SITE STATUS
Jumlah Member :
482.036 member
user online :
2450 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Gumpalan darah berwarnah putih keabuabuan didalam darah haid


Gumpalan darah berwarnah putih keabuabuan didalam darah haid
Dok saya mau bertanya: kemarin saya haid, pada bulan ini haid saya tidak teratur saya telat haid selama 3 hari, bulan sebelumnya teratur, yang berbeda pada haid saya pada bulan ini terdapat gumpalan dan ada juga yang memanjang sebesar kelingking jari berwarna putih keabu abuan dan itu sangat banyak bercampur dengan darah, kira kira itu apa ya dok, apakah itu penyakit ataukah saya keguguran, terimah kasih dok sebelumnya
22 Dec 2016, 14:48
Dari : Mutiara Irwandi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi " :
1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Devy Ika Permata Sari " dengan judul pertanyaan "
Siklus Menstruasi Tidak Normal " pada Tanya Bidan:Dok., saya mau tanya , siklus menstruasi itu brp hari normalnya dok, soalnya saya menstruasinya tdk normal, truz siklus menstruasi saya 3 hari dok, apa itu baik" saja dok, trus saya mw tnya juga dok saya kan menstruasi hny slma 3 hari udh bersih, wktu sya berhubungan dgn suami saya tiba" drah haid itu muncul lg dok, kira" itu knp dok, tlong penjelasannya dok, thank^s
Bidan menjawab
Dear bunda Devy Ika Permata Sari,
Menstruasi umumnya berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21-35 hari. Keluarnya darah pasca berhubungan intim meski diwaspadai. Bila darah yang keluar berwarna hitam kemungkinan itu adalah darah haid yang belum bersih. tetapi bila darah berwarna merah segar, dikhawatirkan terjadi luka trauma yang biasa terjadi akibat hubungan intim, ataupun adanya infeksi. Disarankan untuk memeriksakan keadaan bunda pada dokter spesialis kebidanan, USG dan inspekulo diperlukan untuk mencari penyebab darah yang keluar.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " delvi.tingkerbell " dengan judul pertanyaan " menstruasi dan penyakit " pada Tanya Dokter: Siang Dok,sy delvi sy tny saat ni sy sedang menstruasi tapi darah nya kehitaman gitu,dah beberapa bln ni sprt itu apalagi bln ini sy sampe telat 2 mggu,krn bln ll tggl 28 desember,ada Kah obat yang bisa sy konsumsi spy mens sy normal.
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Warna darah yang lebih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi. Bila Bunda tidak menggunakan alat kontrasepsi dan mengalami keterlambatan atau tidak datangnya menstruasi, maka dapat memeriksa urine dengan test pack kehamilan untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak. Untuk mengetahui apakah memerlukan pengobatan atau tidak, maka sebaiknya periksa langsung pada dokter.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :