SITE STATUS
Jumlah Member :
497.386 member
user online :
1336 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Brain Gym (Part 2)

(Posted:2012-11-28 18:56:08)

Masih ingat dengan senam otak atau brain gym yang telah kita bahas pada pekan lalu di brain gym (part 1) ? Untuk kali ini kami membahas mengenai gerakan-gerakan dari brain gym tersebut dan manfaatnya.

Sebagai langkah awal dalam brain gym meliputi PACE. Proses PACE diharapkan untuk menghantar ke dalam suatu keadaan yang nyaman untuk belajar. Proses PACE terdiri dari 4 aktivitas sederhana  yang dimulai dari Energitis ( minum air /ASI untuk usia di bawah 2 tahun), Clear (melakukan pijatan saklar otak), Aktif (melakukan homolateral/gerakan silang) dan Positif (melakukan Hook Ups/kait rileks). Khusus untuk gerakan kait rileks, yaitu menyatukan ujung-ujung jari selama satu menit dan berdiam diri sejenak, balita akan memerlukan bantuan.

Brain gym adalah gerakan repatterning yang memerlukan pengulangan dan konsentrasi. Sebaiknya lakukan 3 kali dalam sehari yang disesuaikan dengan rutinitas, misalnya pada saat pagi hari, sesudah mandi, siang hari sesudah istirahat siang dan sore hari. Selain itu, di setiap gerakan juga terdapat pengulangan gerakan.

Adapun gerakan-gerakan dalam brain gym, antara lain :
·      Gerakan Sakelar Otak
Gerakan ini adalah dengan dilakukannya pijatan selama 20-30 menit pada sakelar otak, yakni jaringan lunak di bawah  tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada dengan satu tangan, sementara tangan lainnya memegang atau memijat sebelah kanan dan kiri pusar.
Manfaatnya adalah dapat mengoptimalkan keterampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stres visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.
·      Gerakan Silang
Untuk mengaktifkan hubungan kedua sisi otak maka dilakukannya gerakan anggota badan secara menyilang, seperti tangan kanan digerakkan bersamaan dengan kaki kiri lalu tangan kiri digerakkan bersamaan dengan kaki kanan. Gerakan ini merupakan gerakan pemanasan untuk semua keterampilan yang memerlukan penyeberangan garis tengah bagian lateral tubuh. Bermanfaat untuk mengoptimalkan pekerjaan menulis, mendengar, membaca dan memahami, meningkatkan stamina, memperbaiki pernapasan, pendengaran dan penglihatan.
·      Tombol Bumi
Pada ujung salah satu tangan menyentuh bawah bibir, dan ujung jari tangan lainnya di atas tulang kemaluan (15 cm di bawah pusar). Di sentuh selama 30 detik atau 4-6 kali tarikan napas penuh. Gunanya adalah mengurangi kelelahan mental (stres), mengoptimalkan jenis pekerjaan seperti organisasi, perancangan seni, pembukuan.
·      Tombol Imbang
Tekan tombol imbang yakni tekan diarea 4-5 cm ke kiri dan ke kanan dari garis tengah/lekukan pada batas rambut antara tengkorak dan tengkung di atas tulang belakang, sementara tangan satunya menyentuh pusar, lakukan selama 30 detik.  Berguna untuk mengerti konsep yang tersirat (saat membaca), mengkritisi, mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan di kuping karena perubahan ketingian, mengoptimalkan pekerjaan menulis laporan, memakai telepon atau komputer.
·      Kait Relaks
Tumpangkan kaki kiri di atas kaki kanan, dan tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah. Jemari kedua tangan saling menggenggam, kemudian tarik tangan ke arah pusar dan terus ke depan dada. Pejamkan mata dan saat menarik napas, lidah ditempelkan ke langit-langit mulut dan lepaskan saat mengembuskan napas. Berikutnya, buka silangan kaki, dan ujung-ujung jari tangan saling bersentuhan secara halus di dada atau di pangkuan, sambil mengambil napas dalam 1 menit lagi. Berfungsi agar dapat mendengar aktif, berbicara lugas, menghadapi tes dan bekerja dengan papan ketik, pengendalian diri dan keseimbangan.

Lakukanlah gerakan-gerakan tersebut dalam keadaan rileks. Terlebih lagi jika dilakukan pada anak jangan  sampai kegiatan ini menimbulkan stres, karena dapat berakibat kehilangan minat.

Tips : Agar tidak membosankan dalam melakukan gerakan dalam brain gym, dapat juga diiringi oleh alunan musik.

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman