SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
6219 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sudahkah Ibu mendukung perkembangan Konsentrasi, Memori dan Problem Solving si kecil di Golden Period-nya?

   

Sudahkah Ibu mendukung perkembangan Konsentrasi, Memori dan Problem Solving si kecil di Golden Period-nya?



Sebagai orang tua, kita tentu ingin si kecil tumbuh meniadi anak yang cerdas dan tumbuh secara optimal. Konsentrasi, memori, dan problem solving adalah salah satu modal dalam mendukung prestasi belajar si kecil. Kesuksesan masa depannya dipengaruhi apa yang ibu berikan pada saat golden period-nya.  

Golden period dimulai saat trimester kehamilan hingga si kecil berusia 2 tahun. Masa ini adalah masa di mana otak si kecil mengalami perkembangan yang luar biasa cepat. Saat mencapai usia 2 tahun, berat otak si kecil telah mencapai 75% berat otak dewasa dan pertumbuhan otaknya telah mencapai 90%.

Perkembangan pesat ini terjadi sangat singkat dan sekali seumur hidupnya, karena itu disebut  golden period.
 
Ibu dapat mengoptimalkan  golden period  si kecil dengan cara:
  • Berikan nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan otak, khususnya komunikasi efektif antar sel-sel otak.
     
  • Berikan sebanyak mungkin stimulasi yang tepat pada si kecil. Semakin banyak stimulasi yang diterima si kecil, semakin banyak komunikasi yang terjadi antar sel-sel saraf otak.
Salah satu nutrisi yang terpenting dalam proses ini adalah DHA atau doxosahexaenoic acid.

DHA berperan untuk  menjaga neurotransmitter (pesan) agar pesan tersampaikan dengan sempurna dari sel saraf otak satu ke sel saraf otak lainnya. DHA terdapat dalam kadar tinggi di memban-membran sel otak dan mata. Tubuh dapat memproduksi DHA, namun proses ini berlangsung lambat dan kurang efisien. 
 
Makanan kaya DHA seperti ikan salmon, mackerel, ikan sardine juga tidak umum dikonsumsidan kurang disukai anak-anak pada masa pertumbuhan. Oleh karena itu, Ibu perlu memastikan nutrisi yang dikonsumsi si kecil mengandung DHA dalam kadar yang cukup agar kebutuhannya akan DHA tercukupi.
 
Berkaitan dengan hal tersebut, Mead Johnson sebagai perusahaan internasional terkemuka berbasis ilmiah dalam industri nutrisi bayi dan anak-anak, secara konsisten melakukan penelitian dalam hal nutrisi anak dan tahap awal perkembangan otak.

Dari 6 studi klinis yang telah dikembangkan, terbukti bahwa pemberian nutrisi dengan kadar DHA 17 mg/100 kkal dan ARA 34 mg/100 kkal dapat mendukung perkembangan otak dan daya tahan tubuh si kecil, sebagai berikut:
  1. Memiliki kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik pada usia 9 bulan (studi oleh Drover, 2009). Hal ini juga terkait dengan kemampuannya dalam merencanakan, mengingat, dan fokus
     
  2. Memiliki ketajaman penglihatan yang lebih baik pada usia 12 bulan (studi oleh Morale, 2005). Studi ini mengevaluasi pekembangan system visual (retina dan usia si kecil)
     
  3. Memiliki skor indeks perkembangan mental (Mental Development Index) lebih tinggi 7 poin di usia 18 bulan (studi oleh Birch, 2000)
    MDI adalah skor yang mengindikasikan kemampuan si kecil dalam mengingat (memori), memecahkan masalah, membedakan dan mengelompokkan, berbicara dan berbahasa, serta kemampuan sosial.
     
  4. Memiliki kemampuan berbahasa (skor verbal IQ) lebih tinggi 6 poin pada usia 4 tahun (studi oleh Birch, 2007). Skor verbal IQ si kecil mengindikasikan kemampuannya dalam memahami informasi serta kemampuan aritmatika dan kosakata
     
  5. Memiliki sistem pernapasan lebih baik pada 1 tahun pertama usianya (studi oleh Pastor, 2006)
     
  6. Memiliki kesehatan saluran pernapasan yang lebih baik di 3 tahun pertama usianya (studi oleh Birch, 2010)
Kita telah mengetahui bahwa  golden period  berlangsung singkat dan hanya terjadi sekali seumur hidup.
Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk memberikan nutrisi dan stimulasi optimal untuk mendukung perkembangan konsentrasi, memori, dan problem solving si kecil.
 
***Sebagai referensi mengenai DHA, 6 studi klinis, dan tumbuh kembang si kecil, silahkan klik www.meadjohnson.co.id atau hubungi Nutrition Consultant Mead Johnson di toko-toko tertentu.
 
Artikel Terkait :
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman