SITE STATUS
Jumlah Member :
484.296 member
user online :
1946 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Apoteker



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Apoteker ini diasuh oleh seorang apoteker profesional Rachel, S.Farm, Apt yang saat ini aktif sebagai bekerja di perusahaan farmasi di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

KEHAMILAN DAN OBAT ALERGI
Oleh :


salam kenal dok,mau tanya obat untuk alergi (biduren) apa ya? permasalahannya saya baru hamil 9 minggu, sebelum hamil saya setiap keluar alergi langsung minum obat,kalau tidak minum obat tdk bisa tidur krn merasakan dahsyatnya gatal2! karena posi2nya skrng sedang hamil jadi tdk berani minum obat alergi, meskipun menurut dokterobat tersebut tdk apa2 untuk dikonsumsi ibu hamil, tp msh muncul rasa takut untuk minum obat itu dok,,, apabila sy minum apa ada efek samping si kecil bsk ya dok? mhn penjelasannya. terimakasih
   
 
Rachel, S.Farm, Apt menjawab


 

Dear Bunda Nunung,


Terima Kasih atas pertanyaannya.


Saya akan bantu menjawab pertanyaannya dengan kewenangan saya sebagai apoteker.


Alergi seringkali di picu oleh jamur, debu, serbuk bunga, bulu hewan peliharaan, dan makanan. Jika tubuh bunda sensitif ke salah satu atau lebih, maka akan menyebabkan reaksi alergi, bersin-bersin, gatal-gatal, mata berair dan lain-lain.


Obat alergi yang aman dikonsumsi saat hamil adalah CTM. CTM termasuk anti histamin yang bekerja dengan cara menghambat kerja histamin. Histamin merupakan zat yang diproduksi tubuh yang dapat mencetuskan gejala alergi seperti bersin, mata berair, hidung mampet, dan gatal-gatal di badan. Oleh karena itu manfaat utama dari klorfeniramin adalah mengurangi atau menghilangkan gejala-gejala alergi yang ditimbulkan oleh histamin.


Efek sampin dari CTM ini adalah rasa mengantuk. Hidari menyetir atau mengoperasikan dan melakukan kegiatan yang membutuhkan siaga tinggi. Hindari sebaik mungkin penyebab alergi sebaik mungkin.


Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.


Terima Kasih

   
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.



Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman