SITE STATUS
Jumlah Member :
485.601 member
user online :
2851 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Apoteker



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Apoteker ini diasuh oleh seorang apoteker profesional Rachel, S.Farm, Apt yang saat ini aktif sebagai bekerja di perusahaan farmasi di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

kegemukan
Oleh :


Siang mba, mau minta pendapatnya ni mba... Berat badan q skrg mencapai 95kg, suplemen apa ya mbak yg dpt membantu mengurangi berat badan... Soalnya gara2 kegemukan ini saya sempat gak haid sampai 4bln (saya kira saya hamil) tpi setelah cek ke dokter tak ada hasilnya, kata dokter masalahnya karna kegemukan yg saya alami ini... Dokter menyarankan saya diet, cuman susah mbak nafsu makan saya susah di atur, ini mencoba ocd untuk menekan nafsu makan... Bisa gak mba berikan resep untuk menekan nafsu makan q atau tidak rekomendasikan obat pelangsing yg aman untukku, aq sampai di katain org2 mba, sedih rasanya :( terima kasih sebelumnya ya mba
   
 
Rachel, S.Farm, Apt menjawab


Dear Bunda,



Terima kasih atas pertanyaannya.



Obat untuk penekan nafsu makan tergolong obat keras sehingga memerlukan diagnosa dan juga resep dari dokter.



Saya sarankan bunda mengubah pola makan bunda. Hindari makanan dan minuman yang manis seperti teh manis, soda dan jus. Ganti dengan air putih.



Perhatikan jumlah kalori yang tercantum pada kemasan makan dan juga “serving size”. Hal ini dapat membantu bunda memilih snack yang baik.



Kurangi karbohidrat simple seperti nasi putih dan roti putih tawar. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Hindari makanan yang digoreng dan makanan bersantan. Jika bunda ingin buah, makan buah secara langsung sesungguhnya lebih naik dari pada dengan cara dijus.



Kurangi konsumsi makanan tinggi natrium. Makanan tinggi natrium akan menarik air. Garam dan MSG mengandung natrium tinggi. Bunda dapat melihat kandungan natrium pada kemasan makanan.



Cara yang menurut saya efektif, adalah mengecilkan porsi makanan. Teorinya adalah, ketika kita terbiasa makan dengan jumlah besar, makan ukuran perut kita akan besar. Ketika kita mengurangi porsi makanan, makan ukuran perut kita akan mengecil dan saat ini, ketika akan makan dalam jumlah besar akan merasa kekenyangan. Memang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mengecilkan ukuran perut ini, tapi dapat membantu dalam jangka panjang.



Jika bunda merasa lapar, coba minum air putih satu gelas terlebih dahulu, karena seringkali kita merasa lapar padahal yang kita rasakan adalah haus.



Demikian jawaban dari saya, semoga membantu bunda.



Terima kasih


   
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.



Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman