SITE STATUS
Jumlah Member :
493.612 member
user online :
1580 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sistem Imun Pada Ibu Hamil

   

Sistem Imun Pada Ibu Hamil



Terlebih bila Anda sedang hamil, karena ibu yang sistem imunnya kurang baik, sering kali mengalami kegagalan dalam kehamilannya. Baik itu keguguran, kehamilan dengan berat badan bayi rendah, kehamilan prematur (kurang bulan), keracunan kehamilan (preeklampsia atau eklampsia), ataupun kematian bayi di dalam kandungan. Tentulah hal ini tidak Anda inginkan.
Penelitian dari Potter (1992) menyebutkan terjadinya kegagalan awal dari kehamilan 40% disebabkan karena faktor kekebalan tubuh, 6% karena faktor kromosom, 5% karena abnormalitas fungsi reproduksi, 10% karena penyakit sistemik dari ibu, 29% karena gangguan hormon, sedangkan 10% karena faktor yang tidak diketahui (unexplained).
Perlu diketahui bahwa saat kehamilan memasuki umur empat bulan biasanya terjadi “morning sickness”, yang ditandai dengan tubuh lemas, pusing, mual bahkan muntah di pagi hari hingga sepanjang hari. Namun, mabuk pagi ini sifatnya hanya individual dan gejala ini hanya dialami 50-90% wanita. Ketika morning sickness muncul, banyak calon ibu sering atau tak sengaja mengabaikan kebutuhan gizi. Padahal, pada trimester pertama ini kebutuhan gizi justru perlu perhatian lebih, baik dari segi jumlah maupun mutu makanan. Bila asupan gizi tidak terpenuhi akan menyebabkan sistem imun menurun.

Asupan gizi yang diperlukan Ibu hamil untuk menjaga sistem imun agar tidak gampang sakit:

Protein Berfungsi untuk membangun sel-sel baru, termasuk sel darah, kulit dan jaringan otot. Protein juga dibutuhkan plasenta untuk membawa makanan ke janin. Protein terdapat pada daging, keju, ikan, telur, kacamg-kacangan, tahu, tempe dan oncom.

Kalori
Kalori dibutuhkan untuk perubahan dalam tubuh ibu hamil. Meliputi pembentukan sel-sel baru. Pengalihan makanan dari pembuluh darah ibu janin melalui plasenta dan pembentukan enzim dan hormon yang mengatur pertumbuhan bayi.

Vitamin dan Mineral Diperlukan vitamin dan mineral yang merupakan zat gizi penting selama hamil. Vitamin A dengan jumlah optimal sangat diperlukan unruk pertumbuhan janin. Vitamin B1,B2 dan Niasin berguna untuk proses metabolisme tubuh. Sedangkan B6 dan B12 berguna untuk penggunaan protein dalam tubuh. Vitamin C penting untuk menyerapan zat besi dalam tubuh untuk mencegah anemia. Untuk pembentukan tulang dan sendi janin diperlukan vitamin D, namun tentu saja kalsium juga berperan penting. Vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah serta melindungi lemak dari kerusakan. Asam folat dan seng berguna untuk pembentukan saraf pusat. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat mengurangi risiko kelainan sistem saraf pusat dan otak janin. Makanan yang kaya asam folat yaitu jeruk, pisang, brokoli, wortel dan tomat.

Serat
Konsumsi serat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran, membantu kerja sistem ekskresi sehingga mudah buang air besar.

Air
Dalam keaadan normal saja kita dianjurkan meminum air putih sehari, apalagi bagi wanita hamil yang mengalami morning sickness diharuskan minum lebih banyak air untuk mengurangi dehidrasi.

 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman