SITE STATUS
Jumlah Member :
484.138 member
user online :
2249 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tumbuh Kembang Bayi

   

Tumbuh Kembang Bayi



Pernahkah Bunda membanding-bandingkan bayi Bunda dengan bayi lain? Misalnya Bunda melihat bayi tetangga sudah bisa melakukan gerakan membalikkan badan di usia 10 bulan, namun si kecil belum dapat melakukannya meski sudah memasuki usia 12 bulan. Atau tubuh anak Bunda agak kurus sedangkan teman yang seusianya lebih gemuk.

Jangan bersedih hati dulu ya Bunda, karena tumbuh kembang setiap bayi adalah berbeda-beda. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan buah hati Bunda? Yuk kita cari tahu dahulu disini ya Bunda.

Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah dan ukuran sel alat tubuh sehingga tubuh bertambah besar.Misalnya, bayi saat lahir beratnya 3,5 kg, kemudian pada usia 1 tahun menjadi 10 kg Sedangkan, perkembangan ialah bertambah matangnya fungsi alat tubuh, termsuk fungsi intelektual, emosi dan kepribadian. Sebagai contoh usus bayi yang baru lahir belum matang fungsinya, enzim pencernaannya belum cukup sehingga belum dapat mencerna makanan padat.

Faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang pada bayi :
1. Faktor bawaan ( faktor genetik )
Faktor bawaan tidak dapat diubah tetapi dapat diupayakan dengan penyediaan lingkungan yang baik.
2. Faktor lingkungan
Faktor yang berasal dari luar dirinya seperti, orangtua. Faktor lingkungan mencakup aspek kebutuhan fisik, aspek asih ( kasih sayang ) dan aspek asuh ( pendidikan dan pergaulan)
3. Faktor gizi. Pada masa pertumbuhan sangat diperlukan makan-makanan bergizi dalam jumlah yang seimbang antara kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
4. Kemampuan motorik (Motorik halus dan kasar) pada bayi
5. Kemampuan bicara dan berbahasa pada masa bayi
6. Kemampuan sosialisasi dan kemandirian pada masa bayi

Perubahan yang terjadi pada bayi, diantaranya :
1. Ukuran tubuh pada bayi, besar kecilnya tubuh dipengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan.
2. Tinggi tubuh antara anak satu dengan lainnya berbeda.
3. Berat tubuh.

Jadi, pertumbuhan dan perubahan fisik pada bayi yang cepat akan disertai dengan perubahan dalam kebutuhan gizinya. Begitu juga kemampuan motorik bayi meliputi kemampuan motorik halus dan kasar, dan perubahan pada bayi meliputi ukuran tubuh, tinggi tubuh, dan berat tubuh.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman