisikan tubuh anda dalam suasana yang relax, berikan pijatan lembut pada kepala dan pundak anda, perhatikan asupan makanan dan pola istirahat Anda. Pada umumnya tidak berdampak secara langsung pada janin, namun bila Bunda menjadi malas makan karena sakit kepala, dapat terjadi kurangnya asupan nutrisi dan dapat berdampak pada kehamilan.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Fitry Fityana " dengan judul pertanyaan "pengaruh mengkomsumsi obat sakit kepala " pada Tanya Apoteker:selama kehamilan sll minum obat sakit kepala dan skr usia kehamilan sy sudah 33 minggu apa ada pengaruh negatif buat bayi sy , terus terang sy sangat khawatir dengan bayi sy

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Obat sakit kepala apa yang bunda minum?
Saya tidak menyarankan konsumsi obat terus menerus selama kehamilan.

Obat sakit kepala seperti parasetamol (pamol, panadol dan lain-lain) tidak menyembuhkan sakit kepala tersebut, namun hanya menghilangkan rasa sakit saja.
Saya sarankan bunda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dari sakit kepala tersebut (misalnya tekanan darah tinggi).
Hindari konsumsi obat sewaktu hamil, pertimbangkan secara bijak manfaat dan resikonya.
Demikian jawaban saya, semoga membantu bunda.
Terima kasih






Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :