SITE STATUS
Jumlah Member :
496.318 member
user online :
1296 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Menjadi Pelupa saat Hamil

   

Menjadi Pelupa saat Hamil



“Lho, dompet Bunda di mana ya? Aduh ketinggalan lagi.”
Mungkin Bunda sering mengalami kejadian seperti itu akhir-akhir ini. 
Tak enak rasanya bila kita melupakan sesuatu, apalagi sesuatu yang penting dan kita butuhkan saat itu. Tetapi sebelumnya Bunda jarang sekali melupakan sesuatu, namun selama hamil kok Bunda seringkali lupa. Kenapa ya?

Bunda yang hamil memang kerap kali sulit berkonsentrasi sehingga mudah lupa. Hal ini wajar karena adanya perubahan hormon saat Bunda hamil. Kebiasaan lupa ini akan muncul pada trimester kedua dan akan semakin terasa pada trimester ketiga serta saat masa awal kelahiran. Tetapi Bunda tak perlu kuatir, kebiasaan ini akan hilang dengan sendirinya, biasanya setelah 2 tahun kelahiran bayi Bunda. 

Penyebab
Selain faktor hormon, Bunda hamil menjadi pelupa disebabkan karena beberapa hal, seperti terlalu cemas. Terutama bila Bunda mengandung anak pertama, rasa cemas akan lebih terasa daripada anak kedua, ketiga dan seterusnya. Biasanya Bunda cemas apakah Bunda dapat menjadi orangtua yang baik. Solusinya, tenangkan diri Bunda. Cari tahu informasi tentang bagaimana mengurus bayi baru Bunda.

Jurnal Neuro Report mengungkapkan bahwa bila Bunda mengandung bayi perempuan, Bunda akan sering lupa dibandingkan mengandung bayi laki-laki. Penelitian dilakukan selama 18 bulan terhadap 39 wanita hamil di Canada. Mereka diberikan beberapa tes daya ingat, berhitung dan visualisasi. Para peneliti menduga Bunda yang mengandung janin laki-laki lebih kuat daya ingatnya dibanding yang mengandung janin perempuan. Tetapi tentu saja hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Solusi 
Untuk mengurangi gejala Momnesia ini Bunda dapat melakukan;
1.  Mencatat semua hal yang Bunda harus lakukan. Misalnya besok Bunda harus membelikan buah pir kesukaan Ayah. Catat dan letakkan di tempat yang mudah terlihat.
2.  Letakkan barang-barang di satu tempat. Misalnya kunci rumah, kunci mobil, dompet dan lain-lain. Sehingga saat Bunda siap bepergian, Bunda tak lupa untuk membawa barang yang lain juga.
3.  Mengikuti kelas yoga hamil dapat memberikan rasa nyaman dan mengurasngi rasa cemas. Ikuti pula seminar-seminar parenting yang dapat menambah ilmu Bunda dalam mengurus si kecil nanti.
4.  Perbaiki jadwal tidur Bunda. Bunda hamil memang akan mengalami kesulitan tidur. Tetapi usahakan Bunda tetap tidur meskipun sebentar.

Tips:
Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen untuk menambah daya ingat. Konsultasikan pada dokter bila Bunda benar-benar ingin mengonsumsinya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman