SITE STATUS
Jumlah Member :
499.998 member
user online :
763 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - alergi saat hamil


alergi saat hamil
dok, saat hamil 38mg. nah semlm saya salah makan yg akhirnya menyebabkan alergi, bentol2 dibadan lalu gatel. sudah saya beri bedak, bentol berkurang semlm, tp skrng ini mulai gatel lg dan ada bentol2 lg tp tdk bnyk. obat alergi apa yg aman saya minum dok? trims.
30 Mar 2017, 8:59
Dari : Dhezii Nurjaman

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Alergi Pada Ibu Hamil Dan menyusui " :Nah, adakah langkah-langkah tertentu yang dapat dilakukan oleh seorang ibu hamil untuk meminimalkan reaksi alergi, baik pada dirinya ataupun pada bayinya kelak? Ada beberapa cara, yaitu: 1. Ibu hamil harus menyadari bahwa ia terkena alergi yang mungkin tak akan hilang dan yang bisa dilakukan adalah menghindari alergen (pemicu alerginya). 2. Ia harus mengenal dengan baik hal-hal apa yang dapat memicu alerginya. 3. Ibu hamil juga harus menyadari bahwa apa yang ia makan atau hirup dapat menjadi media pengenalan alergen bagi bayi yang dikandungnya. Karena itu, ibu hamil yang menderita alergi sebaiknya menghindari makanan pencetus alergi, asap rokok, debu, dan tidur di kamar yang bebas dari alergen. Bila misalnya ia alergi pada dingin, usahakan suhu kamar tidak terlalu dingin, supaya ia tidak bersin-bersin atau pilek dan membuat kondisi badan menjadi menurun. Hindari pula pernak-pernik kamar yang mudah mengundang debu semisal selimut bulu, permadani tebal, dan korden beludru. 4. Setelah bayi lahir, usahakan memberi ASI pada bayinya karena ASI dapat mencegah alergi. Sementara itu, susu sapi dilaporkan banyak menimbulkan reaksi alergi. 5. Perlu diingat, alergen dapat mengalir dari ASI. Karena itu, ibu menyusui yang memberi ASI harus mencegah mengonsumsi zat-zat yang dapat mencetuskan alerginya, seperti ikan laut, cokelat, dan sebagainya. 6. Untuk mengurangi risiko alergen mengalir pada ASI, lebih baik ibu menyusui mengonsumsi antioksidan dan sayur-sayuran karena diketahui dapat menghambat alergi pada bayi. 7. Manifestasi alergi tersering pada bayi adalah dermatitis atopi. Tanda-tandanya adalah bintik-bintik di daerah pipi, siku, atau lutut pada bayi. Lebih baik, segera bawa bayi ke dokter bila hal ini terjadi. 8.Alergi tidak akan kambuh bila tidak ada pencetus alergi, dan pencegahan adalah obat terbaik bagi alergi.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " nurinavidyaa " dengan judul pertanyaan " kehamilan dan alergi " pada Tanya Bidan:dok, saya sedang hamil 20 minggu tapi saya kemarin terkena alergi ikan yang biasanya saya tidak alergi.. sampai hari ini terkadang masih terasa gatal apalagi jika terkena dingin dan bekasnya belum hilang juga padahal sudah 2 minggu lebih.. bagaimana ya dok baiknya ? tks

Bidan menjawab
Dear bunda Nurinavidyaa,
Penyebab alergi adalah adanya pencetus atau alergen. Barangkali jenis ikan yang bunda konsumsi saat itu berbeda jenis, ataupun kesegarannya kurang, sehingga menimbulkan alergi. Reaksi yang muncul berupa gatal dikulit, sebaiknya tidak digaruk, karena dapat menimbulkan infeksi sekunder. Bila reaksi alergi yang muncul sangat mengganggu, disarankan untuk memeriksakan keluhan bunda langsung pada dokter, agar dapat diberikan terapi antialergi yang aman untuk bunda, sehingga efek samping yang terjadi pada bunda maupun janin dapat dihindari.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nunung.hariswa " dengan judul pertanyaan
" KEHAMILAN DAN OBAT ALERGI " pada Tanya Apoteker:salam kenal dok,mau tanya obat untuk alergi (biduren) apa ya? permasalahannya saya baru hamil 9 minggu, sebelum hamil saya setiap keluar alergi langsung minum obat,kalau tidak minum obat tdk bisa tidur krn merasakan dahsyatnya gatal2! karena posi2nya skrng sedang hamil jadi tdk berani minum obat alergi, meskipun menurut dokterobat tersebut tdk apa2 untuk dikonsumsi ibu hamil, tp msh muncul rasa takut untuk minum obat itu dok,,, apabila sy minum apa ada efek samping si kecil bsk ya dok? mhn penjelasannya. terimakasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Nunung,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Saya akan bantu menjawab pertanyaannya dengan kewenangan saya sebagai apoteker.
Alergi seringkali di picu oleh jamur, debu, serbuk bunga, bulu hewan peliharaan, dan makanan. Jika tubuh bunda sensitif ke salah satu atau lebih, maka akan menyebabkan reaksi alergi, bersin-bersin, gatal-gatal, mata berair dan lain-lain.

Obat alergi yang aman dikonsumsi saat hamil adalah CTM. CTM termasuk anti histamin yang bekerja dengan cara menghambat kerja histamin. Histamin merupakan zat yang diproduksi tubuh yang dapat mencetuskan gejala alergi seperti bersin, mata berair, hidung mampet, dan gatal-gatal di badan. Oleh karena itu manfaat utama dari klorfeniramin adalah mengurangi atau menghilangkan gejala-gejala alergi yang ditimbulkan oleh histamin.

Efek sampin dari CTM ini adalah rasa mengantuk. Hidari menyetir atau mengoperasikan dan melakukan kegiatan yang membutuhkan siaga tinggi. Hindari sebaik mungkin penyebab alergi sebaik mungkin.
Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
Terima Kasih


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :