SITE STATUS
Jumlah Member :
484.020 member
user online :
2434 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Apoteker



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Apoteker ini diasuh oleh seorang apoteker profesional Rachel, S.Farm, Apt yang saat ini aktif sebagai bekerja di perusahaan farmasi di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Salep untuk bekas ASI di pipi bayi
Oleh :


Anak saya berumur 1,5 bln. dulu dipipinya ada semacam bintik2 merah seperti ruam tetapi kmudian berubah mjd kering lalu mengelupas. Lalu saya oles dengan Pure Baby yang saya beli di apotik atas saran kakak saya. sekarang ruam itu jadi bercak putih meskipun kulitnya sudah halus. bagaimana cara menghilangkan bercak putih itu? apa bisa hilang? kira2 salep yg aman apa ya untuk menghilangkannya? trima kasih
   
 
Rachel, S.Farm, Apt menjawab


Terima kasih atas pertanyaannya.

Berikut saya jelaskan kondisi kulit yang sering dialami bayi.

-    Jerawat Bayi (Bintik pink seperti jerawat)

Hal ini disebabkan paparan saat di dalam rahim terhadap hormon maternal. Kondisi ini tidak membutuhkan perawatan, karena akan hilang dengan sendirinya.

-    Erythema toxicum 

Bisul merah dengan bintik putih atau kuning ditengah. Hal ini belum diketahui penyebabnya tapi tidak membutuhkan perawatan, karena akan hilang dengan sendirinya.

-    Kulit kering dan mengelupas dapat terjadi pada semua bayi normal  tapi sangat terlihat pada bayi yang terlambat lahir. 

-    Benjolan putih pada hidung dan wajah (milia) disebabkan karena ada hambatan pada kelenjar minyak. Saat kelenjar minyak bayi membesar dan membuka dalam beberapa minggu, benjolan tersebut akan hilang. 

-    Bercak merah yang sidebabkan oleh paparan hormon maternal. Bercak ini akan hilang dalam beberapa minggu. 

-    Jaundice (bayi kuning) terjadi saat kulit bayi menguning. Hal ini disebabkan karena jumlah bilirubin yang terlalu tinggi. Hal ini diatasi dengan pemaparan sinar, biasa dilakukan dalam inkubator. 

-    Seborrhea sering terlihat pada bayi umur 1-2 bulan. Beminyak,  kerak putih yang terlihat dikepala dan dapat termasuk ruam merah pada wajah, dibelakang telinga, leher dan bahkan pada ketiak. Silahkan berkonsultasi dengan dokter saat ini terjadi. 

-    Eksim 

Bercak merah gatal pada kulit, biasa terjadi pada dada, tangan, kaki, wajah, siku dan belakang lutut bayi. Hal ini disebabkan oleh kulit kering, sensitif dan terkadang bisa disebabkan juga oleh alergi. Saat ini terjadi :

o    Gunakan sabun yang lembut

o    Gunakan detergen yang lembut untuk pakaian bayi.

o    Gunakan moisturizer

o    Jika terus berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter. 

-    Biang keringat terlihat seperti benjolan merah kecil di daerah yang sering berkeringat seperti di leher, daerah popok dan ketiak. Atasi dengan tetap membuat daerah tersebut kering dan hindari kepanasan dengan memakaikan pakaian yang menyerap keringat dan lebih longgar.

-    Infeksi jamur.

Infeksi jamur pada lidah terlihat seperti susu yang mengering tapi tidak bisa dibersihkan. Pada daerah popok, terihat seperti ruam merah dengan benjolan. Untuk infeksi jamur, berkonsultasi dengan doketer untuk mendapatkan antifungal gel atau antifungal drops. 

Dari kondisi yang bunda jabarkan, sepertinya anak bunda mengalami jerawat bayi, Hal ini tidak perlu perawatan, pastikan saya area tersebut bersih dan kering. 

Demikian jawaban saya,

Semoga membantu 



 


   
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.



Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman