SITE STATUS
Jumlah Member :
484.258 member
user online :
2156 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Apoteker



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Apoteker ini diasuh oleh seorang apoteker profesional Rachel, S.Farm, Apt yang saat ini aktif sebagai bekerja di perusahaan farmasi di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

PTU dan PROPANOLOL
Oleh :


Pertanyaan ini datang dari Bunda charliaventiwahyuni

" bunda ,,tolong dibantu info nya,, saya sedang gelisa.. beberapa hrni sy test pack hasil:POSITIF . tapi sjk 3bln blakang ini sy sedang mengobati sakit TIROID dileher saya ,skrg sy sedang konsumsi PTU dan PROPANOLOL,,, apa benar org yg sedang tiroid tidak blh hamil? yg klo hamil bs berakibat anaknya autis /cacat? tolong infonya bunda,,mksh"
   
 
Rachel, S.Farm, Apt menjawab


Dear Bunda Charliaventiwahyuni

Terima kasih atas pertanyaannya.



Kehamilan yang dikomplikasi dengan hipertiroidisme dapat mengakibatkan keguguran, bayi lahir kurang berat dan lain – lain maka hipertirodisme harus segera ditangani. Pengobatan hipertiroidisme saat kehamilan sangat terbatas, karena harus memperhatikan kesehatan janin.



PTU atau Propylthiouracyl adalah obat oral yang digunakan untuk mengatasi Hipertiroidisme. Pada saat kehamilan, PTU dapat masuk ke placenta dan ada kemungkinan untuk membahayakan janin. Namun jika diperlukan, PTU dapat digunakan pada trisemester pertama dengan dosis efektif terendah. PTU merupakan obat dengan kelas D untuk kehamilan yaitu dimana obat tersebut dapat membahayakan janin namun dapat memberikan manfaat yang lebih besar daripada resiko.



Propanolol adalah Beta Blocker yang untuk pengobatan Hipertiroidisme digunakan untuk meredakan gejala dari Hipertiroidisme. Propanolol merupakan obat dengan kelas C untuk kehamilan yaitu golongan obat yang pada studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan menunjukkan adanya efek samping bagi janin., sedangkan pada wanita hamil belum ada bukti yang adekuat.



Semoga dari informasi saya dapat membantu.

Saran saya, Mohon segera berkonsultasi dengan dokter kandungan bunda.

Terima kasih
   
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.



Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman