SITE STATUS
Jumlah Member :
499.877 member
user online :
1058 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Kecanduan Game ?



Blog posted by

Kecanduan Game ?


Blog posted on 08-06-2009
Baru saja membaca-baca di blog maupun di situs lain tentang anak yang kecanduan game, baik lewat PS, komputer, HP, game box, dll. Lalu terpikir juga tentang Daffa, apakah dia sudah termasuk kecanduan atau gimana?.

Daffa sendiri saat ini salah satu kegemarannya adalah bermain komputer yang berisi program-program permainan seperti program Boby Bola, Akal Interaktif , game Simutrans maupun game-game lainnya. Bermain di komputer itu sudah sejak lama kami kenalkan setidaknya sejak dia berumur beberapa bulan. Awalnya dengan memutarkan film-film pendidikan lalu dengan bertambahnya umur dengan program yang disesuaikan dengan umur Daffa.

Sejak Daffa mulai bisa bermain komputer sendiri, kami sudah mengantisipasi hal yang berhubungan dengan kecanduan tersebut. Meski belum sempurna ataupun mungkin bukan yang terbaik, tapi cara tersebut adalah yang paling cocok yang kami tahu yang bisa diterapkan kepada Daffa. Kami juga tetap belajar ataupun mencari tahu bila ada cara atau metode lain yang lebih baik atau lebih tepat sasaran.

Awal-awal, kami menggunakan jam serta memintanya untuk berjanji sampai jam berapa dia akan bermain komputer. Saat itu cara ini bisa diterapkan karena senin-jum'at masih ada Ungku atau Omanya yang menjaganya, sehingga bisa diingatkan saat dia lupa/ melewati limit waktu sekaligus melatihnya untuk menepati janji.

Saat ini, karena Daffa hanya berdua dengan Mbak Nana di hari senin-jum'at, maka bapak menggunakan cara lain untuk membatasi-nya bermain komputer. Caranya adalah dengan menggunakan program Kids PC Time Administrator. Dengan program ini, kami bisa membatasi jam pemakaian komputer Daffa, misalnya sehari jam-jam berapa saja dia bisa bermain komputer dan ketika waktunya habis, maka komputer akan shutdown sendiri. Program ini juga memungkinkan kita sebagai orang tua membatasi direktori mana saja yang bisa diakses oleh anak sekiranya PC/Laptop yang digunakan digunakan secara bersama oleh anggota keluarga lain.

Awalnya Daffa terkadang kesal dengan hal tersebut karena disaat dia sedang asyik bermain game misalnya, tiba-tiba PC bisa shutdown sendiri. Tapi dengan diberi penjelasan dan berjalannya waktu, dia sekarang sudah tahu jam-jam berapa saja dia boleh bermain komputer.

http://daffa-tristan.blogspot.com/


Ditampilkan sebanyak : 577

Comment by:
anakku juga yang gila game tapi syukur dech dia tw waktu, mungkin aq tipe ibu yang sama kaya mba yang memperkenalkan anak lewat media komputer.
Dikirim : 2009-06-08

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
asunaryo's blog :